UPAYA DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI SEKOLAH DAN PEMBENTUKAN MORAL SISWA PADA SMP AL-HIDAYAH MEDAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh SMP Al-Hidayah Medan dalam mempertahankan eksistensinya, khususnya dalam hal pembentukan moral siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah SMP Al-Hidayah Medan menghadapi berbagai kendala dalam pembentukan moral siswa, kendala yang dihadapi seperti kurangnya perhatian dari orang tua terhadap anak karena berlatar belakang keluarga yang broken home, lingkungan keluarga yang kurang stabil, dan masalah ekonomi. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa sekolah mengalami penurunan jumlah siswa pada ajaran baru setiap tahun. Namun, tantangan terbesar yang dihadapi sekolah SMP Al-Hidayah Medan adalah mencari siswa baru yang mau bergabung dan sekolah juga sudah berusaha untuk menarik minat siswa baru dengan mempromosikan sekolah melalui media sosial atau membagikan brosur sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Advisory Group on Citizenship, & Crick, B. (1998). Education for citizenship and the teaching of democracy in schools: fi nal report of the advisory group on citizenship. London: Qualifications and Curriculum Authority.
Blog, G. (2023). Memahami Apa Itu Nilai Moral Hingga Jenis-Jenisnya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/nilai-moral/
Fauzi, A., & dkk. (2022). Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Pena Persada Redaksi.
Nainggolan, A., Pardede, L., Siahaan, M., & Lestari, D. (2023). Peran Guru Ppkn Dalam Menanamkan Kesadaran Moral Siswa Kelas VII di SMP Swasta Imelda Medan. 1(4).
Pratiwi, R., & Trisiana, A. (2020). Pentingnya Peran Guru PKn dalam Membangun Moral Anak Bangsa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2).
Widianti, N. (2014). Peran Guru Pkn..., Nurul Widianti, Fkip Ump 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i11.2023.4956-4960
Article Metrics
Abstract view : 327 timesPDF - 133 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.