PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PETUGAS DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS IIA MUARA BELITI

Syahidillah Nursalim, Kusmiyanti Kusmiyanti

Abstract


Pada penelitian kali ini, Penulis mengambil lokasi di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Muara Beliti yang dimana terdapat petugas Pemasyarakatan yang berjumlah 95 orang yang dipimpin oleh 1 orang Kepala Lembaga Pemasyarakatan yang selalu berganti setiap setidaknya 2 sampai 3 tahun sekali, tentunya dari setiap pergantian pemimpin di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Muara Beliti ini pasti mempunyai gaya kepemimpinannya masing-masing yang tentunya pasti akan berdampak terhadap motivasi kerja bagi Petugas Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Muara Beliti itu sendiri. Maka dari itu, tujuan yang menjadi dasar dari penelitian ini adalah mengetahui besarnya Pengaruh sosok kepemimpinan terhadap sebuah motivasi kerja bagi Petugas yang bekerja di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Muara Beliti. Dalam pelaksanaan penelitian, metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Kuantitatif. Sementara untuk tekniknya sendiri yang digunakan adalah Teknik Penarikan sampel Nonprobabilita, yaitu sebuah teknik yang mempunyai ciri dari semua anggota populasi yang memiliki kesempatan sama untuk dipilih sebagai sebuah Sampel. Jenis teknik penarikan sampel nonprobabilita yang akan digunakan ialah teknik penarikan sampel aksidental, yakni teknik yang didasarkan pada kemudahan, yang dimana sampelnya dapat dipilih karena berada dalam waktu, situasi, dan tempat yang tepat. Metode penarikan sampel pada penelitian kali ini menggunakan rumus slovin yang bertujuan untuk mempersempit populasi, didapati dari jumlah populasi yaitu 78 Petugas Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Muara Beliti. Data dari hasil penelitian ini diolah menggunakan IBM SPSS STATISTIC 2


Keywords


Kuantitatif, Kepemimpinan, Motivasi, Pegawai, Petugas

Full Text:

PDF

References


Fitria. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Humanistik, A. T. B. (n.d.). NOTA: Teori Maslow. 1–8.

Ketut, S., Saparuddin, M., Budi, H., Herlitah, Tuty, S., & Indah, N. S. (2018). The effect of compensation, motivation of employee and work satisfaction to employee performance PT. Bank XYZ (Persero) Tbk. Academy of Strategic Management Journal, 17(4), 1–14.

Oliver, J. (2019). Bab III METODE PENELITIAN

Jenis. Hilos Tensados, 1, 1–476.

Patrice Roussel, & Jacques Igalens. (1999). A Study of the Relationships between Compensation Package, Work Motivation and Job Satisfaction. Journal of Organizational Behavior, 20(1), 1003-1025.

Sari, F. M. (2016). Hubungan Kepemimpinan Dengan Motivasi Kerja Pegawai di Bagian Asistem Pemerintah Kantor Gubernur Sumatera Barat.

www.iranesrd.com

Surwanti, A. (2011). MOTIVASI KERJA, KEPUASAN

KERJA, DAN KINERJA Arni Surwanti Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Jbti, II(1), 88–97.

Wahyudin Nur Nasution. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 66–86.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i2.2022.643-650

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF - 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.