KOMODIFIKASI RELIGI PADA IKLAN MARJAN SERIES “BARUNA SANG PENJAGA SAMUDRA”

Achmad Fatchullah Minan Jauhari, Renada Audri Suhariono, Ririn Puspita Tutiasri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan wawasan secara komprehensif terkait komodifikasi religi pada iklan Marjan series “Baruna Sang Penjaga Samudra”. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan teori semiotik Roland Barthes untuk menganalisisnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada iklan Marjan series “Baruna Sang Penjaga Samudra” memanfaatkan nilai agama untuk diubah dan dijadikan sebagai bahan komersil. Nilai agama yang dimanfaatkan seperti berbuat baik pada orang lain, membentuk dan menjaga hubungan sesama manusia, menjaga kebersihan lingkungan, dan lainnya. Selain itu, iklan Marjan ini juga menggunakan cerita rakyat untuk mendukung latar belakang yang digunakan dalam iklan tersebut. Secara keseluruhan pemanfaatan nilai religi pada iklan Marjan edisi cerita rakyat ini berhasil dilakukan terutama penyampaian pesan didalamnya. Oleh karena itu, Nilai religi yang mestinya diposisikan sebagai nilai yang sakral serta digunakan untuk sarana mendekatkan diri pada Tuhan dan sesama, telah menjalani proses transformasi atau perubahan nilai fungsi sebagai nilai tukar yang sifatnya komersil seiring berkembangnya zaman seperti iklan Marjan edisi cerita rakyat ini.

Keywords


Komodifikasi Religi; Iklan Marjan; Semiotik

Full Text:

PDF

References


Asriningsari, A., & Umaya, N. M. (2010). Semiotika Teori dan Aplikasi pada Karya Sastra. UPGRIS PRESS.

Farahdiba, A., Tutiasri, R. P., Arianto, I. D., & Juwito. (2021). Analisis Semiotika Cover Story Koran Tempo Edisi 15 Oktober 2020 “Jalan Terus.” JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 12(2), 30. https://doi.org/10.31506/jrk.v12i2.11985

Hernida, J. (2019). Peran Negara dalam Melindungi Hak Asasi Manusia di Indonesia dalam Prespektif Hukum Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Khamim, N., & Asyhari, A. (2021). Upaya Masyarakat Dalam Membentuk Lingkungan Bersih Dan Implikasinya Dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam Anak Di Desa Manyarejo Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(2), 90–100. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i2.153

Kholida, M., & Rodiah, I. (2022). Komodifikasi Agama: Sebuah Strategi Pemasaran. LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6(2), 177–188.

Mita, & Surwati, C. H. D. (2021). Komodifikasi Agama dalam Iklan Televisi. Komunikasi Massa, 1, 1–25.

Rejeki, H. W. (2020). Membangun Karakter Gotong Royong dan Kerjasama Melalui Gemar Berinfak Wujud Nasionalisme di Sekolah. Wahana, 72(1), 75–84.

Sari, I. M., & Rahayu, P. B. (2022). Makna dan Pesan yang Terkandung dalam Iklan Video Sirup Marjan pada Ramadhan 1442 H (Sebuah Kajian Semiotika). Journal of Communication Sciences, 5(1), 54–71.

Tanti, S., & Devi, W. S. (2023). Nilai Moral pada Naskah Drama Cermin Karya Nano Riantiarno melalui Pendekatan Semiotik: Ferdinand De Saussure. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 48.

Trifita, A. (2023). Komodifikasi Agama Halal Tourism dalam Perspektif Dakwah. 1(1), 118–136.

Tutiasri, R. P. (2023). Analisis Resepsi Remaja pada Nilai Budaya dan Religius dalam Iklan Sirup Marjan (Edisi Baruna Sang Penjaga Samudera). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4961–4967. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2386

Zahar, E., & Sujoko. (2021). Analisis Nilai Etika Tolong Menolong dalam Novel “Harga Sebuah Percaya” Karya Tere Liye. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 689–696. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1532

Zailani, M. R., & Ulinnuha, R. (2023). Komodifikasi Agama sebagai Identitas Kesalehan Sosial. Jurnal Riset Agama, 3(April), 1-249–265.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i9.2023.4228-4235

Article Metrics

Abstract view : 414 times
PDF - 284 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.