ANALISIS STRATEGI PERANG TELUK TAHUN 2003 ANTARA SEKUTU DAN IRAK

Irman Polanunu, Budi Setyoko, Marihot Marihot

Abstract


Perang Teluk yang terjadi pada tahun 2003 merupakan pertempuran antara pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Amerika dengan Irak, dimana bertujuan untuk menyerang dan menghancurkan Irak. Mempelajari kasus perang teluk tahun 2003 antara pihak sekutu dengan irak diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi bangsa Indonesia didalam menghadapi ancaman peperangan dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode penulisan deduktif dengan analisa secara kualitatif. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan berdasarkan literatur yang berasal dari sumber buku, jurnal, berita dan referensi yang tersedia serta didukung pendekatan empiris. Kekalahan yang dialami oleh Irak terjadi karena penerapan strategi yang tidak berjalan dengan baik. Pemerintahan saddam husein hanya mengandalkan kemampuan sendiri tanpa melaksanakan diplomasi sehingga terisolir di peperangan. Aspek pembelajaran yang dapat diambil adalah pertama aspek edukatif dapat mempelajari dan memahami teori strategi perang terdiri dari tujuan (ends) yang hendak dicapai, sarana (means) yang tersedia dan cara (ways) yang digunakan untuk mencapai tujuan. Kedua aspek Inspiratif dalam melaksanakan suatu strategi harus jelas tujuan, sarana dan cara mencapainya. Ketiga Aspek Instruktif personel TNI AL agar melatih dan membina diri menjadi prajurit yang profesional.


Keywords


Analisis, Perang Teluk, Irak

Full Text:

PDF

References


Currie, K., Conway, J., Johnson, S., Landry, B., & Lowther, A. (2012). Air Force leadership study: The need for deliberate development. Air Univ Maxwell Afb Al Air Force Research Inst.

Juwita, R. Nurma. (2014). Peran Media Massa Di Amerika Serikat Dalam Mempengaruhi Kebijakan Invasi Ke Irak Pada Tahun 2003. Jurnal Hubungan Internasional.

Kristanti, Elin Yunita. (2019). 19-3-2003: Dimulainya Perang Irak yang Dilandasi Kebohongan. Diunduh di https://www.liputan6.com/global/read/3919962/, diakses tgl 19 Februari 2021.

Lieberfeld, D. (2005). Theories of conflict and the Iraq war. International Journal of Peace Studies, 1-21.

Perwita, Anak Agung Banyu dan Yanyan Mochamad Yani. (2005). Pengantar Ilmu Hubungan Internasional. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Seskoal (2019), Paket Instruksi Kursus Manajemen Strategik Tni AL, Mata Pelajaran Pengetahuan Strategi. Seskoal : Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.195-199

Article Metrics

Abstract view : 967 times
PDF - 501 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.