STRATEGI PENGEMBANGAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SCHOOL BASED MANAGEMENT) DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN KARANGDUKUH, KECAMATAN JOGONALAN, KABUPATEN KLATEN

Febriyanti Angelia Ginting, Nurhadi Nurhadi, Natalia Julien Marlitha, Nur Rismawati, Frida Abanat, Duta Aidil Trianadi, Martenci Nay

Abstract


Dalam beberapa dekade terakhir, pendekatan manajemen berbasis sekolah telah menjadi fokus utama dalam reformasi pendidikan di banyak negara. Konsep ini menggeser pusat pengambilan keputusan dari tingkat administratif pusat ke tingkat sekolah sendiri. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan komunitas sekolah dalam proses pengambilan keputusan, meningkatkan akuntabilitas, dan memungkinkan penyesuaian yang lebih baik dengan kebutuhan lokal. Pancasila adalah dasar negara dan ideologi nasional Indonesia. Pancasila bukan hanya sekadar seperangkat prinsip politik, tetapi juga mencerminkan etika dan moral bangsa Indonesia. Oleh karena itu, mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan menjadi sangat penting untuk membentuk karakter generasi muda. Pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila adalah upaya untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang tidak hanya efektif dalam pengelolaan sekolah dan meningkatkan hasil akademik, tetapi juga membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang terkandung dalam Pancasila. Metode penelitian ini adalah deskriptif berupa data kualitatif. Data kualitatif yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan Focus Group Discussion (FGD). Teknis analisis data yang digunakan adalah SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk Pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management) Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila adalah (1) SDN Karangdukuh memiliki sejumlah kekuatan, seperti kesolidan warga sekolah, kompetensi guru dan siswa, serta dukungan dari komite sekolah dan pemerintah setempat. (2) Sekolah juga menghadapi beberapa kelemahan, terutama terkait dengan keterbatasan sarana dan prasarana, serta sumber daya keuangan yang terbatas. (3) Peluang yang dapat dimanfaatkan oleh SDN Karangdukuh, seperti potensi mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah dan pengembangan kemitraan dengan pihak eksternal. (4) Tantangan utama yang dihadapi oleh sekolah adalah persaingan dengan sekolah-sekolah lain di sekitar, terutama sekolah negeri lain dan sekolah swasta yang dapat menjadi alternatif bagi orang tua dalam menyekolahkan anak-anak mereka.


Keywords


Strategi; Manajemen Berbasis Sekolah; Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Bechter, B., Dimmock, J., & Jackson, B. (2019). A cluster-randomized controlled trial to improve student experiences in physical education: Results of a student-centered learning intervention with high school teachers. Psychology of Sport and Exercise. https://doi.org/10.1016/J.PSYCHSPORT.2019.101553

Bedi, A., & Edwards, J. (2001). The impact of school quality on earnings and educational returns—evidence from a low-income country. Journal of Development Economics, 68, 157-185. https://doi.org/10.1016/S0304-3878(02)00010-X.

BenDavid-Hadar, I. (2016). School finance policy and social justice. International Journal of Educational Development, 46, 166-174. https://doi.org/10.1016/J.IJEDUDEV.2015.10.003.

Fadila, R., Lutfiani, E., R, I., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. , 8, 81-88. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28997.

Luís, D., Intriago, R., & Cadenas, R. (2019). Direccionamiento curricular para atender las necesidades educativas especiales. Opuntia Brava, 11, 249-258.

Maulana, R. (2015). PENGARUH HUMAN CAPITAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI REGIONAL DI PROVINSI JAWA TENGAH. Economics Development Analysis Journal, 4, 159-165. https://doi.org/10.15294/EDAJ.V4I2.14818

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Jenjang Pendidikan Dasar dan Memengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA) Profil Pelajar Pancasila.

Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & R, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI). https://doi.org/10.31539/joeai.v4i1.2010.

Sari, Y. (2020). Administrasi Keuangan. . https://doi.org/10.31219/osf.io/f32z5.

Sanchez, O., Terlizzi, M., & Moraes, H. (2017). Cost and time project management success factors for information systems development projects. International Journal of Project Management, 35, 1608-1626. https://doi.org/10.1016/J.IJPROMAN.2017.09.007.

Trela, K., & Jimenez, B. (2013). From Different to Differentiated: Using “Ecological Framework” to Support Personally Relevant Access to General Curriculum for Students with Significant Intellectual Disabilities. Research and Practice for Persons with Severe Disabilities, 38, 117 - 119. https://doi.org/10.2511/027494813807714537.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utami, R., & Wutsqa, D. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis., 4, 166-175. https://doi.org/10.21831/JRPM.V4I2.14897.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i12.2023.5486-5496

Article Metrics

Abstract view : 1803 times
PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.