PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP SIKAP WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LAPAS KELAS I MEDAN

Mario Partogi Panjaitan, Kusmiyanti Kusmiyanti

Abstract


Dari waktu ke waktu seiring berkembangnya teknologi dan peradaban manusia, kepentingan dan kebutuhan manusia pun ikut bertambah, akibat nya hal ini juga menyebabkan timbul nya efek negatif sehingga kejahatan dan pelanggaran hukum pun ikut bertambah, dan si pelanggar pun akan mendapatkan hukuman. Salah satu hukuman yang diberikan adalah pidana penjara, yang berfungsi untuk menyadarkan pelaku dan membuatnya tidak mengulangi kesalahannya lagi. Di Indonesia pelaksanaan pidana penjara dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan, dengan situasi kondisi di Lapas seorang narapidana memerlukan dukungan sosial dari keluarga untuk membuat mereka merasa dicintai dan memiliki rasa percaya diri. Dukungan sosial dari keluarga adalah: dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasi dan dukungan motivasi yang mempengaruhi penerimaan kembali narapidana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang diuji melalui pengujian hipotesis dan menjelaskan hubungan antar variabel. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada warga binaan. Dari penelitian yang dilakukan ditemukan hasil bahwa ditemukan dukungan sosial dari keluarga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan bagi sikap warga binaan di Lapas Kelas I Medan.


Keywords


Sikap warga binaan, dukungan emosional, instrumental, informasi, dan motivasional.

Full Text:

PDF

References


Apollo & A. Cahyadi (2012). Konflik Peran Ganda Perempuan. Menikah. yang. Bekerja. Ditinjau dari. Dukungan Sosial Keluarga dan. Penyesuaian .Diri.. Madiun :. Program Studi. Psikologi,. Fakultas Psikologi,. Universitas Katolik.Widya.Mandala Madiun.

Isnawati, D..dan S.Rendi. (2013).. Hubungan antara Dukungan. Sosial dengan Penyesuaian. Diri Masa. Persiapan Pensiun. pada Karyawan PT.. Pupuk Kaltim.. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi.. Vol. 1,.Februari 2013, Hal. 1-6..Departemen Psikologi. Industri dan Organisasi. Fakultas Psikologi. Universitas. Airlangga.

Kumalasari,. F & Latifah.N. A. (2012). Hubungan. Antara Dukungan. Sosial Dengan. Penyesuaian Diri Remaja. Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi. Pitutur. Volume 1. No.1. Hal 21-31.

Meiga, L. dan. P. Permadin.(2018). Hubungan.. Dukungan. Keluarga Dengan. Penerimaan.. Diri. Narapidana. di Lembaga. Pemasyarakatan Wanita. Klas IIA. Tangerang Jurnal Universitas. Islam Negeri. Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Muhammad, W. (2018). Hubungan.Dukungan Sosial Keluarga. Terhadap Penyesuain Diri. Warga Binaan. Pada Kasus Narkoba. di Lembaga. Pemasyarakatan Kelas I. Malang. Jurnal Universitas Islam. Negeri Maulana Maliki. Ibrahim Malang.

Rahmawati, Y. (2018). Dukungan Sosial.Keluarga Pada Narapidana. di Lembaga Pemasyarakatan.Klas IIB Klaten Jurnal Institute Agama. Islam Negeri.Surakarta.

Setyaningrum,. A. (2015). Pengaruh. Dukungan Sosial Orang. Tua Terhadap Motivasi Di Gugus. Hasanuddin Kabupaten. Cilacap. Jurnal. (online).

Yogyakarta:.Fakultas Ilmu.Pendidikan Universitas Negeri. Yogyakarta. Dalam (http://www.enprints.ac.id diakses pada 11.Desember 2016).

Tarmidi dan.A. R. R. Rambe. (2010). Korelasi Antara Dukungan. Sosial Orang Tua dan.Self-Directed. Learning pada Siswa. SMA. Jurnal. Psikologi Vol. 37, No..2, 216-223,.Desember. Fakultas. Psikologi Universitas Sumatera Utara.

Arikunto,. Suharsimi. 2014 ..Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan.Praktik. Penerbit : Rineka Cipta..Jakarta.

Ghozali Imam,.2018, Aplikasi.Analisis Multivariate Dengan. Program IBM.SPSS 25, edisi kesembilan, .cetakan kesembilan, Badan. Penerbit : Universitas Diponegoro.Semarang.

Helmawati..2014. Pendidikan.Keluarga. Penerbit : Remaja Rosdakarya.. Bandung. Notoatmodjo, S, 2012,. Promosi Kesehatan.dan Sikap Kesehatan, Penerbit :.Rineka. Cipta. Jakarta .

Sugiyono, 2016, Metode. Penelitian Administrasi. dilengkapi dengan.Metode R & D, penerbit.: Alfabeta, Bandung.

Undang-Undang. Nomor 12 Tahun 1995. tentang Pemasyarakatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i4.2021.752-760

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.