HUBUNGAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN SUPERVISI BIMBINGAN KONSELING DENGAN KINERJA GURU PEMBIMBING SMP NEGERI SE- KABUPATEN REJANG LEBONG
Abstract
Untuk memastikan bahwa tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah dapat dilaksanakan secara efisien, maka setiap kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajerial serta kemampuan untuk mengawasi siswa. Dilapangan, manajemen kepala sekolah dan konseling bimbingan supervisi telah berjalan dan dilaksanakan oleh kepala sekolah, tetapi kinerja guru pembimbing masih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada kemampuan manajer kepala sekolah, supervisi bimbingan konseling dengan kinerja guru BK SMP Negeri se- Kabupaten Rejang Lebong..
Korelacional Research menjadi topik penelitian ini. Yang menjadi populasi penelitian ini adalah 50 orang guru BK SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan angket tentang kemampuan administrasi kepala sekolah, serta pengawasan bimbingan konseling dan guru pembimbing kinerja. Selain itu, analisis data menggunakan analisis korelasi yang dalam dan luas.
Ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan guru pembimbing (r = 0,678, p = 0,000 0,050), dan antara supervisi bimbingan konseling dengan guru pembimbing (r = 0,701, p = 0,000 0,050). Berdasarkan hasil tersebut diharapkan Guru Pembimbing dapat meningkatkan kinerjanya, dan Kepala SMP Negeri di Kabupaten Rejang Lebong dapat meningkatkan kemampuan manajerial dan pelaksanaan supervisi bimbingan kepada siswanya. Karena semakin baik kinerja yang ditunjukkan oleh guru pembimbing, semakin baik bimbingan dan konseling manajerial dan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aan, Muswardi, Yusmansyah. “Analisis Kinerja Guru Pembimbing Dalam Penyusunan Program Bimbingan Dan Konseling.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9, 2008.
Alifah, Umi. “Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia” 3, no. 2,2021.
Arifin, Zaenal, Stit Al-Hikmah, Bumi Agung, and Way Kanan. “Metodologi Penelitian Pendidikan.” alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id (n.d.).
Astuti, dyah ayu lestari. “Penciptaan Sistem Penilaian Kinerja Yang.” Manajemen FE UGM Yogyakarta 6, no. 1, 2006.
Azizah, Faricha, Herda Fitri Dr Ginting, and Robbi Suraida Utami. “Evaluasi Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 2017.
Budiyono, Amirullah H. “Pengantar Manajemen.” Yogayakarta : Graha Ilmu., 2004..
Burhan Bungin. “Penelitian Kualitatif.” Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Depdikbud. Petunjuk Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 1994.
———. Supervisi Klinis. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 1993.
Depdiknas. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, 2000.
Dikdasmen, Dirjen. “Petunjuk Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Di Sekolah.” Jakarta: Depdiknas, 2004.
Djatmiko, Istanto Wahyu. Strategi Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi Bidang Pendidikan, 2018.
Erwin, Erlangga. “Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional, Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Melalui Motivasi Kerja.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling 4 No. 2, 2015.
Faqihudin, Muhammad. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah.” Jurnal Dirosah Islamiyah 1, no. 1, 1970.
Ghozali, Imam. Aplikasi SPSS. Semarang: Badan Penerbit Diponegoro, 2009.
Gitosudarmo, Indriyo dan Mulyono, Agus. “Prinsip Dasar Managemen.” Yogyakarta : BPFE., 2001.
Halik, Abdul. “Peran Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah.” Istiqra’ 5, no. 2 (2018).
Hastuti, Maria Margaretha Sri, and Ag Krisna Indah Marheni. “Kompetensi Konseling Multikultur Bagi Konselor Sekolah: Suatu Kajian Teoretis.” Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017 1, no. mcc, 2017.
Hendriawati, Ratih. “Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran,” 2019. https://doi.org/10.31227/osf.io/48532.
Herbert, Theodore T. “Strategy and Multinational Organization Structure: An Interorganizational Relationships Perspective.” Academy of Management Vol. 9 No. (2011).
Indah, Soraya. “Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pembimbing.” Jurnal Manajer Pendidikan 15 No.1, 2021
Indiono, Daniel Toto. “Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Pembimbing Pada SMU Negeri Di Kabupaten Kendal.” Universitas Negeri Semarang, 2003.
J, AM Kadarman & Udaya. Pengantar Ilmu Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka, 1996.
Jumiati. “Pengembangan Model Asesmen Kinerja Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Terpadu Berbasis Literasi Sains. TESIS.,” 2017.
Kaharuddin. “HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI KABUPATEN BULUKUMBA.” Jurnal Noken 2(2)29-42 2, no. 2, 2017.
Kurniati, Desty, Tina Musyofah, Institut Agama, Islam Negeri, and Iain Curup. “Pelaksanaan Supervisi Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Layanan Konseling Guru BK SMA Kabupaten Rejang Lebong” 5, no. 1, 2021.
