STRATEGIC EVENT PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE KUSUMA KOSMETIKA

Diana Amalia, Febe Valencia Elisabet, Kathlyn Kathlyn

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat memahami strategic event public relations dari Kusuma Kosmetika yaitu salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produk makeup lokal yang vegan dan sustainable. Teori yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini ialah berbagai teori public relations dan brand image, karena kaitannya dengan strategi yang digunakan Kusuma dalam membangun citranya ditengah masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah public relations dari Kusuma dan founder Kusuma. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara in-depth interview dan observasi non partisipan. Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana dan apa saja strategic event yang digunakan public relations Kusuma Kosmetika melibatkan dan membangun hubungan followers, serta narasi-narasi yang diangkat sebagai brand identity Kusuma telah membangun brand image yang positif.


Keywords


Public relations, brand image, strategic event.

Full Text:

PDF

References


Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.

Wibowo, N., Suswandari, M., & Widyastuti, E. (2022). Strategi Pembelajaran Daring Melalui Zoom Meeting. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 150-158.

Sari, A. J., Udayana, I. B. N., & Cahya, A. D. (2022). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 308-327.

Filayly, T. N., & Ruliana, P. (2022). Strategi Public Relations dalam Memulihkan Citra Perusahaan. PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 32. https://doi.org/10.25008/parahita.v3i1.76

Gamaliel, F., & Pribadi, M. A. (2023, September). Strategi yang Dilakukan Public Relations dalam Membangun Brand Image (Studi Kasus Brand Kosmetik Syca). Vol. 2 No. 3 (2023): Kiwari, VOL. 2(3), 481.

Fatmala. (2018). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(4), 1455– 1466.

Sangadji, E. M., & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI.

Izzati, R. R. (2019). Pengaruh Perceived Quality Dan Brand Image Terhadap Brand Trust Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 15-24.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i1.2024.418-424

Article Metrics

Abstract view : 310 times
PDF - 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.