PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN 04 NANSABARIS KABUPATEN PADANGPARIAMAN

Neltya Aldi Margaritha, Syiti Mutia Hasnan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data hasil belajar siswa kelas tinggi di SDN 04 Nansabaris Kabupaten Padangpariaman yang rendah dan dibawah KKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang terdiri dari tiga variabel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik total sampling yang berjumlah 50 orang siswa.Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji persyaratan analisis seperti uji normalitas, uji homogenistas, uji hipotesis dan uji F. Berdasarkan hasil statistik diperoleh (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar, uji-t pada taraf signifikan 0,05 t hitung > t tabel atau 8,51 > 1,67, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas tinggi SDN 04 Nansabaris Kabupaten Padangpariaman. (2) Selanjutnya, hasil statistik disiplin belajar terhadap hasil belajar, ternyata pada taraf signifikan 0,05 t hitung > t tabel atau 9,72 > 1,67, maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) kemudian, hasil statistik untuk motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada taraf signifikan 0,05 ternyata F hitung > F tabel yaitu 75,88 > 3,20. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 04 Nansabaris Kabupaten Padangpariaman.


Keywords


motivasi belajar, disiplin belajar, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Yaldi, Novri, and Refiarni Refiarni. "Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 07 Sungai Limau." Jurnal Pendidikan Nasional 1.1 (2021): 20-32.

Yaldi, N. Ermawita.(2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060-1066.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 133-139.

Yaldi, N., & Ermawita, E. (2020, October). UNIVERSITAS ASAHANINOVASI PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 6 INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DI ERA REVOLUSI 4.0. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Hasibuan, S., & Yaldi, N. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PGSD MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(4), 231-231.

Arikunto,Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dakhi, Agustin Sukses. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin siswa. Sleman: CV. Budi Utama.

Dermizal. 2020. Belajar dan Pembelajaran DI SD. Padang Pariaman: STKIP Nasional.

Eka Wati,Ernila. 2017. Pengaruh Motivasi dan Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri 19 Nan Sabaris. Padang Pariaman: STKIP Nasional.

Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan kualitatif dan kuantitatif. Depok. PT. Raja Grafindo Persada

Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hardani,dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Karwono dan Mularsih. 2018. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok. PT. Raja Grafindo Persada.

Khodijah,Nyanyu. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: . PT. Raja Grafindo Persada.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Ramadhani,Angga. 2019. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Universitas Negeri Semarang.

Riduwan. 2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2016. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: . PT. Raja Grafindo Persada.

Sobri, Muhammad. 2020. Kontribusi kemandirian dan kedisiplinan terhadap hasil belajar. Indonesia: Guepedia.

Suardi dan Syofrianisda. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Sukardi. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. 2020. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: P T. Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah. B. 2016. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.%25p

Article Metrics

Abstract view : 372 times
PDF - 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.