PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021
Abstract
Sesuai dengan latar belakang masalah dan batasan masalah diatas sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh peranan guru dalam pembelajaran classroom dan profesionalisme guru terhadap minat belajar peserta didik dalam bidang studi akuntansi pada kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran 2020-2021.?”Berdasarkan hasil penelitian bahwa diperoleh rata-rata variabel peranan guru dalam pembelajaran classroom yaitu dan variabel profesionalisme guru sedangkan minat belajar PKKN diperoleh . Bila dilihat dari perhitungan rata maka sesuai dengan perhitung product moment ganda dimana dan adlah memperoleh nilai angka di atas harga kritik r penulis mengukur kualitas data menggunakan tabel penolong dengan ketentuan, jika rhitung > ttabel maka koefisien korelasi yang diuji adalah diterima, sebaliknya jika rhitung < ttabel maka koefisien korelasi yang diuji adalah ditolak. Dimana jika rhitung (0,996) > ttabel (0,325 – 0,418) maka koefisien korelasi yang diuji adalah diterima, sebaliknya jika rhitung (0,996) < ttabel(0,325 – 0,418) maka koefisien korelasi yang diuji adalah ditolak. Berdasarkan tabel penolong bahwa hipotesa dimana ada pengaruh guru dalam pembe lajaran class room dan profesio nalisme guru terhadap minat belajar peserta didik dalam bidang studi PPKn pada kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Sipirok Tahun Pelajaran 2020-2021
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi Abu, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta, PT. Rineka Cipta
AM, Sardiman, 2008, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta CV. Rajawali.
Asmani Ma‟ruf Jamal, 2009. Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional, Jogjakarta, Diva Press.
Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta
Azwar Syaifuddin, 2010, Metode Penelitian, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Arsyad, Azhar, 2011, Media Pembelajaran, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.
Adhitiya, dkk, Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Classroom dengan Peer Instruction Flipped terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education 4. 2015
Djali, 2009, Psikologi Penedidikan, Jakarta, Bumi Aksara.
Dimiyati. Mudjiono, 2010, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rhineka Cipta
Dantes Nyoman, 2012,Metode Penelitian, Yogyakarta, Andi Jl, Beo
G.B Johnson, 2013, Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Columbia: The University Of British Columbia.
Gunawan Heri, 2014, Pendidikan Islam: Kajian Teoretis dan Pemikiran Tokoh, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Hamalik Oemar, 2009, Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara.
Hakim Barir Abdul, 2016, Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo, Jurnal I-Statement Vol. 02 No 1
Kasmadi Hatono, 2010, Pengembangan Pembelajaran Dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran Sejarah, Semarang, Prima Nugraha Pratama.
Kunandar, 2010, Guru Profesional, Jakarta, PT. Rajagrafindo Persada.
Kusnanto, 2012, Kompetensi Guru, Bandung, Alfabeta
Mulyasa, 2009, Mejadi Guru Profesional, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Martono. Nanang, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Nasution,S, 2013, Didaktik Azas-Azas Mengajar, Jakarta, Jammars.
Rahman Fazlur, 2008, Islam dan Moderenitas Tentang Transformasi Intelektual, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Purwanto, 2008, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Pura Rahman. 2010, Dasar Akuntansi. Jakarta, Erlangga
Soekartawi, 2005, Peranan Guru dalam Meningkatkan Efektivitas Mengajar, Malang, Pustaka Jaya.
Sukardi. 2007, Bimbingan dan Penyuluhan. Surabaya, Usaha Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.306-314
Article Metrics
Abstract view : 1017 timesPDF - 673 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.