PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI 08 KEPAHIANG

Alka Kianda, Ismi Fenty Nopriyani, Amrullah Amrullah, Deri Wanto

Abstract


Motivasi belajar siswa memiliki peran utama dalam keberhasilan proses pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya guru di SD Negeri 08 Kepahiang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, seperti kualitas pengajaran, dukungan orang tua, dan minat siswa, diidentifikasi sebagai landasan untuk menggambarkan upaya guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di sekolah ini telah menerapkan metode pembelajaran interaktif, memberikan umpan balik konstruktif, dan melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran. Melalui penerapan strategi ini, siswa menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan aktif dan minat terhadap pembelajaran. Penggunaan metode interaktif membantu meningkatkan keterlibatan siswa, sementara umpan balik konstruktif memberikan dorongan positif. Keterlibatan orang tua menciptakan dukungan tambahan di lingkungan rumah, mendukung dan memperpanjang motivasi belajar siswa di luar kelas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, karena segala sesuatu yang diteliti diperoleh dari (library research) perpustakaan.Penelitian ini menggunakan data dari makalah, jurnal, bahkan manuskrip yang ada hubungannya dengan masalah dalam penelitian ini sebagai sumber datanya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam penelitian ini dilandasi oleh nilai-nilai karakter yang bersumber dari agama, pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional yaitu religius, jujur, toleran, disiplin, pekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, menghargai prestasi. , ramah/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 08 Kepahiang.


Keywords


Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, Peserta Didik, Pendidikan Agama Islam.

Full Text:

PDF

References


Adha, Manis Kiptiawati dan Darmiyanti, Astuti. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 917-924.

Ainiyah, Nur dan Wibawa, Nazar Husain Hadi Pranata. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25-38.

Amin, Arif dan Fitri, Vinesha. 2019. “Kontribusi Pendidikan Karakter Dalam Sistem Pendidikan Nasional”. Eduprof: Islamic Education Journal, 1(1), 1-28.

Aminuddin, dkk. 2006. Membangun Karakter Dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anwar, Syaiful. 2016. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa”. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7, 157-159.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Azzet, Akhmad Muhamimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Darwis, Amri. 2016. “Redefinisi Pendidikan Agama Islam Dalam Terang Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, 17(3), 383-398.

Fitri, Sofia Ratna Awaliyah dan Tantowie, Tanto Aljauharie. 2016. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Quran Surah Al-An’am Ayat 151-153 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Analisis terhadap Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Az-Zuhaili)”. Tarbiyah al-Aulad, 1(1), 81-98.

Hakim, Ihsan Nul, dkk. 2009. Metodologi Penelitian. Curup: LP2 STAIN Curup.

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jailani, Ani. 2019. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa”. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 257-264.

Kosim, Muhammad. 2020. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah”. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88-107.

Maunah, Binti. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa”. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90-101.

Nafiah, Fitriani, dkk. 2015 “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam PAI Di SDIT Luqmanul Hakim Bandung”. Tarbawy, 2(1), 25-32.

Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Putra, Ahmad, and Prasetio Rumondor. "Rasulullah Sebagai Konselor Proffesional." Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 8.2 (2019): 92-112.

Putra, Nusa. 2011. Research & Development Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Rosyad, Ali Miftakhu. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Muhammadiyah Di Kabupaten Indramayu”. Al-Afkar: Journal for Islamic Studies, 4(1), 1-21.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Solehat, Titin Lestari dan Ramadan, Zaka Hadikusuma. 2021. “Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, 5(4), 2270-2277.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunarso, Ali. 2020. “Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budaya Religius”. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 155-169.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Tabroni, I., & Qutbiyah, S. M. (2022). Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Plus Al-Hidayah Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(3), 353-360.

Waluyo, B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(02), 229-250.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, Muhammad. 2020. “Implementasi Karakter Disiplin dalam Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi PAI di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah”. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 49-60.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i2.2024.522-532

Article Metrics

Abstract view : 334 times
PDF - 331 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.