PENGARUH BUDAYA MARITIM TERHADAP KEMAJUAN MASYARAKAT PESISIR BANYUWANGI DALAM MENDUKUNG KEAMANAN NASIONAL

Priska Bungaran Patandianan, Abdul Rivai Ras, Pujo Widodo, Herlina Juni Risma Saragih, Panji Suwarno

Abstract


Jurnal ini membahas tentang pengaruh budaya maritim terhadap kemajuan masyarakat pesisir di Kabupaten Banyuwangi. Dalam memajukan daerahnya, pemerintah kabupaten Banyuwangi memanfaatkan budaya maritim untuk mengoptimalkan sumber daya terutama potensi perikanan tangkap dan keamanan maritim. Penulis menggunakan metode penelitian data sekunder untuk mengumpulkan informasi dari publikasi, jurnal ilmiah, buku, laporan, dan sumber daya internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya maritim memiliki peran signifikan untuk mendukung keamanan nasional Indonesia yang mengacu pada keseimbangan antara NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945 dan peran pembangunan nasional dalam mencapai tujuan nasional. Inti pemanfaatan budaya maritim adalah kolaborasi masyarakat pesisir dan nelayan di kabupaten Banyuwangi bersama aparatur yang berwenang di laut secara langsung, dan secara bersama-sama  mendukung keamanan maritim di suatu wilayah. Pemerintah Banyuwangi telah mengimplementasikan beberapa kebijakan yang mengkolaborasikan budaya maritim bertujuan untuk mendukung poros maritim dunia. Pencapaian-pencapaian Pemerintah Kabupaten Banyuwangi merupakan wujud nyata Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam mendukung keamanan nasional Indonesia melalui implementasi kebijakan yang bersumber pada UUD 1945 yang dikolaborasikan dengan budaya maritim dan pemberdayaan masyarakat pesisir. 


Keywords


Budaya maritim, masyarakat pesisir, Banyuwangi, keamanan nasional

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Kabupaten Banyuwangi.

Bueger Christian. (2015). What’s maritime security ?. Elsevier. 53 (3) : 159-164.

Hanggarini Peni, M. Adnan Madjid, Anak Agung Banyu Perwita, & Surya Wiranto. (2022). Budaya Maritim dan Diplomasi Maritim untuk Kepentingan Nasional. Indonesian Perspective. 7 (2) : 164-179.

Huda Tian Fitriara, Akhmad Touwil Firdaus. (2022). Tantangan Masyarakat Maritim Pasca Tsunami Di Pesanggaran Desa Pesanggaran Banyuwangi. FKIP UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI SEMINAR NASIONAL Pendidikan Budaya dan Sejarah “Dibalik Revitalisasi Budaya”. Hal 122-127.

Hudaya Maula. (2022). Konsep, Strategi, dan Realita Poros Maritim Dunia: Sebuah Resensi Buku. Indonesian Perspective. 7 (2) : 250- 255.

Kementerian Pertahanan RI. (2015). Buku Putih Pertahanan Indonesia.

Marsetio. (2014). Sea Power Indonesia. Jakarta. Universitas Pertahanan RI Press.

Pardosi Anthony Septian. (2016). Potensi dan prospek indonesia menuju poros maritim. eJournal Ilmu Hubungan Internasional. 4 (1) : 017-026.

Zattullah Nour, Ichsan Malik, & Eri Radityawara Hidayat. (2022). Analisis Kebijakan Keamanan Nasional Indonesia Ditinjau Dari Kelembagaan dan Perkembangan Ancaman. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 22(1) : 120-125.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i11.2023.5027-5033

Article Metrics

Abstract view : 644 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.