STRATEGI PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA KLINIK RUMAH UNGU KARAWANG

Tiara Mauliana, Yanti Tayo, Rastri Kusumaningrum

Abstract


Komunikasi pemasaran merupakan elemen penting dalam pemasaran produk dan jasa. Pemasar saat ini juga memanfaatkan media baru seperti Internet untuk melayani pelanggan potensial. Pemasaran digital ialah pemasaran yang memperuntukkan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan kemampuan pemasaran tradisional. Media sosial dengan segala manfaatnya sangat beruntuk untuk komunikasi pemasaran, termasuk Instagram. Ketika melaksanakan komunikasi pemasaran, perusahaan harus mengembangkan strategi untuk mencapai setiap rencana yang diberikan. Strategi yang baik menguntungkan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Penelitian ini mendeskripsikan strategi penguntukan Instagram sebagai media komunikasi digital marketing di Klinik Ungu House Karawang. Metode yang diuntukkan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Selain itu, penelitian ini juga memperuntukkan wawancara mendalam dengan narasumber, studi kepustakaan dan  dokumentasi. Berdasar pada hasil penelitian, perencanaan Klinik Rumah Ungu untuk memperuntukkan Instagram ialah dalam analisis masalah, analisis khalayak, penetapan tujuan, pemilihan media dan saluran komunikasi, dan pengembangan rencana ataupun kegiatan yang ingin dicapai. Hasil pelaksanaan Klinik Rumah Ungu memperuntukkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital memperuntukkan fitur foto dan video, komentar, caption, lokasi, tagar/hashtag, tagging, dan instagram ads. Untuk kegiatan persetujuan media sosial, hal ini dilaksanakan melalui dukungan dari selebgram ataupun influencer untuk meningkatkan jumlah pengikut dan suka. Social media activation, dilaksanakan melalui penciptaan aktivitas online yang unik dan bermaksud untuk menciptakan efek word of mouth (WoM). Contoh dari jenis kegiatan ini ialah giveaway. Evaluasi penguntukan Instagram ialah hasil dari peningkatan kunjungan dan penjualan, dan kami sudah meluncurkan beberapa layanan fasilitas lagi.


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Digital, Strategi, Media Sosial, Instagram

Full Text:

PDF

References


Amalia, Mufiddah (2019). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Owner Online Shop By_Kk). Ponogoro: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Apri, Wijayanti (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus di Appleblossom Purwokerto). Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Basu, Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edisi Kedua, Cetakan kedelapan. Penerbit Liberty.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Devi, Amalia (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Pt. Tripvisto Nusantara Jaya. Jakarta: Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Dewi, Rahmawati (2016). Pemilihan dan PemanfaatanInstagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram

@FreezyBrowniezz). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elida, Tety, & Raharjo, Ari. 2019. Digital Marketing. Bogor: Cetakan Pertama. PT Penerbit IPB Press.

Firmansyah, Anang. 2020. Komunikasi Pemasaran. Cetakan Pertama. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.

Indriyono, Gitosudarmono. 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Edisi II. BPFE.

Kennedy, John E., & R, Soemanagara. 2006. Marketing Communication. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edisi Milenium.

Krisyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Cetakan Keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Meleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nur, Aizahtul, Qaadri (2017). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada PelangiRR). Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Pawito. 2008. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS.

Riza, Ciptaning, Puspita, Dewi (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram (Studi Kasus Pemasaran Produk Pada Akun Instagram @Homedia.id). Ponogoro: Institut Agama Islam Negeri Ponogoro.

Soemanagara. 2006, Strategic Marketing Communication (konsep strategi dan terapan), Bandung: PT Alpabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i7.2021.2107-2118

Article Metrics

Abstract view : 5091 times
PDF - 2512 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.