PENGARUH CEO KARAKTERISTIK TERDAHAP AUDIT FEE

Safira Indah Puspita, Dyah Ratnawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menguji dampak CEO karakteristik terhadap audit fee. CEO karakteristik diproksikan dengan CEO tenure, CEO ownership, dan founder CEO. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan memakai data sekunder. Populasi penelitian ini ialah perusahaan manufaktur yang telah tertera di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017 – 2019. Setelah melakukan teknik pengambilan sampel, total perusahaan yang telah memenuhi kriteriasampel yang dibutuhkan ialah sejumlah 22perusahaan. Metode penelitian ini memakaipurposive sampling dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan jika CEO tenure, CEO ownership, dan founder CEO berpengaruh terhadap audit fee.

Keywords


ceo tenure,ceo founder,ceo ownership

Full Text:

PDF

References


Agoes, S. (2012). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan (Jilid 1. E). Salemba Empat.

C., H. D., & Mason, P. A. (1984). Upper Echelons: The Organization as a Reflection of Its Top Managers. The Academy of Management Review, 2(9), 193–206.

Certo, S. T., Holmes, R, M., & Holcomb, T. R. (2007). The influence of people on the performance of IPO firms. Business Horizons, 4(55), 271–276.

Hambrick, D. C. (2007). Upper Echelons Theory: An Update. The Academy of Management Review, 2(32), 334–343.

Immanuel, R., & Yuyetta, E. (2014). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENETAPAN AUDIT FEES (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur di BEI). Diponegoro Journal of Accounting, 3(3), 816–827.

Iskak, J. (1999). Pengaruh Besarannya perusahaan, Dan Lamanya Waktu Audit Serta Besarnya, kantor Akuntan Publik Terhadap Audit Fee. Publikasi FE UNTAR, 2(2), 20–29.

Jensen, & M. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency cost and ownership structure. Journal of Finance Economic, 3, 305–360.

Keuangan, O. J. (2007). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS.

Kurniasih, M., & Rohman, A. (2014). Pengaruh Audit Fee Audit, Audit Tenure, dan Rotasi Audit Terhadap Kualitas Audit. Diponegoro Journal Of Accounting, 3(3).

Mahendra, F., & Muid, D. (2017). Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Fee Audit. Diponegoro Journal of Accounting, 4(6), 411–420.

Oesterle, M. J., Richta, H. N., & Fisch, J. H. (2013). The influence of ownership structure on internationalization. International Business Review, 1(22), 187–201.

Rohmaniyah. (2016). Penentuan Fee Audit Terhadap Independensi Auditor. AKTIVA Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 2(1), 190–204.

Spake, D. F., D’Souze, G., Crutchfield, T. N., & Morgan, R. (2013). Advertising Agency Compensation: An Agency Theory Explanation. Journal of Advertising, 3(28), 53–72.

Sudana, I. M., & Aristina, N. P. N. (2017). Chief Executive Officer (Ceo) Power, Ceo Keluarga, Dan Nilai Ipo Premium Perusahaan Keluarga Di Indonesia. Jurnal Akuntansi, 2(21), 219.

Sudana, I. M., & Dwiputri, E. (2018). Karakteristik CEO Dan Kinerja Perusahaan Non-Keuangan Yang Teraftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(5), 299–314.

Sukrisno, A. (2002). Auditing. STIE YKPN.

Tee, C.M. (2018). Family firms, political connections and audit fees: evidence from Malaysian firms. Managerial Auditing Journal, 6(22), 613–632.

Tee, Chwee Ming. (2019). CEO power and audit fees: Evidence from Malaysia. International Journal of Auditing, 3(23), 365–386.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.1085-1094

Article Metrics

Abstract view : 603 times
PDF - 404 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.