KOLABORASI ANTAR GURU DALAM MENYELESAIKAN TUGAS ADMINISTRATIF SEKOLAH
Abstract
Kolaborasi merupakan kunci penting dalam penyelesaian tugas-tugas administratif guru. Tugas-tugas administratif pada guru bertujuan untuk memperlancar proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengalaman para guru dalam menemukan solusi sebagai tindakan kreatif untuk menyelesaikan tugas-tugas administrasi. Subyek penelitian ini adalah beberapa guru sekolah dasar swasta di Kota Malang. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan Interpretatif Phenomenological Analysis (IPA). Penelitian ini menggunakan teknik wawancara tatap muka. Data-data yang dihasilkan dianalisis dan didapat tiga data penting. Pertama adalah data terkait jenis tugas-tugas administratif yang harus dikerjakan guru dalam setiap bulan atau tahun selama satu tahun ajaran. Kedua adalah strategi yang diterapkan para guru dalam menyelesaikan tugas-tugas administrasi sekolah. Ketiga adalah bentuk kolaboratif yang dilakukan antarguru dan makna yang diperoleh para guru setelah melakukan tindakan kolaboratif guna menyelesaikan tugas-tugas administrasi sekolah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diharapkan para guru semakin kreatif dalam menjawab tantangan zaman yang kian berubah dalam bidang pendidikan. Sehingga tugas-tugas administratif yang tadinya menjadi beban dapat kian mudah terselesaikan dengan adanya kolaborasi antarguru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antony, R. (2022). Komunikasi dialogis sebagai ekspresi pendidikan pemerdekaan YB Mangunwijaya (studi kasus di sekolah dasar eksperimental mangunan). Tesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Artati, K. B dan Wahyuni, E. (2023). Pendekatan mindfulness untuk meningkatkan psychological well-being pada siswa sekolah dasar: Sebuah systematic review. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia 9(2): 342-355
Attanina, S.N.C; Sutriyani, W; Ni’Mah, N.U. (2022). Tingkatkan kemampuan literasi digital guru sd dalam penggunaan media pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1):147-152
Chomza, N. (2017). Kolaborasi guru reguler dengan guru pendamping khusus dalam layanan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi kelas 1 SD Taman Muda Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Cresswell. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixeed Methods Approaches. London: Sage
Faturohman, P. (2022). Pengaruh kolaborasi antar guru terhadap produktivitas kerja guru sma di lingkungan Yayasan Ardhya Garini. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta
Hargreaves, A. (2019). Teacher Collaboration: 30 Years of Research on its Nature, Forms, Limitationsand Effects. Teachers and Teaching, 25(5), 1–19
Hasni, U; Amanda, R.S; Rosyadi, A.F; Harianja, S.I; dan Utami, W.S.
(2023).Pendampingan pemanfaatan media pembelajaran berbasis learning apps untuk mengoptimalkan ketampilan guru dalam pelaksaaan pembelajaran anak udia dini di era digital. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(3)
Indriani, M. (2020). Pembinaan administrasi pembelajaran guru berbasis kurikulum 2013 oleh kepala sekolah (Studi Deskriptif Kualitatif pada SMA Negeri 1 Tebing Tinggi). Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1):82-89
Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan kompetensi melalui kolaborasi: Suatu tinjauan teoritis terhadap guru. Equilibrium: Jurnal Pendidikan 8(2):136-142.
Kelhtermans, G. (2006). Teacher Collaboration and Collegiality as Workplace Conditions. A Review.Zeitschrift Fur Padagogik, 52(2), 220–237
Mulyatno, C.B., Costa, S.B.P., (2022). Experiences of Educing Blind and Deaf Children in The Study of Interpretive Phenomenological Analysis. ENDLESS: International Journal of Future Studies 5 (2): 30-42.
Mulyatno. C.B. (2022). Pengalaman Para Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Setelah Berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Jurnal Basicedu, 6(5): 7797-7805.
Nirmala, S.U; Agustina, A; Robiah, S; dan Ningsi, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berlandaskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru:Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1):182-187.
Pradana, A.W dan Mulyatno, C.B. (2022). Praktik Sanggar Guru Y.B. Mangunwijaya Sebagai Bentuk Komunitas Guru Belajar Secara Kontinyu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22):219-229.
Pukkila, P., DeCosmo, J., Swick, D. C., & Arnold, M. S. (2007). How to Engage in Collaborative Curriculum Design to Foster Undergraduate Inquiry and Research in All Disciplines. Developing and Sustaining a Research-Supportive Curriculum: A Compendium of Successful Practices (pp. 341–357).
Putri, D.P.E; Djumanto, dan Mayanti, S. (2022). Review: Integrasi Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Lingkungan Siswa SMK. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 8(2):1-20
Wansit, A. P., Anisa, F., Agustin, P., & Sabrina, S. N. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Media Digital dalam Inovasi Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(3), 3244–3252. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12465
Sabon, S.S; Wirda, Y; Agung, I; Supriyadi, T; dan Fujianta, S.(2018). Kajian Pemenuhan Beban Kerja Guru. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi, Mix Methods. Bandung: Alfabeta
Suherman, M.M; dan Nurhaqy, A.A. (2022). Keterampilan kolaborasi guru sekolah dasar untuk keberhasilan pendidikan inklusif. Warta Pengabdian, 16(2):75-88.
Syifa, N., & Julia, J. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Inovasi Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi Sebagai Alat Bantu Pencapaian Pembelajaran. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 271. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1707
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i4.2024.1418-1427
Article Metrics
Abstract view : 3212 timesPDF - 581 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.