ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL PADA IKLAN TELKOMSEL VERSI “TELKOMSEL SEMANGAT INDONESIA” DI MEDIA YOUTUBE

Rizki Ridho Anggono, Noveri Faikar Urfan

Abstract


Kemajuan teknologi modern, seperti periklanan, membuat generasi muda semakin dikuasai terhadap kemajuan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan tayangan - tayangan yang banyak mengandung nilai - nilai moral didalamnya, yang dapat memberikan manfaat, dan layak untuk ditonton. Salah satu iklan yang berbicara tentang nilai moral adalah Telkomsel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan moral yang terkandung dalam iklan terkomsel versi “Telkomsel Semangat Indonesia”. Metode penelitian menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan paradigma interpretatif melalui pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada pesan moral yang terkandung pada iklan Telkomsel versi “Telkomsel Semangat Indonesia” berupa adegan-adegan yang terdapat dalam iklan menggunakan analisis teori semiotika Roland Barthes yang menganalisis makna denotasi, konotasi, dan mitos pada setiap adegan iklan. Hasil dari penelitian ini, peneliti mendapatkan empat pesan moral yang terkandung dalam iklan Telkomsel yaitu memuat pesan moral yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari seperti semangat pantang menyerah, bekerja keras, peduli lingkungan, dan tolong menolong.

Keywords


Semiotic Analysis; Moral Messages; Advertising

Full Text:

PDF

References


Kristianti, N. (2017). Analisis Pengaruh Iklan Di Media Sosial Dan Jenis Media Sosial Terhadap Pembentukan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 24.

Riwu, A., & Pujiati, T. (2018). Analisis semiotika roland barthes pada film 3 dara. Deiksis, 10(03): 212-223.

Yuliyanto, W. D., & Zulfiningrum, R. (2023). Analisis Nilai Sosial dalam Iklan Gojek Edisi “Jangan Sepelekan Kekuatan Jempol” di Youtube. Journal on Education, 5(2), 4933-4944.

Sobur, A. (2016). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Morrisan, M. (2013). Periklanan Komunikasi Terpadu. Kencana Penada Media

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. ALFABETA CV.

Pratama, A., & Anggraini, R. (2019). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 1(1).

Sarifah, S., Aziz, A., & Afriansyah, A. (2022). Pesan moral dalam film iklan pahlawan untuk kakek: studi analisis semiotika roland barthes (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i4.2024.%25p

Article Metrics

Abstract view : 1647 times
PDF - 565 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.