UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN PADA SISWA KELAS XI IPA-1 MATA PELAJARAN BK SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 PINANGSORI TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Mina Taraja

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi siswa sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok teknik permainan. serta untuk mengetahui besar prosentase siswa yang memiliki percaya diri sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok. Setelah tindakan fakta siklus I, peneliti memberikan kuesioner tentang percaya diri untuk selanjutnya dianalisis dan hasilnya didokumentasikan. Demikian pula pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal siswa yang memiliki percaya diri hanya sebesar 38% maka dilakukan tindakan siklus I dan siklus II untuk meningkatkan jumlah siswa yang memiliki percaya diri. Ketika mengikuti kegiatan layanan bimbingan, keaktifan dan antusias siswa dari berbagai aspek meningkat dari kegiatan pertama 20% menjadi 24% pada kegiatan kedua, dan meningkat lagi menjadi 36% pada kegiatan ketiga siklus I. Kemudian ada peningkatan pada kegiatan satu siklus II yaitu menjadi 56% kemudian meningkat lagi menjadi 88% pada kegiatan dan siklus II. Dari hasil kuesioner percaya diri setelah siklus I siswa yang mendapat nilai positif maupun sangat positif 59%, pada siklus II menjadi 82%. Melihat kenyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan percaya diri pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pinangsori.

Kata kunci: percaya diri, layanan bimbingan kelompok teknik permainan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, Sutoyo. 2012. Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interview, Kuesioner, Sosiometri: Yogyakarta Pustaka Pelajar.

Modul Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling.

Nurihsan Achmad Juntika. 2005. Strategi Layanan Bimbingan & Konseling. Bandung: Refika Adi tama.

Risman ,Elly.(2003). Http://digilib.Sunan-ampel.ac.id/flles / disk 1 / 198 /fibtiain :

citamariau - 9858 - 5 babii . pdf diakses pada tanggaJ 26 Februari 2014

Sinta Saraswati. 2005. Layanan Bimbingan Kelompok dalam Diklat Guru Pembimbing SMA Propinsi Jawa Tengah oleh LPMP Jawa Tengah.

Suharsimi Arikunto. 2007. Penilaian Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Seminar Sehari dengan Tema Sertifikasi dan Penelitian Tindakan Kelas, Forum Kornunikasi Guru BK Kabupaten Purworejo.

Suwarjo dan Eva Imania Eliasa.201l. Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramita Publising .

Tadjri, Imam. 2012. Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling. Semarang: Widya Karya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.