PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DOKUMENTER DALAM MEMAKNAI NILAI-NILAI KEBANGKITAN NASIONAL DIKALANGAN PELAJAR

Nurul Febriyani Harahap, Febri Ana, Salsabila Balqis Siregar, Siti Arini Shiyami Rahmah, Jamaludin Jamaludin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa video dokumenter dalam memaknai nilai-nilai kebangkitan nasional dikalangan pelajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas VII berjumlah 30 siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Swasta An-Nizam Medan. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi dan wawancara. Dalam melakukan analisis data peneliti menggunakan pendekatan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran video dokumenter ini membuat siswa dapat memaknai nilai-nilai kebangkitan nasional dan dapat menarik perhatian siswa untuk belajar dengan semangat.

Keywords


Media, video dokumenter, nilai-nilai kebangkitan nasional

Full Text:

PDF

References


Faishol, R., Muttaqin, A. I., & Prayogie, M. A. F. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Film Dokumenter Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VIII C di Mts Kebunrejo Genteng Banyuwangi. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5(1), 040-054.

Saufi, I. A. M., & Rizka, M. A. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 55-59.

Suryandari, S., Sunarno, W., & Soeparmi, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Dokumenter Berbasis Inkuiri Terbimbing Berorientasi Pada Motivasi Belajar Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 85-94.

Rahmawati, N. D., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sma Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(1), 17–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i1.5579

Minsih, & D, A. G. (2018). Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasat, Vol 5, no, 192–210. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a6

Saufi, I. A. M., & Rizka, M. A. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 55. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3626

Mulyanta. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar. 11 Januari 2022. https://btkp-diy.or.id/artikel/penggunaan-media-pembelajaran-dalam-proses-belajar-mengajar




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i11.2023.4894-4898

Article Metrics

Abstract view : 1385 times
PDF - 842 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.