ANALISIS KEBIJAKAN PIMPINAN PEMASYARAKATAN DI INDONESIA DIMASA PANDEMI COVID-19

Wahyu Cahyo Wibowo, Danang Wisnu Santoso

Abstract


Adanya pencapaian pada setiap unit pelaksana teknis dan banyaknya aspek yang sangat berpengaruh untuk setiap apa yang berada di dalamnnya khususnya pemasyarakatan. Unit pelaksana teknis ( UPT ) pemasyarakatan yaitu khusunya Lapas dan Rutan, merupakan sebuah organisasi yang juga memiliki suatu pencapaian ,pencapaian tersebut harus memiliki beberapa unsur yaitu kepemimpinan , kinerja pegawai, dan adanya kehidupan narapidana atau tahanan yang tertib dan kondusif. Memasuki situasi pandemi covid 19 ini , bukan hanya aspek ekonomi dan Kesehatan yang terpengaruh tetapi aspek dari metode ataupun kebijakan dari pemimpin di setiap organisasi yang pasti berpengaruh pada organisasinya di situasi pandemic seperti ini .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pandemic covid 19 ini terhadap metode dan kebijakan para pemimin unit pelaksana teknis khususnya di Pemasyarakatan. Metode analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data kualitatif. Hasil yang di peroleh dari metode kualitatif pada Analisa ini adalah adanya perubahan kebijakan yang di terapkan terhadap pegawai pemasyarakatan di situasi pandemic ini, pelayanan narapidana dan tahanan yang menyesuaikan situasi pandemic covid 19 ini dan ditemukan dampak positif dan negative dari beberapa kebijakan pemimin tersebut.

Keywords


kepemimpinan , kinerja pegawai , pelayanan serta kehidupan narapidana dan tahanan

Full Text:

PDF

References


Bayu, R. (2020). Dampak Positif Kebijakan Asimilasi dan Integrasi Bagi Pelatihan Pencegahan dan Pengobatan COVID-19. Vol 7, No. 3.

Wahyujosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Waluyo, B. (2014). Pidana dan Pemidanaan. Jakarta: Sinar Grafika.

Permenkumham No. 32 Tahun 2020.

Permenkumham No.10 Tahun 2020.

SE Dirjen PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i1.2022.91-97

Article Metrics

Abstract view : 380 times
PDF - 338 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.