A VISUAL DISCOURSE ANALYSIS OF THE CHILDREN'S PICTURE BOOK "BROWN BEAR, BROWN BEAR, WHAT DO YOU SEE?"
Abstract
Buku “Brown Bear, Brown Bear What Do You See?” (1967) yang ditulis oleh Bill Martin, Jr. dan diilustrasikan oleh Eric Carle adalah salah satu buku anak-anak yang paling terkenal hingga saat ini. Buku ini dinilai memiliki banyak manfaat bagi para pembacanya. Tidak hanya teks, visual yang ditampilkan dalam buku ini juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kefasihan membaca anak. Untuk itu, peneliti ingin mengkaji teknik visual apa saja yang digunakan penulis dan ilustrator yang dapat membangkitkan minat pembaca untuk membaca buku tersebut. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan metode analisis teks media, yaitu analisis wacana multimodalitas. Dari hasil interpretasi data, ada tiga pola utama yang ditemukan. Pertama, semua gambar binatang yang mendominasi isi buku memiliki posisi, shot, angle, proximity, style, dan warna yang sama. Selanjutnya, pola kedua adalah dua visual manusia, yaitu gambar seorang guru dan beberapa siswa, ditampilkan dalam posisi langsung. Terakhir, semua visual menggunakan warna yang berbeda tetapi semuanya bersemangat. Kesimpulannya, pilihan visual dalam buku ini bisa dikatakan cukup baik dalam mendukung minat pembaca. Semua pola yang disajikan memiliki alasan yang mendukung tujuan tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adams, R. B. Jr., and Kleck, R. E. (2003). Perceived gaze direction and the processing of facial displays of emotion. Psychol. Sci. 14, 644–647. doi: 10.1046/j.0956-7976.2003.psci_1479.x
Bird, Elizabeth (2012). "Top 100 Picture Books Poll Results". School Library Journal.
"Best Children's Books". Goodreads. 2008
DiscoverHorses. (2010). Lexington's Symbolic Big Lex Horse Has the Blues; That's What It's All About. Expert advice on horse care and horse riding. https://www.equisearch.com/discoverhorses/lexingtons-symbolic-big-lex-horse-has-the-blues-thats-what-its-all-about.
de Hamilton, A. F. C. (2016). Gazing at me: The importance of social meaning in understanding direct-gaze cues. Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences, 371(1686). https://doi.org/10.1098/rstb.2015.0080
Herdiansyah, Haris (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif
Humphrey, S., Droga, L., & Feez, S. (2012). Grammar and meaning. PETAA: Primary English Teaching Association Australia.
Hyland, K. 2013. Discourse Studies Reader. London, New York: Bloomsbury.
Kress, G., & Van Leeuwen, T. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design. London/ New York: Routledge.
Lukitawati, Lukki (2020). Perempuan dan Anak dalam Visualisasi pada Komunikasi Lingkungan
Martin, B., & Carle, E. (1967). Brown Bear, Brown Bear, What Do You See?
Millar, Susanna. (1968). The Psychology of Play. Baltimore, MD: Penguin Books.
Milikan, L. (2011). The Cheshire Cat. Footnotes: The Cheshire Cat. https://www.carleton.edu/departments/ENGL/Alice/FootCcat.html.
Pickert, S. (1978). Repetitive Sentence Patterns in Children’s Books. Language Arts, 55(1), 16–18.
Sahidin, Chafid (2012) Pelaksaanaan Pembelajaran Moral Dan Nilai Agama Islam (Mona) Pada Anak Usia Dini Di Kb Hj Isriati Baiturrahman 2 Manyaran Semarang Tahun 2011/2012
Sobur, Alex (2001). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framming, (Bandung: Rosda Karya, Cetakan Pertama)
Stahl, Steven A., & Stahl, Katherine A.Dougherty (2004). From Brown Bear to Paddington Bear: The Role of Text in the Development of Fluency. The Texts in Elementary Classrooms.
Sugiyono (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.
Willis, M. L., Palermo, R., and Burke, D. (2011). Social judgments are influenced by both facial expression and direction of eye gaze. Soc. Cogn. 29, 415–429. doi: 10.1521/soco.2011.29.4.415
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i6.2022.1976-1981
Article Metrics
Abstract view : 1260 timesPDF - 567 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.