RESISTENSI UMKM PADA MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pelaku UMKM untuk tetap dapat resisten dalam menghadapi depresiasi ekonomi akibat covid 19. Penelitian ini akan mendeskripsikan secara mendalam inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh umkm dalam memasarkan produknya selama wabah corona melanda. dampak ekonomi yang dirasakan oleh pelaku usaha umkm akibat virus corona. Penelitian ini juga akan mengkaji dampak yang ditimbulkan atas inovasi pemasran yang sudah dilakukan pelaku usaha umkm terhadap usahanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebar melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Covid 19 mempengaruhi praktik pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha kecil menengah. Praktik pemasaran yang dilakukan beralih menggunakan metode online dikarenakan adanya physical distancing atau sosial distancing. Secara umum Covid 19 telah menurunkan omset penjualan usaha mikro kecil menengah secara proposional, namun terdapat pula beberapa sektor usaha yang tetap konsisten dan bahkan mengalami peningkatan. Resistensi pelaku usaha mikro kecil menengah sangat tinggi dalam menghadapi wabah covid 19. Hal ini dikarenakan besarnya keyakinan para pelaku usaha mikro kecil menengah akan tetap bertahan hingga bulan September.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, Muhammad Iqbal. 2015. Pengaruh Inovasi Produk dan Media Sosial Terhadap Brand Awareness Pada Merek Lokal Sepatu Kulit Di Bandung. Jurnal Indonesia Membangun 14 (3). 169-187
Cannon, Joseph P., William D. Perreault dan Jerome McCarthy. 2008. Pemasaran Dasar-Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.
Cheng, H.; Hammar, L. (2004), Cellular Microbiology, Singapore: World Scientifis Publishing Co. Pte. Ltd., ISBN 981-238-614-9
Carter, JB.; Saunders, VA. (2007), Virology: Principles and Applications, England: John Wiley & Sons, Ltd., ISBN 978-0-470-023860-0
David, F.R, 2006. Manajemen Strategis (Terjemahan). PT. Indeks. Jakarta. Dinas Perindagkop, 2008. Data Usaha Mikro Kecil menengah. Dinas Perindagkop. Bogor.
Kasali, R. 2007. Membidik Pasar Indonesia : Segmentasi Targeting Positioning. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Edisi Milenium. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Jakarta:Erlangga
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-12. Jakarta:Erlangga
Marsudi, E. 2003. Analisis Pengambilan Keputusan Strategi Bauran Pemasaran Minyak Goreng Sawit Cap Sendok pada PT. Astra Agro Lestari, Tbk. Skripsi pada Jurusan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Insstitut Pertanian Bogor. Bogor.
Morina, B.S. 2004. Analisis Strategi Pemasaran Kecap Cap Banteng. Skripsi pada Departemen Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT:Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Saladin, D. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. CV. Linda Karya. Bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke 15. Bandung:Alfabeta
Simatupang, Y. 2007. Perancangan Strategi Pemasaran Dengan Metode Proses Hirarki
Widiana, Muslichah Erma. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran. Bandung:Karya Putra Darwati
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3655-3668
Article Metrics
Abstract view : 132 timesPDF - 67 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.