PENGARUH KOMPETENSI HASIL PENDIDIKAN SPESIFIKASI SENJATA TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME PERWIRA PERTAMA KORPS PELAUT

Alun Kurnianto, Antonius Widyoutomo, Hendro Yusworo

Abstract


Profesionalisme Perwira Pertama Korps Pelaut dibidang spesifikasi senjata merupakan hal sangat mendasar yang harus dimiliki untuk mendukung kedinasan. Dalam rangka meningkatkan profesionalisme Perwira Korps Pelaut melalui pendidikan spesifikasi senjata berbasis kompetensi. Profesionalisme Perwira Korps Pelaut diharapkan dapat meningkat seiring dengan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang didapatkan selama mengikuti Pendidikan Spesifikasi persenjataan sehingga siap dalam mengemban tugas di kedinasan. Tujuan penelitian dalam penulisan ini adalah mengetahui pengaruh kompetensi hasil pendidikan spesifikasi senjata terhadap peningkatan profesionalisme Perwira Korps Pelaut, mengetahui bentuk pendidikan spesifikasi senjata yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme, dan mengetahui upaya yang dilakukan Kodikopsla dalam meningkatkan kompetensi Perwira Korps Pelaut di bidang senjata. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuisioner terhadap Perwira Korps Pelaut di Koarmada II. Data diolah menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) dimana diajukan 14 konstruk laten Variabel kompetensi dan 3 dimensi profesionalisme yang dihipotesiskan yang mempunyai pengaruh terhadap peningkatan profesionalisme. Setelah dilaksanakan pengolahan dengan AMOS 24 didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi dengan peningkatan kompetensi dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,92 dan nilai profesionalisme dengan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,87 dan dengan nilai p-value 0,000/mutlak. Berdasarkan dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pengolahan metode SEM-AMOS hasil pendidikan spesifikasi berbasis kompetensi dan profesionalisme berpengaruh positif dan bernilai tinggi di Kodikopsla sebesar 24,63.


Keywords


Perwira Korps Pelaut, Kompetensi, Profesionalisme, SEM-AMOS

Full Text:

PDF

References


Effendy, Muhadjir. (2011). Profesionalisme Militer: Profesionalisme TNI. Malang: UMM Press.

Fujianti, L. (2012). Pengaruh Profesionalisme Terhadap Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja serta Dampaknya Terhadap Kinerja Akuntan Pendidik. In Prosiding Seminar Nasional Forum Bisnis Dan Keuangan I.

Ghazali. Imam. (2018). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 24. Semarang: Undip.

Gomes, Fustino Cardoso. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, (Andi, Penerjemah) Yogjakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hardjanto, Imam. (2012). Manajemen Sumberdaya Aparatur (MSDA), Malang.

Hasibuan, Malayu. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta: Bumi Aksara.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). edisi ke IV, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Keputusan Panglima TNI No Kep/555/VI/2018 tanggal 16 Juni 2018, tentang Doktrin TNI Tri Dharma Eka Karma.

Lekatompessy, J. E. (2003). Hubungan Profesionalisme dengan Konsekuensinya: Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja, Prestasi Kerja, dan Keinginan Berpindah. Jurnal Bisnis dan Akuntansi.

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pakpahan, Edi Saputra, Siswidianto & Sukanto. (2014) Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 2, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang.

Pasal 10 undang-undang RI no 34 tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia.

Samuel P. Huntington. (1998). Prajurit dan Negara: teori dan Politik Hubungan Militer-Sipil (Deasy Sinaga, Penerjemah), Jakarta: PT. Grasindo.

Serdamayanti. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung. PT. Refika Aditama.

Simamora, Henry. (2004). Manajemen sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Aditya Media.

Spencer, Lyle & Signe M. Spencer. (1993). Competence at Work, Models For Superior Performance. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trotter. (1986) Adiani.lilis. Pengaruh Kompetensi,Independensi, Akuntabilitas dan motifasi terdahap kualitas audit. Surabaya: Stiesia

Uno, Hamzah B. (2009). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kretif dan efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wibowo. (2017). Manajemen Kinerja. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i2.2022.838-855

Article Metrics

Abstract view : 456 times
PDF - 432 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.