PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Cut Wina Adila, Edi Fitriana Afriza, Rd. Roro Suci Nurdianti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan di SMAN 1 Manonjaya yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan metode eksperimen dengan jenis eksperimen semu, desain penelitian menggunakan desain non equivalent control group design, Teknik pengumpulan data melalui test uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 1 Manonjaya pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 3 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel menggunakan Teknik nonprobability sampling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media video dengan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi konsep perdagangan interasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media video dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perdagangan internasional, dimana Ha diterima jika nilai sig.(2- tailed) ≤0.05 dan berdasarkan penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model problem based learning berbantuan media video dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords


Problem Based Learning, Kontekstual, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Afrizon, R., Ratnawulan, dan Fauzi, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTSN Model Padang pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(22),1 16.

Arifin, M. (2016). Analisis Efektivitas Sistem Akuntansi Pemerintahan pada Instansi Pemerintah Kabupaten/Kota. Jurnal Dinamika Akuntansi, 8(2), 142–151.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rinneka Cipta.

Duwi Priyatno. (2017). Panduan Praktis Olah Data Menggunakan SPSS (Ratih Indah Utami (ed.); 1st ed.).Penerbit ANDI

Hardani, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Khotimah, K. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning dengan pendekatan kontekstual Pada materi bangun ruang sisi data siswa kelas VIII. EDUSCOPE, 24–29.

Linda Zakiah, M. d. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: ERZATAMA KARYA ABADI.

Sandu Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Prof.Dr.Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i11.2023.5224-5231

Article Metrics

Abstract view : 995 times
PDF - 722 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.