PERILAKU BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS RIAU

Sophia Amelia Putri, Yusmar Yusuf

Abstract


Maraknya berbelanja secara online oleh mahasiswa menjadi salah satu alasan dalam penlitian ini. Belanja online telah mengalami pertumbuhan pesat dan menjadi alternatif utama bagi konsumen dibandingkan dengan belanja konvensional di toko fisik. Peralihan ini mempengaruhi perilaku konsumtif individu secara signifikan, khususnya di kalangan mahasiswa. Faktor – faktor seperti promosi diskon, gratis ongkir, harga yang lebih murah, cashback, serta pengaruh iklan dari selebriti dan influencer mempengaruhi keputusan belanja online. Selain itu, kemudahan transaksi, aksesibilitas yang tinggi, efisiensi waktu, dan kenyamanan berbelanja tanpa antre turut berkontribusi pada preferensi ini. Pengaruh lingkungan sosial, seperti rekomendasi teman yang sudah berbelanja online, juga berperan penting dalam membentuk perilaku konsumtif. Mahasiswa biasanya berbelanja secara online karena kesenangan gaya hidup, bukan karena kebutuhan. Akibatnya, mereka menjadi boros, atau menjadi perilaku konsumtif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku belanja online (e-commerce) terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa FISIP(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Universitas Riau. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuatitatif, dengan melibatkan 100 responden. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini pengolahan dan menganilis data, menggunakan uji regresi linear sederhana dengan software SPSS (Statistical Program for Sosical Science) versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t - hitung > t - tabel yaitu sebesar 50,476 > 1,985 maka dari itu dapat disimpulkan bahwa belanja Online berpengaruh positif dan siginifikan terhadap perilaku konsumtif.

Keywords


Belanja Online; Mahasiswa;Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


A. Muri Yusuf, M. P. (2014). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.

Adon Nasrullah Jamaludin. (2017). Sosiologi Perkotaan Memahami Masyarakat Kota Dan Problematikanya. Cv Pustaka Setia.

Aeni Nur Eni. (2019). Pengaruh Onlineshop Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (Febi) Uin Walisongo Semarang. Http://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/9616/1/Skripsi%20full.Pdf.

Arbaini, N. (2017). Gaya Hidup Shopaholic Pada Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fisip Universitas Riau Yang Kecanduan Berbelanja Pakaian). Jom Fisip , 4(1).

Arohman, & Vianda Cahya Nabila. (2020). Analisis Pengaruh Online Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Feb Umpri (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2016). Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen.

Audi Padli Muhammad, Safitri Arini, & Erawati Desi. (2020). Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa Iain Palangka Raya. F-Icis Fuad-International Conference On Islamic Studies, 1.

Azhar Irza. (2018). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Berbelanja Online (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Agama Islam Program Studi Ekonomi Syariah Umy). Http://Repository.Umy.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/22454/A.%20cover.Pdf?S equence=1&Isallowed=Y.

Azizah, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Belanja Onlinepada E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millennial Di Blitar. J-Ceki: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1.

Baudrillard, J. (2011). Masyarakat Konsumsi . Bantul: Kreasi Wacana

Fransisca, C., & Erdiansyah, R. (2020). Media Sosial dan Perilaku Konsumtif. Prologia, 4(2), 435-439.

Gunawan Randy. (2021). Onlineshop Sebagai Cara Belanja Di Kalangan Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Jom Fisip, 8.

Harisandi, P., & Wiyarno, W. (2023). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Aplikasi Alfagift-Alfamart. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 7.

Hj. Naning Fatmawatie. (2022). E-Commerce Dan Perilaku Konsumtif. Iain Kediri Press.

Jefri Putri Nugraha, Dian Alfiah, Gairah Sinulingga, Umi Rojiati, Gazi Saloom, Rosmawati, Fathihani, Renè Johannes, Kristia, Mail Hilian Batin, Widya Jati Lestari, Husnil Khatimah & Maria Fatima B. Beribe (2021). Teori Perilaku Konsumen ( Ahmad Jibril, Ed.). Pt. Nasya Expanding Management (Penerbit Nem - Anggota Ikapi).

Kurniawan, C. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).

Minanda, A., Roslan, S., & Anggraini, D. (2018). Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari. Neo Societal; Vol. 3; No. 2; 2018 Issn: 2503-359x; Hal. 433-440, 3, 434.

Mujahidah Nooriah.A. (2020). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makassar).

Nanang Martono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder (S. Pratiwi Tri Utami, Ed.; Revisi 2). Pt. Rajagrafindo Persada.

Nugroho J. Setiadi. (2013). Perilaku Konsumen. Prenadamedia Group.

Nurul'Ainy, Z. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(2), 226-235.

Olii, R. M., Pratiknjo, H. M., & Matheosz, N. J. (2020). Online Shop Sebagai Alternatif Berbelanja Masyarakat Kota Manado. Jurnal Holistik, 13.

Rahayu Dian Catur, M Bararah Hasna, Perdana Iqbal Muhammad, Zuhdi Nabila Kalya, Aprilia Fina Nabilah, Dionchi Putra Herjati Pramana, & Yuniar Dwita Ananda. (2021). Perilaku Konsumtif Sebagai Dampak Online Shop Di Kalangan Mahasiswa Sosiologi 2019 Universitas Negeri Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosialjurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial.

Rahmawati, E. R., & Surjanti, J. (2021). Analisis Faktor Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Produk Fashion Saat Pandemi Pada Mahasiswa. Jekpend (Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan).

Ratna Wijayanti Daniar Paramita, Noviansyah Rizal, & Riza Bahtiar Sulistyan. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Buku Ajar Perkuliahan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Akuntansi & Manajemen (3rd Ed.). Widya Gama Press.

Safrilsyah Syarif & Firdaus M. Yunus, (2013). Metode Penelitian Sosial (L. M. A Muqni Affan Abdullah, Ed.; 1st Ed.). Ushuluddin Publishing.

Septianingsih Amelia. (2020). Analisis Perilaku Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/28490/17211032%20amelia %20septianingsih.Pdf?Sequence=1.

Septiansari Dela, & Handayanintrisni. (2021). Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Teknologi (Emt).

Setiawati Mila. (2015). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengaraian. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/110447-Id-Pengaruh-Media-Sosial- Terhadap-Minat-Bel.Pdf.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Cv.

Suratno, Rosmiati, & Siswono Eko. (2021). Pengaruh Online Shop, Lingkungan Teman Sebaya Dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Implusif Mahasiswa Jurusan Pips Fkip Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Syamsyu, & Taufiq, D. (2022). Masyarakat Konsumen Dalam Perspektif Teori Kritis Jean Baudrillard. Indonesian Journal Of Social And Educational Studies Vol.3, No.2,.

Tiona Diano. (2019). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa. Http://Repository.Unj.Ac.Id/3057/1/Skripsi%20lengkap.Pdf.

Triningtyas & Margawati. (2019). Hubungan Antara Konformitas Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Online Shopping Pada Remaja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran.

Wardani & Anggadita, R. (2021). Konsep Diri Dan Konformitas Pada Perilaku Konsumtif Remaja. Penerbit Nem.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i10.2024.4074-4084

Article Metrics

Abstract view : 2993 times
PDF - 947 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.