ANALISA JARINGAN KERJA PADA PEMELIHARAAN KAPAL GALANGAN DI SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN NETWORK

Wahyu Budiardi

Abstract


Perusahaan galangan kapal khususnya di Surabaya dalam melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan sering mengalami kelebihan waktu atau keterlambatan yang diinginkan oleh pihak pemilik sesuai kontrak yang sudah ditanda tangani. Metode yang digunakan dengan perhitungan Precedence Diagram Method dengan hasil Kompresi yang paling optimal yaitu: pada kompresi ke empat dengan biaya total sebesar Rp. 119.516.500,- pada kompresi ke empat bernilai negatip (-) yang berarti terjadi penghematan biaya total proyek yang paling optimal sebesar Rp. 1.480.096,- serta penghematan waktu 8 hari. Apabila dilihat dari segi operasional maka hal ini sangat menguntungkan lebih cepat atau 8 hari dari rencana yang ada sekarang sangatlah tepat apabila penerapan kompresi dapat dilaksanakan.


Keywords


Precedence Diagram Method, Keterlambatan, Penghematan. Jaringan Network.

Full Text:

PDF

References


Asmaroni, D. (2016). Analisa Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek Pembangunan Gedung Pemerintah di Kabupaten Pamekasan. Jurnal Rekayasa Teknik Sipil Universitas Madura, 19-23.

Francis, A. (2016). Comparing Time and Quantity Scales For Relationship and Float Calculations. Creative Contruction Conference (hal. 49-56). Canodea: ELSEVIER.

Gould. (1998). Construction Management. New York: McGraw Hill.

Handoko, T. H. (1999). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi edisi pertama. Yogyakarta: BPFE.

Harris, R. B. (1998). Scheduling Project with Repeating Activities. Journal of Construction Engineering and Management, 269-278.

Husen, A. (2009). Manajemen Proyek Perencanaan, Penjadwalan & Pengendalian Proyek. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Isaac, S. (2016). The Possibilities for Better Project Tracking based on The New Developments of The Precedence Diagramming Method. Procedia Engineering, 75-81.

Krisnawati, D. (2015). Analisa Re-Schedule Pembangunan Kapal Baru Sistem Hull Block Construction Method (HBCM) Dengan Critical Path Method (CPM) Pada Kapal Tug Boat 2 x 1600 Hp Hull 062 di PT. Janata Marina Indah Unit II. Jurnal Teknik Perkapalan, 1-7.

Laksito, B. (2005). Studi Komparatif Penjadwalan Proyek Kontruksi Repetitif Menggunakan Metode Penjadwalan Berulang (RSM) dan Metode Diagram Preseden. Media Teknik Sipil, 85-92.

Maheswari, J. U. (2015). Application of Relationship Diagramming Method (RDM) for Resource-Constrained Scheduling of Linear Construction Projects. Creative Construction Conference (hal. 308-315). New Delhi: ELSEVIER.

Malyusz, L. (2017). An Estimation of The Learning Effect on Project Cost Scheduling. Creative Construction Conference (hal. 723-729). Croatia: ELSEVIER.

Nurhayati. (2010). Manajemen Proyek. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rani, H. A. (2016). Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Saputra, I. G. (2011). Penjadwalan Proyek Dengan Precedence Diagram Method (PDM) dan Ranked Position Weight Method (RPWM). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 18-28.

Sinuhaji, T. S. (1990). Perencanaan dan Anlisa Jaringan Kerja Dalam Manajemen Proyek. Jakara: USU.

Soeharto, I. (1999). Manajemen Konstruksi dari Konseptual Hingga Operasional. Jakarta: Erlangga.

Sumardjito. (2011). Penguasaan Metode Diagram Panah Sebagai Langkah Awal Pemahaman Terhadap Dasar-Dasar Penyusunan Network Planning Metoda Jalur Kritis. INERSIA, 141-154.

Sutanto. (2014). Aplikasi Metoda Line of Balance (LOB) dan Metoda Critical Path Method (CPM) Dalam Penjadwalan Kegiatan Pembangunan Perumahan. GEMA TEKNOLOGI, 184-188.Tan, P. d. (1998). Construction Project Scheduling by Rangked Positional Weight Method. Canodeian Journal of Civil Engineering, 424-436.

Yasri, D. (2015). optimasi waktu proyek dengan penambahan jam kerja dengan precedence diagram method studi kasus proyek rumah susun sederhana sewa pekanbaru. Jurnal Teknik Sipil , 119-130.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.350-360

Article Metrics

Abstract view : 1904 times
PDF - 1531 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.