PERANAN GURU DALAM ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI EKONOMI MATERI POKOK UANG DAN PERBANKAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 SAYURMATINGGI
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Peranan Guru dalam Administrasi Sekolah Menengah Terhadap Prestasi Belajar Studi IPS Ekonomi Materi Pokok Uang dan Perbankan Kelas X SMA Negeri 1 Sayurmatinggi, dan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan guru dalam administrasi sekolah (kurikulum) dan mengetahui prestasi belajar peserta didik bidang studi IPS Ekonomi Materi Pokok Uang.dan Perbankan kelas X SMA Negeri 1 Sayurmatinggi. Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Lapangan yakni penelitian yang dilakukan secara langsung dilapangan untuk mendapatkan data secara fakta dan mencari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik, serta metode Penelitian Kepustakaan yakni mengumpulkan data-data yang bersifat teoritis sebagai bahan dan data dalam penguraian kerangka teori dengan mendeskripsikan sesuai dengan permasalahan yang ada. Kemudian untuk melihat Apakah ada Peranan Guru dalam Administrasi Sekolah Menengah Terhadap Prestasi Belajar Studi IPS Ekonomi Materi Pokok Uang dan Perbankan Kelas X SMA Negeri 1 Sayurmatinggi. .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dzamarah, 2002 Strategi Belajar Mengajar , Jakarta : Rineka
Hamidi,2007, Metode Penelitian, Jakarta: Resda
Hamalik Oemar, Istarani & Intan Pulungan ,2015, Ensiklopedi Pendidikan medan: Media Persada
Hardjana,2005, Psikologi Pendidikan, Jakarta :Aksara Baru
Idris Shaffat, Istarani & Intan Pulungan , 2015, Ensiklopedi Pendidikan Medan: Media Persada
M. Ngalim Purwanto, Istarani & Intan pulungan , 2015, Ensiklopedi Pendidikan Medan: Media Persada
Oemar Muhammad AL-Taomi as-Syaibany Istarani & Intan Pulungan,2015,Ensiklopedi Pendidikan Medan: Media persada
Rostiyah N.K, 2012, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta,
Surachma Winarno, Hadi Soetrisno,2005, Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta
Syaiful & Anwar Zain , 2012, Kumpulan 40 Metode Pembelajaran Medan : Media persada
Syaiful Sagala , : 2005 ,Konsep dan Makna Pembelajaran Bandung: Alfabeta
Slemato, 2010,Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya,Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman,2007, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru,Bandung :Remaja Rosdakarya
Sanjaya Wina,2008,Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group
Sanjaya Wina 2009. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: 2009, Kencana
Skiner, 2012, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta,
Sujanto Agus,2007,Kiat Membelajarkan Peserta Didik, Jakarta : Gaung Persada Press
Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, 2006, Pengantar Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan raktek, Jakarta: Bumi Aksara
Usman Husaini dan Purnomo,2008,Metodologi Penelitian Sosial,Jakarta:PT Bumi Aksara
Yuliana Sudremi dan Nurhadi,2004, Lensa Kegiatan Ekonomi, Jakarta :PT.Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.60-68
Article Metrics
Abstract view : 5840 timesPDF - 2119 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.