PERSONAL BRANDING MUHAIMIN ISKANDAR DI MEDIA SOSIAL X (ANALISIS KONTEN SELAMA MASA KAMPANYE PILPRES 2024)

Novana Nur Febrianti, Dian Hutami Rachmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembangunan personal branding Muhaimin Iskandar di platform media sosial X selama masa kampanye Pilpres 2024. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik analisis konten, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana Muhaimin membangun citra dirinya sebagai calon wakil presiden melalui unggahan-unggahan yang mencerminkan nilai-nilai kepemimpinan, konsistensi, dan kepedulian terhadap masyarakat. Penelitian ini mengidentifikasi bahwa Muhaimin memanfaatkan berbagai aspek personal branding, seperti spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, visibilitas, serta niat baik (goodwill), untuk menarik perhatian publik dan memperkuat dukungan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui konten yang relevan dan interaksi langsung, Muhaimin berhasil menciptakan personal branding yang kuat, konsisten, dan berbasis pada aspirasi publik. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pentingnya konsistensi dan keterlibatan pengguna media sosial dalam membangun personal branding bagi tokoh politik di pada media digital. Saran dari penelitian ini adalah pentingnya untuk memperluas analisis dengan melibatkan aspek psikologis dan sosiokultural dari audiens sebagai faktor penting yang memengaruhi penerimaan pesan politik di media sosial.

Keywords


Personal Branding; Media Sosial X; Kampanye Digital; Komunikasi Politik; Analisis Konten

Full Text:

PDF

References


Alam, S. (2021). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Politik. Avant Garde, 9(1), 68–78. https://twitter.com/PSI_Jakarta

Alfiyani, N. (2018). MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK. Potret Pemikiran, 22(1), 57–69.

Annur, C. M. (2024, March 1). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2024/03/01/Ini-Media-Sosial-Paling-Banyak-Digunakan-Di-Indonesia-Awal-2024#:~:Text=Menurut%20laporan%20terbaru%20We%20Are,Di%20Indonesia%20pada%20Januari%202024.

Antara. (2023, April 29). Survei PolMark Indonesia: Cak Imin Cawapres Paling Potensial. Https://Www.Borneonews.Co.Id/Berita/299723-Survei-Polmark-Indonesia-Cak-Imin-Cawapres-Paling-Potensial.

Azmi, F., Yoah Amiel, B., Balqis, A., Nabila, I. M., Arindah, F., Ilmu, P., Upn, P., & Jakarta, V. (2022). Komunikasi Politik Anies Baswedan dalam Membentuk Opini Publik Melalui Media Sosial Menjelang Pemilihan Presiden 2024. In JOURNAL OF POLITICS AND DEMOCRACY STUDIES (Vol. 3, Issue 2).

Hasibuan, N. E.-K., Sidabalok, U. F., Afandi, R., & Manurung, M. (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP ELEKTABILITAS BAKAL CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 6(1), 14. https://doi.org/10.31602/jt.v6i1.13323

Hidayat, H., & Muksin, N. N. (2022). Ganjar Pranowo’s Political Public Relations to Build Political Communication on Social Media. 16th Urecol: Seri Pendidikan Dan Humaniora, 39–58.

Moneter, B. A. H., & Susanto, E. H. (2020). Strategi Komunikasi Politik Partai Baru (Studi Kasus Perolehan Suara Partai Solidaritas Indonesia di DPRD DKI Jakarta Pada Pemilu 2019). Koneksi, 4(1), 43–49.

Montoya, P. (2002). The Personal Branding Penomenon: Realize Greater Influence, Explosive Income Growth and Rapid Career Advancement by Applying The Branding Techniques of Michael, Martha & Oprah (First Edition). Vaughan Printing.

Muchtar, K. (2016). Komunikasi Politik dan Pembentukan Citra Partai. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 136–147.

Mujiono, D. I. K. (2023, September 4). Manuver koalisi Anies Baswedan: Apa untungnya memilih Cak Imin dan akan kemana AHY? Https://Theconversation.Com/Manuver-Koalisi-Anies-Baswedan-Apa-Untungnya-Memilih-Cak-Imin-Dan-Akan-Kemana-Ahy-212697.

Nasution, A. R. H. (2022). Strategi Komunikasi Politik Tim Pemenangan Cory Sriwaty Sebayang – Theopilus Ginting Pada Pilkada Karo Tahun 2020. JIMSIPOL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial Dan Politik , 2(2), 1–12.

Oktoyanti, G. T., Yamin, A., & Firmansyah, J. (2024). PENGARUH KOMUNIKASI, KEBIJAKAN DAN CITRA POLITIK PARTAI NASDEM TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH MASYARAKAT. SEMAI: Seminar Nasional Manajemen Inovasi, 7(1), 167–176. https://conference.uts.ac.id/index.php/

Puspitaningrum, D. R., Laura, P., & Irwansyah. (2020). Teori Kekayaan Media dalam Penggunaan Media Sosial Twitter Sebagai Media Komunikasi Pejabat Publik: Studi Kasus Gerakan Blokir Akun Twitter Juru Bicara Presiden. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 227–237. www.tekno.kompas.com

Raharjo, F. S. (2019). The Master Book of Personal Branding (F. Husaini, Ed.). QUADRANT.

Riyanto, A. D. (2024, February 21). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. Https://Andi.Link/Hootsuite-We-Are-Social-Data-Digital-Indonesia-2024/.

Saragih, M. A., Saragih, M. Y., & Alfikri, M. (2022). PERANAN HUMAS PARTAI GOLONGAN KARYA (GOLKAR) DALAM UPAYA MENINGKATKAN CITRA DI KABUPATEN ASAHAN. At-Tazakki, 6(1), 191–211.

Lahitani, S. (2024, February 2). Survei APJII: Penetrasi Pengguna Internet Indonesia Mencapai 79% di Tahun 2024. Https://Www.Liputan6.Com/Citizen6/Read/5518803/Survei-Apjii-Penetrasi-Pengguna-Internet-Indonesia-Mencapai-79-Di-Tahun-2024?Page=2.

Triwicaksono, Y. D. B. B., & Nugroho, A. (2021). Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Kepala Daerah. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 5(1), 133–145. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i1.2037

Zukhrufillah, I. (2018). Gejala Media Sosial Twitter Sebagai Media Sosial Alternatif. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2), 102–109. https://id.wikipedia.org/wiki/Twitter,




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v12i5.2025.2028-2045

Article Metrics

Abstract view : 128 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.