PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN ANGKATAN LIV PROGRAM STUDI MANAJEMEN PEMASYARAKATAN

Ivan Bonardo Jeremia, Kusmiyanti Kusmiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap prestasi belajar Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan angkatan LIV Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel bebas dan variabel terikat. Sampel yang digunakan berjumlah 77 orang Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Angkatan LIV Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan instrumen pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari dukungan sosial terhadap prestasi belajar Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Angkatan LIV Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa hipotesis menunjukkan bahwa dukungan sosial mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar taruna diperoleh nilai t..hitung (3.258) > (1.992) maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka pengaruh antara variabel dukungan sosial (X) terhadap prestasi belajar (Y) adalah bersifat positif.


Keywords


Dukungan Sosial, Prestasi Belajar, Taruna

Full Text:

PDF

References


Efendi, R. P. (n.d.). PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA MUDA POLTEKIP ( STUDI KASUS TARUNA MUDA POLTEKIP PROGRAM STUDI MANAJEMEN PEMASYARAKATAN ) The Effect Of Control Locus On The Learning Motivation Of frist grade Cadet Correctional ( Case Study Firs.

Rozi, M. F. (2020). Manajemen Pemasyarakatan. 3, 97–106.

Safitri, F., & Yuniwati, C. (2019). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 2(2), 154. https://doi.org/10.33143/jhtm.v2i2.248

Sati, A., & Harahap, S. (2020). Intensitas Dukungan Keluarga Dalam Mengurangi Tingkat Stres Pada Warga Binaan Wanita Di Lembaga Pemasyarakatan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 6(1), 69–86. https://doi.org/10.24952/tazkir.v6i1.2672

Sepfitri, N. (2011). Pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi siswa man 6 jakarta.

Sulistyono, N. Y. (2013). Ekonomi. Repository.Upi.Edu 19, 19–29.

Tarigan, P. B. (2013). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Al-Huda Pekanbaru. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. www.scholarshub.net

Umaro, R. (2020). Kunjungan Keluarga Sebagai Bentuk Motivasi Anak Dalam Melakukan Pembinaan Di Lpka Kelas 1. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 202–211.

Wijaya, M. A. (n.d.). PENGARUH KULIAH ONLINE TERHADAP KUALITAS BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN The Influence of Online Study towards Learning Quality The Cadets of Correctional Polytechnic. 1–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.125-132

Article Metrics

Abstract view : 2470 times
PDF - 932 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.