PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA CIMAHI

Heru Suwandi, Sahromi Sahromi, Eviana Widiati

Abstract


Manusia sebagai makhluk sosial memiliki naluri untuk bersosialisasi, bekerja sama, dan membutuhkan keberadaan manusia lain. Organisasi menjadi wadah yang penting untuk memfasilitasi interaksi sosial dan kerja sama di antara individu-individu. Dalam sebuah organisasi, terdapat kelompok orang yang bekerja sama dengan adanya pemimpin yang bertanggung jawab dalam mengarahkan bawahannya menuju pencapaian tujuan bersama. Setiap organisasi memiliki ciri khas yang membedakannya dari organisasi lain, dan ciri khas tersebut dikenal sebagai budaya organisasi. Budaya organisasi merupakan identitas yang membentuk pola pikir, nilai-nilai, dan perilaku yang ada di dalam organisasi. Budaya organisasi memiliki peran yang signifikan dalam mempengaruhi kinerja pegawai. Melalui lingkungan kerja yang kaya dengan nilai-nilai budaya yang positif, organisasi dapat memotivasi pegawainya untuk memberikan pelayanan terbaik dan memanfaatkan kesempatan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja pegawai di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik analisis statistik digunakan, termasuk analisis regresi, korelasi, determinasi, dan uji hipotesis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 karyawan Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Persamaan regresi menunjukkan bahwa kinerja karyawan (Y) dapat dijelaskan oleh budaya organisasi (X), dengan persamaan regresi Y = 5,799 + 0,908X. Selain itu, nilai koefisien korelasi sebesar 0,931 menunjukkan hubungan yang kuat antara budaya organisasi dan kinerja karyawan, dengan tingkat determinasi sebesar 86,8%. Uji hipotesis juga menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dalam kesimpulannya, penelitian ini mengonfirmasi bahwa budaya organisasi memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja pegawai di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup.


Keywords


Budaya Organisasi, Kinerja Pegawai, Manusia

Full Text:

PDF

References


Andika, R. (2021). Penguatan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pegawai Universitas Pembangunan Pancabudi Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 9-17.

Arifudin, A., Brasit, N., & Parawansa, D. (2018). Pengaruh Pemberdayaan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(3), 15-36.

Fahrizi, F. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Bukit Kemuning Di Lampung Utara. Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS), 4(2), 17-26.

Jannah, F. R. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Kementerian Agama Kantor Kota Bandung (Skripsi, Perpustakaan).

Khalili, I. (2016). Proses Sosialisasi Budaya Organisasi Study Deskriptif Kualitatif Pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat (Skripsi, Perpustakaan).

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muis, M. R., Jufrizen, J., & Fahmi, M. (2018). Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 1(1), 9-25.

Muqaffi, A. (2017). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Proses Rekrutmen Batch 3 Mahar Agung Organizer. (Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Novita, A. J. M., & Hidayat, H. (2022). Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan Berbasis Website Menggunakan Metode Topsis Di Pt Petrokimia Gresik. Justi (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), 2(3), 307-314.

Parela, E., & Irawan, D. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Relevansi, 3(1), 1-10.

Shielpani, A., & Firmansyah, Y. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Survei pada Bank Jawa Barat Banten Kantor Cabang Suci Bandung). Jurnal Manajemen Magister Darmajaya, 4(02), 139-142.

Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, E., Ghalib, S., & Taharuddin, T. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah Area Kuala Kapuas. Jurnal Bisnis dan Pembangunan, 6(2), 129-138.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i9.2023.4220-4227

Article Metrics

Abstract view : 2312 times
PDF - 856 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.