PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 0104 SIBUHUAN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 0104 Sibuhuan berjumlah 28 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 15,25 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 21,15 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 18,25 dengan kategori baik (2) persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 28,10% dengan kualifikasi tidak tuntas, pada siklus II sebesar 40,12% dengan kualifikasi tidak tuntas dan pada siklus III sebesar 88,02% dengan kualifikasi tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Cooperative Learning tipe NHT dengan media CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV.
Article Metrics
Abstract view : 313 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.