RESISTENSI UMKM PADA MASA PANDEMI COVID 19

Wulan Dayu, Syahrial Hasanuddin Pohan, Nurul Aswaliyah Hasibuan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pelaku UMKM untuk tetap dapat resisten dalam menghadapi depresiasi ekonomi akibat covid 19. Penelitian ini akan mendeskripsikan secara mendalam inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh umkm dalam memasarkan produknya selama wabah corona melanda.  dampak ekonomi yang dirasakan oleh pelaku usaha umkm akibat virus corona. Penelitian ini juga akan mengkaji dampak yang ditimbulkan atas inovasi pemasran yang sudah dilakukan pelaku usaha umkm terhadap usahanya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang disebar melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Covid 19 mempengaruhi praktik pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha kecil menengah. Praktik pemasaran yang dilakukan beralih menggunakan metode online dikarenakan adanya physical distancing atau sosial distancing. Secara umum Covid 19 telah menurunkan omset penjualan usaha mikro kecil menengah secara proposional, namun terdapat pula beberapa sektor usaha yang tetap konsisten dan bahkan mengalami peningkatan. Resistensi pelaku usaha mikro kecil menengah sangat tinggi dalam menghadapi wabah covid 19. Hal ini dikarenakan besarnya keyakinan para pelaku usaha mikro kecil menengah akan tetap bertahan hingga bulan September.


Keywords


UMKM, Resistensi, Covid 19

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Muhammad Iqbal. 2015. Pengaruh Inovasi Produk dan Media Sosial Terhadap Brand Awareness Pada Merek Lokal Sepatu Kulit Di Bandung. Jurnal Indonesia Membangun 14 (3). 169-187

Cannon, Joseph P., William D. Perreault dan Jerome McCarthy. 2008. Pemasaran Dasar-Dasar: Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Cheng, H.; Hammar, L. (2004), Cellular Microbiology, Singapore: World Scientifis Publishing Co. Pte. Ltd., ISBN 981-238-614-9

Carter, JB.; Saunders, VA. (2007), Virology: Principles and Applications, England: John Wiley & Sons, Ltd., ISBN 978-0-470-023860-0

David, F.R, 2006. Manajemen Strategis (Terjemahan). PT. Indeks. Jakarta. Dinas Perindagkop, 2008. Data Usaha Mikro Kecil menengah. Dinas Perindagkop. Bogor.

Kasali, R. 2007. Membidik Pasar Indonesia : Segmentasi Targeting Positioning. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran (Terjemahan). Edisi Milenium. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Jakarta:Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-12. Jakarta:Erlangga

Marsudi, E. 2003. Analisis Pengambilan Keputusan Strategi Bauran Pemasaran Minyak Goreng Sawit Cap Sendok pada PT. Astra Agro Lestari, Tbk. Skripsi pada Jurusan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Insstitut Pertanian Bogor. Bogor.

Morina, B.S. 2004. Analisis Strategi Pemasaran Kecap Cap Banteng. Skripsi pada Departemen Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT:Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Saladin, D. 2003. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. CV. Linda Karya. Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke 15. Bandung:Alfabeta

Simatupang, Y. 2007. Perancangan Strategi Pemasaran Dengan Metode Proses Hirarki

Widiana, Muslichah Erma. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran. Bandung:Karya Putra Darwati




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3655-3668

Article Metrics

Abstract view : 241 times
PDF - 100 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.