PERAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA TANJUNG BELIT KABUPATEN KAMPAR

Yolanda Safitri, T. Romi Marnelly

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tanjung Belit Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Pokdarwis dalam pengembangan dan kendala Pokdarwis dalam menjalankan perannya untuk mengembangkan Desa Wisata Tanjung Belit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil 5 orang informan yaitu anggota Pokdarwis dan 2 orang key informan Kepala Desa Tanjung Belit dan Niniak Mamak. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling serta menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Pokdarwis dalam mengembangkan Desa Wisata Tanjung Belit sesuai dengan tujuan dan fungsi dibentuk Pokdarwis Desa Tanjung Belit. Adapun peran Pokdarwis dalam mengembangkan Desa Wisata Tanjung Belit yaitu a) meningkatkan pemahaman kepariwisataan,b) Meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata c) meningkatkan nilai manfaat kepariwisataan bagi masyarakat dan anggota pokdarwis d) mensukseskan pembangunan kepariwisataan e) sebagai penggerak Sapta Pesona di lingkungan destinasi wisata.Hambatan Pokdarwis dalam menjalankan perannya untuk mengembangkan Desa Wisata Tanjung Belit yaitu hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal muncul dari Pokdarwis sendiri karena kurangnya keterampilan dan pemahaman terkait menjalankan perannya sebagai Pokdarwis dan menjadi anggota Pokdarwis merupakan bukan pekerjaan utama meraka. Hambatan eksternal yaitu berasal dari pengunjung dan dari pemerintah desa dalam memberikan dukungan materi.


Keywords


Peran, Pokdarwis, Pengembangan Desa Wisata

Full Text:

PDF

References


Anggraeny, Y. M. (2019). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sonokeling Dalam Pengembangan Wisata Basecamp Gunung Tanggamus. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Friedman, M. (2019). Pengertian Peran Dan Konsep Teori Peran. Konsep Dan Pngertian Peranan, 3, 19–39. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/17162/2/T2_752015016_BAB II.pdf

Purnomo, S. (2017). Objek Wisata Air Terjun Batu Dinding Diresmikan, Hutan Larangan Adat Dicanangkan. https://eljohnews.com//objek-wisata-air-terjun-batu-dinding-diresmikan-hutan-larangan-adat-dicanangkan/

Reza et al., (2020). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Pengembangan Objek Wisata Sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat (Studi Di Wisata Alam Otak Aik Tojang Dusun Gelogor Desa Lendang Nangka). Bussiness Law Binus, 7(2), 33–48.

Soerjono, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i2.2024.805-810

Article Metrics

Abstract view : 363 times
PDF - 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.