RESEPSI PENONTON PEREMPUAN TERHADAP WEB SERIES "KUPU MALAM" DI PLATFORM WE TV

Diandra Wike Riskia Salsabila, Syafrida Nurrachmi Febriyanti

Abstract


Web series merupakan salah satu bentuk film yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi massa dalam bentuk audio visual yang berfungsi untuk mengirimkan suatu pesan kepada khalayak. Salah satu web series Indonesia garapan MD dan Umbara Brothers Film yang tayang di We TV dengan judul Kupu Malam, menceritakan bagaimana seorang perempuan muda yang hanya tinggal berdua bersama adiknya berjuang untuk mencari biaya pengobatan adiknya yang sedang sakit keras, hingga pada akhirnya Ia memilih bekerja sebagai PSK. Kemudian terjadilah konflik dimana PSK tersebut terlibat kisah asmara dengan salah satu anak dari pelanggannya. PSK merupakan seseorang yang menukar tubuhnya dengan cara melayani aktivitas seksual untuk mendapatkan imbalan tertentu misalnya, materi ataupun jasa. Di Indonesia PSK sering kali menjadi kontroversi karena kehadirannya masih dianggap tabu di kalangan masyarakat. Penelitian ini mengkaji tentang interpretasi dan resepsi perempuan terhadap web series Kupu Malam. Penelitian ini dikaji menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kajian studi analisis resepsi Stuart Hall. Analisis resepsi menekankan pada khalayak yang menginterpretasikan pesan yang mereka dapat dari suatu media. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara terhadap 8 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan menempati tiga level yang berbeda-beda, yakni ada yang berada pada level dominan hegemonic, negotiated code dan oppositional reading.


Keywords


Resepsi, Web series, Perempuan.

Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2022). Ini Sejumlah Alasan Pengguna Berlangganan Aplikasi Video on Demand. Databoks.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/30/ini-sejumlah-alasan-pengguna-berlangganan-aplikasi-video-on-demand.

Dixon, M. (2019). Media Theory for A Level : The Essential Revision Guide. Routledge.

Febriyanto, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis, 1(2).

Ghassani, A., & Nugroho, C. (2019). Pemaknaan Rasisme dalam Film (Analisis Resepsi Film Get Out). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2).

Kartika, S. H. R., & Wirawanda, Y. (2019). Maskulinitas dan Perempuan: Resepsi Perempuan terhadap Soft Masculinity dalam Variety Show Sekar Hayu Rifna Kartika & Yudha Wirawanda. CALATHU: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1).

Maulia, F. S. (2019). RESEPSI PENONTON TERHADAP RUANG KOSONG DALAM SERIAL WEB SORE:ISTRI DARI MASA DEPAN KARYA YANDY LAURENS. Universitas Diponegoro.

Oktavianus, H. (2015). PENERIMAAN PENONTON TERHADAP PRAKTEK EKSORSIS DI DALAM FILM CONJURING. Jurnal E-Komunikasi, 3(2).

Prabowo, P. A. A., & Sunarto. (2018). Penerimaan Khalayak Terhadap Objektifitas Seksual Perempuan di Komik Instagram @hastagbebih. Interaksi Online, 6(4).

Pratomo, R. R. (2019). Hasil Survey Kegemaran Menonton Film Millennials. Rumah Millenials. https://rumahmillennials.com/2019/02/14/hasil-survey-kegemaran-menonton-film-millennials/.

Toni, A. (2015). Peran Film Sebagai Media Sosialisasi Lingkungan. Jurnal Komunikator, 7, 41–51.

Utami, R. N. (2017). PEMBINAAN SOSIAL WANITA TUNA SUSILA (WTS) DI RESOSIALISASI ARGOREJO KOTA SEMARANG. Universitas Negeri Semarang.

Wahyuni, A. (2018). REPRESENTASI PRIA MODERN DALAM WEB SERIES (Analisis Semiotik pada Web Series Axelerate The Series: The Untold Story). Universitas Muhammadiyah Malang.

Wekke, I. (2019). Metode Penelitian Sosial (1st ed.). Gawe Buku.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i8.2023.3987-3994

Article Metrics

Abstract view : 1701 times
PDF - 835 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.