ANALISIS STRATEGI LOBI DAN NEGOSIASI DALAM PENGEMBANGAN BISNIS PT. PILAR PUTRA PERKASA

Pandu Wirayudha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi lobi dan negosiasi yang diterapkan oleh PT. Pilar Putra Perkasa dalam upaya mengembangkan usahanya, khususnya dalam memperoleh proyek baru dan meningkatkan nilai kontrak dengan mitra bisnis utama, seperti PT. Sinarmas Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi langsung kepada pihak-pihak yang terlibat dalam proses tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif, kemampuan beradaptasi dengan kebutuhan klien, dan hubungan interpersonal yang kuat menjadi faktor utama keberhasilan lobi dan negosiasi. Negosiasi yang dilakukan tidak hanya berfokus pada aspek finansial saja, tetapi juga mencakup pengelolaan hubungan jangka panjang dengan klien. Secara keseluruhan, strategi lobi dan negosiasi yang digunakan oleh PT. Pilar Putra Perkasa berperan penting bagi keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan dan mengembangkan usahanya, serta menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan berkelanjutan.


Keywords


Lobi, Negosiasi, Pengembangan Bisnis, Komunikasi Bisnis, PT. Pilar Putra Perkasa

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS). (2021). "Kontribusi Sektor Konstruksi terhadap PDB." Jakarta: BPS.

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Indonesia. Jakarta: BPS.

Lestari Hulu, R. D., Habib, M. F., Shin Tia, R., Maulida Husna, F., & Suhairi. (2023). Pentingnya Teknik Lobi Dan Negosiasi Dalam Komunikasi Bisnis. JEBIMAN: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 1(5) : 567-574.

Hakim, L., Nurikhsan, F., Jamil, H. P., & Safitri, D. (2021). Strategi lobi dan negosiasi dalam mendapatkan sponsorship pada event IKOM Entrepreneurship Fest 2020. Jurnal InterAct, 10(2): 59-68.

Karwiyah, F. F. E., & Pertiwi, A. P. (2022). Penerapan win-win solution dalam sengketa pengaduan barang/jasa pemerintah berdasarkan kontrak secara elektronik melalui katalog elektronik/e-purchasing. Jurnal Hukum Lex Generalis, 3(4): 291-313.

Devito, J. A. (2009). The Interpersonal Communication Book (12th ed.). Boston: Pearson.

Bovée, C. L., & Thill, J. V. (2018). Business Communication Today (14th ed.). Boston: Pearson.

Abdussamad, H. Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan I. ISBN 978-623-97534-3-6. Jakarta: CV. Syakir Media Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i12.2024.4987-4992

Article Metrics

Abstract view : 331 times
PDF - 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.