PENGARUH KEMASAN, PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EMINA DI BATAM

Dira Amnah, Asron Saputra

Abstract


Industri kosmetik di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan semakin beragamnya produk kosmetik yang tersedia, baik merek impor maupun lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemasan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Emina di Batam, apakah promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian produk Emina di Batam, apakah citra merek mempunyai pengaruh atau tidak. berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Emina di Batam dan apakah kemasan, promosi dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian produk Emina di Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah pelanggan yang pernah menggunakan dan membeli produk Emina, belum diketahui jumlah pastinya. Sampel penelitian ini dihitung menggunakan rumus Jacob Cohen dan diperoleh 204 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemasan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina di Batam. Variabel Promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina di Batam. Citra merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina di Batam. Variabel kemasan, promosi dan citra merek secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian produk Emina di Batam sebesar 78,4%, sedangkan sisanya sebesar 21,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.


Keywords


Kemasan, Promosi, Citra Merek dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Calvary, T., & Syahrinullah, S. (2023). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Merek “NIKE” dikota Jepara. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 151–160.

Dayanti, R. M. A., Soeparto, A. W. H., & Sunu, D. (2022). Pengaruh Kemasan Dan Lokasi Usaha Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Bisnis Rintisan Sesari Base. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 6(5), 439–444. https://doi.org/10.37715/jp.v6i5.2170

Fatimah, H. N., & Nurtantiono, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 106–113. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2330

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9.

Ginting, F. R. (2022). PENGARUH KEMASAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SCARLETT WHITENING ( Studi kasus pada toko WN kosmetik Medan ). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Medan Area.

Habibah, Hamdani, I., & Lisnawati, S. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi pada Perempuan Muslim di Kota Bogor). Iqtishoduna, 7(2), 233–261.

Juniyanto & Saputra. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Frozen Food Di Kota Batam.

Produk, P. K., Dan, I. P., & Ernawati, D. (2019). PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK. 7, 17–32.

Runtu, J. R., Kandiawan, W. A., Wirakusuma, M. M. S., & Hendriana, E. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN GENERASI MILENIAL TERHADAP E-MARKETPLACE. Pengaruh Promosi Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Pada Kedai Kopi Kala Senja Kopi Galuh Mas Karawang, 9(1), 348–362.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i3.2024.905-915

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.