PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL PURI FATHONAH BANDAR LAMPUNG

Mega Kusuma Hadi, Waspodo Waspodo, Ridhah Taqwa

Abstract


Penelitian ini dilakukan di sekolah anak usia dini, Raudhatul Atfhal (RA) Puri Fathonah Kota Bandar Lampung. Penelitian dilakukan untuk menganalisis peran guru dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan pada anak usia dini di RA Puri Fathonah. Robert Linton menyatakan bahwa teori peran memberikan gambaran interaksi sosial dalam terminologi aktor-aktor yang bermain sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh budaya. Fokus penelitian adalah untuk mengungkap harapan masyarakat terhadap peran sosial guru dalam mengembangkan sikap peduli lingkungan anak serta bagaimana guru memerankan peran sosialnya di RA Puri Fathonah. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Hasil penelitian adalah bahwa terdapat empat peran yang diharapkan oleh masyarakat terhadap guru dalam rangka mengembangkan sikap peduli lingkungan anak usia dini yaitu: peran sebagai motivator, pemberi teladan, pemberi sanksi, dan pemberi apresiasi. Aktualisasi peran guru RA Puri Fathonah diketahui memenuhi seluruh harapan masyarakat dan kebudayaan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa guru RA Puri Fathonah melakukan perannya dengan baik, baik secara personal maupun penilaian dari masyarakat dan kebudayaan disekitarnya.


Keywords


Raudhatul Athfal, Peran guru, Peduli lingkungan

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Apriana, R. 2009. Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik Semarang. Purwokerto: Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Aris, M. C., & Sudarsono, B. (2018). Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Autotech, 11(01), 86–90.

Budiningsih, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Denzin, NK & Lincoln, YS. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hargito, E. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Melalui Mpdel Pembelajaran Olimpiade Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri IV Baturetno Tahun 2015/2016. Elementary School: Jurnal Pendiidkan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(1), 69–76. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027

Hutami, G., dan Chariri, A. 2011. Pengaruh Konflik Peran dan Ambiguitas Peran Terhadap Komitmen Independensi Auditor Internal Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Inspektorat Kota Semarang) Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Irfan, N. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Ekuivalen - Pendidikan Matematikan, 31(1), 48–53.

Kahfi, Ashabul. (2017). Tinjauan Terhadap Pengelolaan Sampah. Jurnal Juris Prudentie Vol. 4 Nomor 1 Juni 2017 Hal. 12. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Lumbantobing, D. (2019). Peningkatan Motivasi Berbicara Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 39–42.

Mardiansjah & Handayani. 2018. Pertumbuhan penduduk perkotaan dan perkembangan pola distribusinya pada Kawasan Metropolitan Surakarta. Jurnal Wilayah dan Lingkungan, 6(3), 215-233. doi:10.14710/jwl.6.3.215-233.

Masruroh. (2018). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pendidikan. Gea: Jurnal Pendidikan Geografi, 18(2), 130–134. https://doi.org/10.17509/gea.v18i2.13461

Misdar, M. (2016). Keteladanan Guru dalam Pembelajaran (Suatu Tinjauan Teoritis). At-Ta’lim, 15(1), 1–16.

Moleong, LJ. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Mulyati, S. (2018). Analisis Kesalahan Matematikan Dilihat dari Motivasi Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Ekuivalen - Pendidikan Matematikan, 31(1), 84–88.

Ninsih, T. R., Winarni, E. W., & Karjiyati, V. (2018). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program “Mahira Bebas Sampah” di SD Alam Mahira Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 73–82.

Noviansyah, M. R., & Suwanda, I. M. (2015). Peran Serta Warga Sekolah dalam Menyukseskan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan (Sekolah Adiwiyata) di SMPN 2 Babat Lamongan. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan Dan Kewarganegaraan, 1(3), 152–163. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nurani, Y. (2012). Pengembangan Media Daur Ulang Berbasis Kecerdasan Jamak dalam Peningkatan Keterampilan Hidup Anak Usia Dini. Jurnal Cakrawala Pendidikan Th. XXXI, No.1.

Uno, H. B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, Imam. (2012). Mengejar profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Wulandari. 2019. Peran Guru dalam Mmembentuk Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD 1 Sewon, Prosiding Seminar Nasional Program Guru Sekolah Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Yaslan,Mursalin. 2019. Produksi Sampah Capai 7200 Ton Perhari. https://nasional.republika.co.id/berita/pv1hk6368/produksi-sampah-di-lampung-capai-7200-ton-per-hari




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v7i2.2020.286-300

Article Metrics

Abstract view : 2072 times
PDF - 1383 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.