ETOS KERJA PEDAGANG MIE TEK-TEK SISTEM BAGI HASIL (PROFIT SHARING) DI KOTA PEKANBARU

Elvira Elvira, Rina Susanti

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada pedagang mie tek-tek sistem bagi hasil yang berada di Kota Pekanbaru dengan tujuan untuk mengetahui etos kerja pedagang dan kehidupan pedagang mie tek-tek sistem bagi hasil (profit sharing) di Kota Pekanbaru. Tinjauan dasar dalam penelitian ini menggunakan teori etos kerja dan teori orientasi nilai budaya. Untuk menjawab rumusan masalah, digunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling yang melibatkan 6 orang informan dengan rincian 5 orang informan utama dan 1 orang informan kunci. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat 6 indikator yang menentukan etos kerja pedagang, diantaranya yaitu semangat kerja, kejujuran dan tanggung jawab, disiplin kerja, keterampilan, motivasi, dan produktivitas dalam bekerja. Pedagang mie tek-tek memiliki semangat kerja yang berbeda-beda, jujur dan bertanggung jawab dalam mematuhi aturan dari pemilik usaha, disiplin waktu dalam bekerja, memiliki keterampilan bekerja, memiliki motivasi bekerja dari dalam diri maupun dari luar dirinya, dan produktivitas serta penghasilan antar pedagang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Kehidupan pedagang mie tek-tek sistem bagi hasil (profit sharing) dilihat dari hakikat hidupnya dalam bekerja. Pedagang memandang kehidupannya baik dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi dengan selalu menambah mutu karyanya dalam bekerja sehingga kehidupannya selalu berorientasi ke masa depan untuk pemenuhan nafkah hidup dan rencana perbaikan hidupnya sehingga untuk memperoleh hal tersebut pedagang selalu tunduk pada alam dan saling memiliki rasa ketergantungan terhadap sesama pedagang, pembeli, pemilik usaha, dan masyarakat sekitar untuk menjalani kehidupannya.


Keywords


Pedagang, Etos Kerja, Orientasi Nilia Budaya.

Full Text:

PDF

References


Hendraswati. (2016). Etos Kerja Pedagang Perempuan Pasar Terapung Lok Baintan Di Sungai Martapura Work Ethic Of Female Traders In Lok Baintan Floantin Market Martapura River. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(April), 97–116.

Indrawati. (2016). Sosiologi Ekonomi (Nurhamlin (ed.); 1st ed.). Alaf Riau.

Marzali, A. (2009). Antropologi dan Pembangunan Indonesia (1st ed.). Kencana Prenada Media Group.

Mawikere, M. C. S., & Hura, S. (2022). Konstruksi Teologi Kearifan Lokal Melalui Kajian Identitas Sosial, Kebutuhan Mendasar dan Orientasi Nilai Budaya Masyarakat Desa Teremaal di Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(2), 131–143. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP

Nadjib, M. (2013). Agama, Etika, dan Etos Kerja dalam Aktivitas Ekonomi Masyarakat Nelayan Jawa. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 21(2), 137–150.

Ramadhan, B. M., & Ryandono, M. N. H. (2015). Etos Kerja Islami Pada Kinerja Bisnis Pedagang Muslim Pasar Besar Kota Madiun. JESTT, 2(4), 274–287.

Rustiati Ridwan, I. (2016). Etos Kerja dan Kegairahan dalam Kehidupan Pembangunan Ekonomi. Jurnal Geografi Gea, 6(1). https://doi.org/10.17509/gea.v6i1.1728

Sayang Juliandi, R., Mardiana, & Tampubolon, D. (2021). Analisis Aspek Ekonomi dan Sosial Kota Pekanbaru Sebagai Kota Layak Huni. Jurnal Ekonomi Pembangunan Dan Ekonomi Syari’ah, 04(02), 1–15.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i3.2024.1003-1014

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.