Mangkunegara, Anwar Prabu. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kuantitatif.” Bandung: Bandung Remaja Rosdakarya, 2014.
Mungin. “Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Sebagai Upaya Membangun Peserta Didik Berkarakter.” Ptosiding Seminar Nasional Dan Call Papers, 2017.
Narti, Sri. “Meningkatkan Kinerja Guru Bimbingan Konseling Melalui Diklat Penyusunan Administrasi Berbasis Tagihan Rutin Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Purworejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.” Indonesian Journal of Education and Learning 3, no. 1. 2019. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i1.1870.
Passalowangi, Jaya Alam. “E-Councelling Dalam Menangani Kasus Bullying Di Sekolah.” Jurnal Sipatokkong 1, no. 2 2021.
“Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.” Nomor 111 Tahun 2014, n.d.
Purwanto, Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.
Purwoko, Budi. Organisasi Dan Manajemen Bimbingan Dan Konseling. Surabaya: Unesa Univercity Press, 2008.
R, Thantawy. Manajemen Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT. Pamator Pressindo, 1995.
Rismawan, Edi. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru.” Jurnal Administrasi Pendidikan 22 No.1, 2015.
Robbin, Stephen. “Perilaku Organisasi.” Alih Bahasa : Benyamin Molan. Klaten : PT. Indek, Kelompok Gramedia., 2006.
Rubiah, Astuti. “Pengaruh Supervisi Pengawas Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Di Kota Metro Lampung.” Lentera Pendidikan 1 No. 2, 2016.
S.A, Abdurrahman M & Muhsidin. Analisis Korelasi, Regresi Dan Jalur Dalam Penelitian Dilengkapi Aplikasi Proram SPSS. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2017.
Sahertian, Piet A. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Salim, Agus. “Pengaruh Motivasi, Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPT Pangkalan Berandan Kabupaten Langkat.” Magister Manajemen 2 No. 2 .2020.
Sekolah, Pembelajaran D I. “Kontribusi Kinerja Komite Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Administrasi Pendidikan UPI 12, no. 2 2010.
Setiadi, Gunawan. “Hubungan Antara Supervisi Kepala Sekolah Dan Keterampilan Manajrial Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Pada SLTP Negeri Di Kabupaten Pati.” Semarang: PPs, 2001.
Siskandar. “Supervisi Pendidikan Dalam Era Otonomi Daerah.” Seminar Nasional Program PPs Unnes Semarang, 2003.
Sofie, Fabiani, and Sisca Eka Fitria. “Identifikasi Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Usaha Menengah (Studi Pada CV. Kota Agung).” Jurnal Wacana Ekonomi 18, no. 01.2018.
Soewadji, L. Fungsi, Peran, Tugas Dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah. Yogyakarta: Kanisius, 2001.
Subarino, S., A. Ali, and T. Ngang. “Kepemimpinan Integratif: Sebuah Kajian Teori.” Jurnal Manajemen Pendidikan 7, no. 1. 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sugiyono, D. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D” 2013.
Suharsami Arikunto. “Manajemen Penelitian.” In Jakarta: PT. Asdi Mahasatya, hal. 207, 2010.
Sukardi, Dewa Ketut. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Suwartono. “Dasar-Dasar Metodologi Penelitian.” Yogyakarta: CV ANDI OFFSET 2014
Syafaruddin. Bimbingan Dan Konseling: Perspektif Al-Qur’an Dan Sains. Medan: Perdana Publishing, 2017.
Syamsul Yusuf, Et.al. “Landasan Bimbingan & Konseling.” Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006
Taufiq, Agus. “Pengembangan Supervisi Konselor Sekolah.” Bandung 2009.
Taufiq, Agus. “Pengembangan Supervisi Konselor Sekolah.” Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Konvensi Nasional XIII Bimbingan Dan Konseling, 2003.
W. Taylor’s. “Educational Leadership and Learning: Practice, Policy and Research.” International Journal of Educational Management Vol. 14 No 4 2000.
Wibowo, Novalinda E, H Fuad Nashori, and Universitas Islam Indonesia. “SELF REGULATION AND AGGRESSIVE BEHAVIOR ON MALE,” n.d.
Widyowati, Tri. “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pembimbing Di SMA Negeri Se-Kabupaten Pati.” Unnes Respository, 2016.
Winardi. “Edisi Revisi Manager Dan Manajemen.” Bandung : Citra Aditya Bakti, 2004.
Yogaswara, Atep. “Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah Dan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kinerja Mengajar Guru.” Jurnal Penelitian Pendidikan 11, no. 2. 2010
Yusuf Gunawan. “Revisi Pengantar Bimbingan Dan Konseling.” Jakarta:Gramedia Pustaka Utama, 2019.
Zakariah, MA, V Afriani, and KHM Zakariah. “Metodologi Penelitan Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D).” (2020).
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3597-3605
Article Metrics
Abstract view : 686 timesPDF - 319 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.