UPAYA PEMENUHAN HAK-HAK ANAK YANG DI ASUH OLEH TAHANAN PEREMPUAN DARI DALAM RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS I MAKASSAR

Kenny Rico Oktavian Minna

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memberikan gambaran tentang kondisi anak-anak yang dirawat oleh ibunya dari dalam Rumah Tahanan Negara Kelas I Makassar. Penelitian ini juga terdiri dari analisis dkumen dan wawancara antara peneliti dan staf Rumah Tahanan Negara Kelasi I Makassar. Memperoleh hasil kurangnyapemenuhan atas hak-hak istimewa anak yang tinggal didalam Rumah Tahanan Negara Kelas I Makassar. Anak-anak sulit memilih antara tinggal didalam dengan ibunya yang berstatus narapidana/tahanan atau tinggal diluar dan dipisahkan dengan ibunya tetapi jika diliat dari kepentingan terbaik anak, melihat anjuran WHO bahwa anak dari saat lahir untuk pertama kalinya didunia tidak bleh dipisahkan dari ibunya.


Keywords


Anak, Narapidana Perempuan, Rutan Kelas I Makassar

Full Text:

PDF

References


Penelitian menunjukkan bahwa memiliki anak kecil (usia prasekolah) di penjara bersama ibu dapat meningkatkan ikatan dan menghindari beberapa dampak negatif perpisahan bagi ibu dan anak., quoted from Oliver Robertson (2007) The impact of parental imprisonment on children (QUNO).

Terja poso. Child Residing in Prison With Their Parents: An Example of Institutional Invisibility. 2010

Honkatukia, P., Nyqvist, L., & Pösö T. (2003). Sensitiv issue in vulnerable conditions—Studying violence in youth residential care. Young, 11, 323- 339.

Gim, ife. Human Right and Social Work: Towards Rights Based Practice. Melbourne: Cambridge University Press.2008

Habibah Mutiara, Moch Zaenal, Enung Huripah. Pemenuhan Hak Pengasuhan Bayi Oleh Narapidana Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas Ii A Tangerang. Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung. 2020

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Peraturan Pemerintah Republik Indnesia Nomor 58 Tahun 1999 Tentang Syarat-Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Wewenang, Tugas dan Tanggung Jawab Perawatan Tahanan.

Melati, Kurnia Ratri Tyas. 2018. Implementasi Perlindungan Hak-Hak Bayi yang dibawa oleh Tahanan di Rumah Tahanan Negara (Studi Kasis di Kabupaten Boyolali). Jurnal Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1, 1-16.

Haikal, dan kawna-kawan. 2014. Pemenuhan Hak Narapidana Wanita yang Melahirkan di Lapas. Jurnal Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2, 11-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i2.2022.651-656

Article Metrics

Abstract view : 436 times
PDF - 322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.