PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Ahmad Husein Nasution, Yani Sukriah, Andes Fuady Dharma Harahap

Abstract


Sesuai dengan latar belakang masalah dan batasan masalah diatas sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh peranan guru  dalam pembelajaran classroom dan profesionalisme guru terhadap minat belajar  peserta didik dalam bidang studi akuntansi pada kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran 2020-2021.?”Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh rata-rata variabel peranan guru dalam pembelajaran classroom yaitu  dan variabel profesionalisme guru  sedangkan minat belajar PKKN  diperoleh . Bila dilihat dari perhitungan rata maka sesuai dengan perhitung product moment ganda dimana  dan   adlah memperoleh nilai angka di atas harga kritik r penulis mengukur  kualitas  data  menggunakan  tabel  penolong dengan ketentuan, jika rhitung > ttabel maka koefisien korelasi yang diuji adalah diterima, sebaliknya jika rhitung < ttabel  maka koefisien korelasi yang diuji adalah ditolak. Dimana jika rhitung (0,996) > ttabel (0,325 – 0,418) maka koefisien korelasi yang diuji adalah diterima, sebaliknya jika rhitung (0,996) < ttabel(0,325 – 0,418)  maka koefisien korelasi yang diuji adalah ditolak.  Berdasarkan tabel penolong bahwa hipotesa dimana ada pengaruh guru  dalam pembe lajaran class room dan profesio nalisme guru terhadap minat belajar  peserta didik  dalam  bidang studi PPKn pada kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran 2020-2021


Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta, PT. Rineka Cipta

AM, Sardiman, 2008, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta CV. Rajawali.

Asmani Ma‟ruf Jamal, 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional, Jogjakarta, Diva Press.

Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta

Azwar Syaifuddin, 2010, Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar, 2011, Media Pembelajaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Adhitiya, dkk, Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Classroom dengan Peer Instruction Flipped terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education 4. 2015

Djali, 2009, Psikologi Penedidikan, Jakarta, Bumi Aksara.

Dimiyati. Mudjiono, 2010, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rhineka Cipta

Dantes Nyoman, 2012,Metode Penelitian, Yogyakarta, Andi Jl, Beo

G.B Johnson, 2013, Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia.

Gunawan Heri, 2014, Pendidikan Islam: Kajian Teoretis dan Pemikiran Tokoh, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik Oemar, 2009, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.

Hakim Barir Abdul, 2016, Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo, Jurnal I-Statement Vol. 02 No 1

Kasmadi Hatono, 2010, Pengembangan Pembelajaran Dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran Sejarah, Semarang, Prima Nugraha Pratama.

Kunandar, 2010, Guru Profesional, Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada.

Kusnanto, 2012, Kompetensi Guru, Bandung, Alfabeta

Mulyasa, 2009, Mejadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Martono. Nanang, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Nasution,S, 2013, Didaktik Azas-Azas Mengajar, Jakarta, Jammars.

Rahman Fazlur, 2008, Islam dan Moderenitas Tentang Transformasi Intelektual, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Purwanto, 2008, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Pura Rahman. 2010, Dasar Akuntansi. Jakarta, Erlangga

Soekartawi, 2005, Peranan Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Mengajar, Malang, Pustaka Jaya.

Sukardi. 2007, Bimbingan dan Penyuluhan. Surabaya, Usaha Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.306-314

Article Metrics

Abstract view : 1017 times
PDF - 673 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.