PERAN AYAH DAN IBU DALAM PENGASUHAN ANAK AUTIS
Abstract
Anak autis mengalami gangguan perkembangan dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan berperilaku. Anak autis lebih menyukai bermain sendiri dibandingkan bersama teman-temannya. Hal ini membuat anak autis sulit dalam bersosial. Meskipun memiliki gangguan perkembangan, anak autis memiliki potensi untuk tumbuh dan berkembang. Peran ayah dan ibu sangat penting dalam pengasuhan anak autis. Peran dan kerjasama dalam pengasuhan dapat menunjang tumbuh kembang anak autis. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali informasi terkait pengalaman ayah dan ibu terkait perannya dalam pengasuhan anak autis dengan desain penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Data penelitian ini didapatkan melalui wawancara bersama tiga pasang ayah dan ibu yang memiliki anak autis. Kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis IPA (Interpretative Phenomenoligical Analysis). Penelitian ini menghasilkan enam tema, diantaranya autisme, pengasuhan anak autis, peran ayah, peran ibu, terapi dan pendidikan, serta tanggapan lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran ayah dan ibu sangat penting bagi anak autis dalam mencapai perkembangan dan kemandiriannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Berawi, K. N., & Puspitha, F. C. (2016). Terapi diet bebas gluten dan bebas casein pada autism spectrum disorder (ASD). Jurnal Majority, 5(1), 38-42.
Emiliza, T. (2019). Konsep psikososial menurut teori erik h. Erikson terhadap pendidikan anak usia dini dalam tinjauan pendidikan islam konsep psikososial menurut teori erik h. Erikson terhadap pendidikan anak usia dini dalam tinjauan pendidikan islam (Doctoral dissertation, Iain Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3899
Faizah, K. (2019). Hubungan antara penerimaan diri dan dukungan sosial orang tua anak autis dengan interaksi sosial anak autis. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam, 3(2), 109-116. https://doi.org/10.35316/edupedia.v3i2.246
Fillia, A., & Indarto, P. (2023). Kendala Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Anak Autis: Studi Kasus MIM PK Kartasura. Indonesian Journal of Sport Science and Technology (IJST), 2(2), 197-209.
Harahap, N. (2020). https://doi.org/10.31316/ijst.v2i2.5231
Hardi, N. F., & Sari, F. P. (2019). Parenting Stress pada Ibu yang memiliki anak autis. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16(1), 21-36. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-02
Hasibuan, I. T., & Marlina, M. (2020). Ekspresi Emosi Anak Autis Dalam Berinteraksi Sosial Di Sekolah. Jurnal Basicedu, 4(1), 175-182. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.300
Herliani, J. H. J., Jumaini, J., & Marni, E. M. E. (2021). Hubungan dukungan suami terhadap motivasi ibu dalam merawat anak dengan autis. Jurnal Keperawatan Hang Tuah (Hang Tuah Nursing Journal), 1(1), 45-62. https://jom.htp.ac.id/index.php/jkh
Indiarti, P. T., & Rahayu, P. P. (2020). Penerimaan ibu yang memiliki anak autis. Jurnal Psikologi Perseptual, 5(1), 34. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i1.5087
Kurniawansyah, E., Fauzan, A., & Tamalasari, E. (2021). Pola Pembelajaran pada Anak Autis di SLB Negeri 1 Sumbawa. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 11-17. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i1.5811
Marettih, A. K. E., & Wahdani, S. R. (2017). Melatih kesabaran dan wujud rasa syukur sebagai makna coping bagi orang tua yang memiliki anak autis. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 16(1), 13-31. http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v16i1.3561
Noor, M. (2013). Pengalaman ibu dalam merawat anak dengan autis usia sekolah. Skripsi. PSIK: Universitas Riau.
Nuha, F. A., Putri, A. M., & Triswanti, N. (2020). Hubungan antara karakteristik orang tua dengan stres pengasuhan pada orang tua anak gangguan spektrumautisme. Jurnal Psikologi Malahayati, 2(2). https://doi.org/10.33024/jpm.v2i2.2953
Onibala, E. M., Dundu, A. E., & Kandou, L. F. (2016). Kebiasaan makan pada anak gangguan spektrum autisme. e-CliniC, 4(2). https://doi.org/10.35790/ecl.v4i2.12803
Potter, C. A. (2017). Father involvement in the care, play, and education of children with autism. Journal of Intellectual & Developmental Disability, 42(4), 375-384. https://doi.org/10.3109/13668250.2016.1245851
Puspitasari, O. D. (2016). Penanganan perilaku hiperaktif pada anak autis di Paud Inklusi Ahsanu Amala. Widia Ortodidaktika, 5(10), 1061-1070.
Raharjo, D. S., Alfiyanti, D., & Purnomo, S. E. (2014). Pengaruh terapi bermain menggunting terhadap peningkatan motorik halus pada anak autisme usia 11–15 tahun Di Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang. Karya Ilmiah.
Rahayu, R., & Fathoni, A. (2017). Peran guru dalam mengembangkan interaksi sosial pada anak autis di sd al firdaus surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rahmahnda, N. A. (2022). Peran komunikasi interpersonal ibu untuk membangun percaya diri anak dalam perspektif orang tua. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 6(2), 61-74. https://doi.org/10.32832/komunika.v6i2.7290
Saptasari, D. R., & Lestari, S. (2017). Peran orangtua dalam pelaksanaan terapi anak autis (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/56403
Setiawan, D. P., & Fauzi, M. (2021). Persepsi masyarakat terhadap kasus bullying pada anak autis. Jurnal Disabilitas, 1(2), 35-40.
Sudiatmika, I. P. G. A., & Dewi, K. H. S. (2018). Pengembangan Aplikasi Terapi Pengenalan Toilet Untuk Anak Autis Berbasis Android. Pendidik. Teknol. dan Kejuru.
Suryadi, Y. (2023). Correlation of mother's educational background with autistic children's independence. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(4), 562-569.
Susanto, S. E. (2018). Penerimaan Orang tua terhadap Kondisi Anaknya yang Menyandang Autisme di Rumah Terapis Little Star. Psikosains: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi, 9(2), 140-152. https://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/247
Thaibah, H., Dewi, A. V., Rayani, E., & Fitriani, I. (2020). Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Autis. November. Diakses dari: https://www. researchgate. net/publication/345212397.
Ishak, N. H. B. (2022). Intervensi Terapi LEGO Meningkatkan Interaksi Sosial Murid Autistik. Amalan Terbaik Dalam Pendidikan Khas Dan Inklusif, 1(1).
Thaibah, H., Dewi, A. V., Rayani, E., & Fitriani, I. (2020). Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Autis. November. Diakses dari: https://www. researchgate. net/publication/345212397.
Wijaksono, R. (2016). Studi kasus tentang pengaruh dukungan sosial dalam membangun penerimaan orangtua terhadap anaknya yang autis. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5(6).
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Anak. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 95–106. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.1
Wulandari, N. D. (2017). Penerapan pola asuh orang tua dalam membantu pengembangan diri siswa autis di slb autisme dian amanah yogyakarta. Widia ortodidaktika, 6(5), 495-508.
Yulianti, D. A., Yuliati, R., Rakhma, L. R., Gz, S., & Gizi, M. (2016). Hubungan Antara Pemilihan Makanan, Frekuensi Diet Bebas Gluten Bebas Kasein Dengan Perilaku Hiperaktif Anak Autis Di Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/43793
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i10.2024.3942-3949
Article Metrics
Abstract view : 1135 timesPDF - 303 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.