MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI KELAS XI IPS 5 SEMESTER I SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI

Dra Sutrisna, M.Pd.I

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi, siswa banyak yang tidak tuntas dalam ulangan siswa banyak yang menyontek Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM.) tidak tercapai.. Faktor penyebabnya siswa tidak aktif dalam pembelajaran, jenuh dengan model yang selama ini digunakan metode ceramah, metode diskusi sangat sedikit dilakukan siswa yang aktif bertanya, menjawab pertanyaan dari guru, kerjasama diantara siswa, dalam pemecahan masalah sangat kurang sehingga hasil belajar siswa rendah, terlihat dari rata-rata nilai ulangan harian kelas XI IPS pada semester ganjil hanya 60,  ketuntasan kelas 46 %, siswa yang bekerjasama dalam pemecahan masalah hanya 23 %. Siswa bertanya, menjawab pertanyaan  tentang materi hanya 24 %,  KKM  untuk kelas XI IPS adalah 68,. Penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sosiologi melalui penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe  Students Teams Achievement Divitions(,STAD) Model pembelajaran kooperatif tipe STAD menuntut siswa untuk dapat bekerjasama dalam kelompok dan bertanggungjawab terhadap keberhasilan kelompoknya. memotivasi siswa menjadi aktif dan terlibat dalam kerjasama kelompok dalam pemecahan masalah belajar. khususnya materi kelompok sosial kompetensi dasar “memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologis” .di kelas XI IPS5 Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA Negeri 5 Kota Jambi dengan subyek 37 orang siswa yang menfokuskan aktivitas dan hasil belajar siswa pada proses keterlaksanaan dan hasilnya.

Berdasarkan pengamatan aktivitas siswa dalam tanya jawab masih rendah. 26 % dan aktivitas siswa dalam melaksankan diskusi 25%  dari jumlah siswa 40 orang. Sebagian siswa mempelihatkan sikap tidak peduli dan banyak yang hanya melamun waktu diskusi.kelompok siswa tidak berani bertanya dan menjawa,.dari hasil ulangan harian prestasi belajar hanya 42 % yang tuntas mencapai KKM Nilai rata rata siswa 58.  Penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction, di kelas XII IPS 7 Semester I SMA Negeri 5 Kota Jambi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi dan analisis data yang dilakukan diperoleh kategori aktivitas siswa pada siklus I baik pada siklus II kategori Amat baik..  Pelaksanann pembelajaran berjalan lancar siswa bersemangat ketika berdiskudi dan bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan. % ketuntasan kelas siklus I sebesar 67,50 %. Siklus II sebesar 95 % hasil belajar siswa siklus I  78,50. pada siklus II meningkat menjadi 91,25 sudah sesuai dengan harapan. Siswa yang tidak tuntas turun siklus I 13 orang siklus II yang tidak tuntas 2 orang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sosiologi siswa di kelas XII IPS 7  Semester I SMA Negeri 5 Kota jambi


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Aktivitas, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi.1989. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. PT binaaksara

Arikunto, Suharsimi.2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara

Dimyati, Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah. 2002. Strategi Belajar mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Ekawarna. Penelitian tindakan Kelas. 2009. Jakarta : Gaung Persada Press

Hamalik, 2004. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan sistem ,Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar . Jakarta. Bumi Aksara.

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta. Depdikbud

Ibrahim, M. Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. University Press

Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Maryati,Kun , Juju Suryawati.2014. Sosiologi Untuk SMA dan Ma kelas XI Kurikulum 13. Jakarta: Esis

Nurasma. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang. Depdiknas

Nurhadi. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Grasindo.

Sardiman. 2001. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta. Grafindo

Slameto. 2003. Proses Belajar Mengajar Dalam Kredit Semester. BumiAksara. Jakarta.

Soedjadi. 2000. “Nuansa Kurikulum Matematika Sekolah Di Indonesia”. Bandung Dalam Majalah IlmiahH impunan Matematika Indonesia (Prosiding Konperensi Nasional Matematika X ITB, 17-20 Juli 2000)

Sudjarwo. 2005. Bahan Ajar Mata Kuliah Penelitian Kaji Tindak / Penelitian Tindakan Kelas Program Akta IV. Bandar Lampung.Universitas Lampung

Tim Penyusun. 2007. Pedoman Penulisan Karya Ilmiyah. Lampung. Penerbit UPT PercetakanUniversitas Lampung

Tirtarahardja, Umar danS.L.LaSulo. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipt




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v6i3.2019.570-583

Article Metrics

Abstract view : 243 times
PDF - 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.