DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA 6-12 TAHUN PADA ETNIK JAWA DI DESA SECURAI SELATAN KECAMATAN BABALAN KABUPATEN LANGKAT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Anak Usia 6-12 Tahun Pada Etnik Jawa Di Desa Securai Selatan Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui penggunaan gadget dapat memengaruhi perkembangan karakter anak Etnik Jawa usia 6-12 tahun dan memengaruhi aspek-aspek psikologis anak usia 6-12 tahun pada Etnik Jawa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Securai Selatan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan temuan yang dideskripsikan bahwa anak Etnik Jawa usia 6-12 tahun yang menggunakan gadget mendapatkan pengaruh positif dan negatif dari gadget yang berdampak kepada perkembangan karakter anak. Pengaruh positif yang dapat dilihat yaitu anak Etnik Jawa yang sebelumnya memiliki karakter yang pendiam dan sulit berkomunikasi dengan orang lain, tetapi setelah adanya gadget karakter anak berkembang menjadi lebih baik. Karena dengan gadget anak mendapatkan pembelajaran mengenai cara berkomunikasi yang baik dan benar dengan orang lain dan dapat menambah wawasan anak. Dampak negatif penggunaan gadget terhadap perkembangan karakter anak Etnik Jawa yaitu anak menjadi sulit mengendalikan emosionalnya dan menjadikan anak kurang penurut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, J. (2014). Asosiasi antara Gaya Pengasuhan dan Status Identitas Diri Remaja Etnik Jawa. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 2-14.
Ardiansyah., Sarinah., Susilawati., Juanda. (2022). Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Kependidikan, 7(1), 25-31
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fimansyah, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Era Globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 1(1).
Gabriela, J., & Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Jurnal Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi dan Pendidikan, 5(1), 99-110.
Indriyani, M., Sofia, A., & Anggraini, G. F. (2018). Persepsi Orang Tua terhadap Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal Of Early Childhood Issues, 1(1).
Juliansyah, M. A., & Purba, V. (2020). Makna dan Alasan Dibalik Orang Tua Memberikan Fasilitas Gadget Kepada Anak Usia Dini. JPRMEDCOM:Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal, 2(2), 20-34.
Magdalena , I., Insyirah, A., Putri, N. A., & Rahma, S. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Rendahnya Pola Pikir Pada Anak Usia Sekolah (6-12 Tahun) Di SDN Gempol Sari Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 166-177.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gdget Dalam Kehidupan. Jurnal KOPASTA, 5(2).
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33-47.
Syifa, L., Setyaningsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(4)
Tatminingsih, S. (2017). Dampak Penggunaan TIK terhadap Perilaku Anak Usia Dini: Studi Kasus pada Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Pendidikan, 18(1)
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.4941-4948
Article Metrics
Abstract view : 207 timesPDF - 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.