PERSONAL BRANDING PUTRI TANDJUNG SEBAGAI PEMIMPIN PEREMPUAN DALAM AKUN INSTAGRAM @PUTRI_TANJUNG

Asima Oktavia Sitanggang

Abstract


Peranan perempuan dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam membangkitkan ekonomi nasional khususnya pasca pandemi COVID-19. Penelitian ini menyoroti bagaimana personal branding Putri Tanjung, seorang tokoh berpengaruh di Indonesia, dapat memberikan motivasi yang mendukung pengikutnya untuk bangkit. Penelitian mengadopsi pemikiran Motoya dan Vandehey dalam menganalisa delapan konsep pembentukan personal branding pada tiga elemen utama you, promise dan relationship. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode analisis konten pada Instagram @putri_tanjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Putri Tanjung memiliki spesialisasi yang mumpuni di bidang enterpreneuship, kepemimpinan yang yang tegas dan tenang, kepribadian yang baik, keunikan yang sederhana, konsistensi dalam memajukan inovasi UMKM, memiliki lingkungan kehidupan pribadi yang positif, teguh dalam cita-citanya membangun perempuan Indonesia dan mendapat pengakuan positif dari para pengikutnya. Kehadiran Putri Tanjung dengan kepemimpinan perempuan sebagai personal brandingnya telah menginspirasi dan memberikan kontribusi positif dalam membangkitkan semangat kewirausahaan dan inovasi di tengah-tengah masyarakat.


Keywords


kepemimpinan Perempuan, personal branding, Instagram.

Full Text:

PDF

References


Afriyadi, Achmad Dwi. (2019). Putri Tanjung Berbagi TIos Bangun Personal branding, Yuk Simak!. 8 September. Detik Finance. Diakses pada 23 Oktober 2023.

Agustina, Susanti. (2020). Perempuan Berdaya Melalui Media Sosial. Kompas.Id. 21 Desember. https://www.kompas.id/baca/riset/2020/12/21/perempuan-berdaya-melalui-media-sosial/ Diakses pada 23 Oktober 2023.

Kahkonen, Satu. Peranan Perempuan dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia. World Banks Blogs. 8 Maret. https://blogs.worldbank.org/id/eastasiapacific/peranan-perempuan-dalam-pemulihan-ekonomi-indonesia. Diakses pada 23 Oktober 2023.

Trihusodo, Putut. (2021). Kontribusi Ekonomi Kaum Perempuan untuk Negeri. Indonesia.Go.Id. 22 April. https://indonesia.go.id/kategori/feature/2715/kontribusi-ekonomi-kaum-perempuan-untuk-negeri#:~:text=Di%20Indonesia%2C%20peranan%20perempuan%20dalam%20perekonomian%20semakin%20hari,ialah%2061%25.%20Pada%20bidang%20investasi%2C%20kontribusi%20perempuan%2060%25. Diakses pada 23 Oktober 2023.

Utami, Anindya. (2020). Mengenal Putri Tanjung, Pengusaha Muda Inspiratif yang Jadi Ikon Milenial. Investing.com. 10 Februari. https://id.investing.com/news/economy/mengenal-putri-tanjung-pengusaha-muda-inspiratif-yang-jadi-ikon-milenial-1957131. Diakses pada 23 Oktober 2023

Ahmad, Alfira Aulia. (2021). Representasi Makna Motivasi Dalam Personal branding Putri Tanjung Di Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Chang, Chia Yu. 2014. Visualizing Brand Personality And Personal branding: Case Analysis On Starbucks And Nike’s Brand Value Co-Creation On Instagram. A thesis submitted in partial fulfillment of the

Hartono, Rudi. (2021). Kepemimpinan Perempuan Di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol. 1 No. 1 Maret 2021. E-ISSN : 2774-9975

Murtopo, Bahrun A. (2019). Peranan Perempuan dalam Media Sosial. Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial. 2(2):14-24. DOI:10.33507/cakrawala.v2i2.51

Peters, Tom. (1997). The Brand Called You. http://www.fastcompany.com/magazine/10/brandyou.html. Diakses pada 23 Oktober 2023.

Prawira, R. Yogie, Asep Suryana dan Hadi Suprapto Arifin. (2022). Personal branding Ridwan Kamil dalam program Gerakan Pungut Sampah. Jurnal Manajemen Komunikasi, Volume 6, No. 2, April 2022, hlm. 163-182.

Ridaryanthi, Melly. Motivational Young Entrepreneur’s Personal branding on Instagram: A Modest Crazy Rich Asian. International Journal of Current Science Research and Review. ISSN: 2581-8341. Volume 05 Issue 10 October 2022 DOI: 10.47191/ijcsrr/V5-i10-04, Impact Factor: 5.995 IJCSRR @ 2022

Setianti, Y. (2016). Pemanfaatan media sosial dalam implementasi model komunikasi kesehatan reproduksi remaja. Komunikatif: Jurnal Ilmiah Komunikasi. Vol. 5 No.1, 1-24.

Sitanggang, Asima O. dan Imaddudin. (2022) Representasi Pemimpin Wanita Melalui Visual Branding @ElevateWoman. Vol 4 No 1 (2022): Maret 2022. DOI: https://doi.org/10.31599/komaskam.v4i1.1135

Arikunto, Suharsimi. (2001). Manajemen Penelitian. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Haroen, Dewi. (2014). Personal branding:Kunci Kesuksesan Berkiprah di Dunia Politik. Jakarta: Gramedia.

Idrus, M. (2009). Metode penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT. Gelora Akasara Pratama.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Montoya, Peter. (2002). The Personal branding Phenomenon. Vaughan Printing. Nashville.

Nasrullah, Rulli (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi Budaya dan Sosioteknologi, Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Rakhmat, J. (2009). Metode penelitian komunikasi dilengkapi contoh analisis statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rampersad, H. K. (2008). Authentic personal branding. Jakarta: PPM Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i11.2023.5178-5191

Article Metrics

Abstract view : 515 times
PDF - 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.