HUBUNGAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN SUPERVISI BIMBINGAN KONSELING DENGAN KINERJA GURU PEMBIMBING SMP NEGERI SE- KABUPATEN REJANG LEBONG

Desty Kurniati, Hartini Hartini, Dina Hajja

Abstract


Untuk memastikan bahwa tugas pokok dan fungsi sebagai kepala sekolah dapat dilaksanakan secara efisien, maka setiap kepala sekolah harus memiliki kemampuan manajerial serta kemampuan untuk mengawasi siswa. Dilapangan, manajemen kepala sekolah dan konseling bimbingan supervisi telah berjalan dan dilaksanakan oleh kepala sekolah, tetapi kinerja guru pembimbing masih baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada kemampuan manajer kepala sekolah, supervisi bimbingan konseling dengan kinerja guru BK SMP Negeri se- Kabupaten Rejang Lebong..

Korelacional Research menjadi topik penelitian ini. Yang menjadi populasi penelitian ini adalah 50 orang guru BK SMP Negeri se-Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan angket tentang kemampuan administrasi kepala sekolah, serta pengawasan bimbingan konseling dan guru pembimbing kinerja. Selain itu, analisis data menggunakan analisis korelasi yang dalam dan luas.

Ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan guru pembimbing (r = 0,678, p = 0,000 0,050), dan antara supervisi bimbingan konseling dengan guru pembimbing (r = 0,701, p = 0,000 0,050). Berdasarkan hasil tersebut diharapkan Guru Pembimbing dapat meningkatkan kinerjanya, dan Kepala SMP Negeri di Kabupaten Rejang Lebong dapat meningkatkan kemampuan manajerial dan pelaksanaan supervisi bimbingan kepada siswanya. Karena semakin baik kinerja yang ditunjukkan oleh guru pembimbing, semakin baik bimbingan dan konseling manajerial dan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah.


Keywords


Kemampuan Manajerial, Supervisi BK, Kinerja Guru Pembimbing

Full Text:

PDF

References


Aan, Muswardi, Yusmansyah. “Analisis Kinerja Guru Pembimbing Dalam Penyusunan Program Bimbingan Dan Konseling.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9, 2008.

Alifah, Umi. “Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia” 3, no. 2,2021.

Arifin, Zaenal, Stit Al-Hikmah, Bumi Agung, and Way Kanan. “Metodologi Penelitian Pendidikan.” alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id (n.d.).

Astuti, dyah ayu lestari. “Penciptaan Sistem Penilaian Kinerja Yang.” Manajemen FE UGM Yogyakarta 6, no. 1, 2006.

Azizah, Faricha, Herda Fitri Dr Ginting, and Robbi Suraida Utami. “Evaluasi Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 2017.

Budiyono, Amirullah H. “Pengantar Manajemen.” Yogayakarta : Graha Ilmu., 2004..

Burhan Bungin. “Penelitian Kualitatif.” Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.

Depdikbud. Petunjuk Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 1994.

———. Supervisi Klinis. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 1993.

Depdiknas. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, 2000.

Dikdasmen, Dirjen. “Petunjuk Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Di Sekolah.” Jakarta: Depdiknas, 2004.

Djatmiko, Istanto Wahyu. Strategi Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi Bidang Pendidikan, 2018.

Erwin, Erlangga. “Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional, Berpengaruh Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Melalui Motivasi Kerja.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling 4 No. 2, 2015.

Faqihudin, Muhammad. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dan Mutu Sekolah.” Jurnal Dirosah Islamiyah 1, no. 1, 1970.

Ghozali, Imam. Aplikasi SPSS. Semarang: Badan Penerbit Diponegoro, 2009.

Gitosudarmo, Indriyo dan Mulyono, Agus. “Prinsip Dasar Managemen.” Yogyakarta : BPFE., 2001.

Halik, Abdul. “Peran Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah.” Istiqra’ 5, no. 2 (2018).

Hastuti, Maria Margaretha Sri, and Ag Krisna Indah Marheni. “Kompetensi Konseling Multikultur Bagi Konselor Sekolah: Suatu Kajian Teoretis.” Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017 1, no. mcc, 2017.

Hendriawati, Ratih. “Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran,” 2019. https://doi.org/10.31227/osf.io/48532.

Herbert, Theodore T. “Strategy and Multinational Organization Structure: An Interorganizational Relationships Perspective.” Academy of Management Vol. 9 No. (2011).

Indah, Soraya. “Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Pembimbing.” Jurnal Manajer Pendidikan 15 No.1, 2021

Indiono, Daniel Toto. “Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Pembimbing Pada SMU Negeri Di Kabupaten Kendal.” Universitas Negeri Semarang, 2003.

J, AM Kadarman & Udaya. Pengantar Ilmu Manajemen. Jakarta: Gramedia Pustaka, 1996.

Jumiati. “Pengembangan Model Asesmen Kinerja Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Terpadu Berbasis Literasi Sains. TESIS.,” 2017.

Kaharuddin. “HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU SMA NEGERI KABUPATEN BULUKUMBA.” Jurnal Noken 2(2)29-42 2, no. 2, 2017.

Kurniati, Desty, Tina Musyofah, Institut Agama, Islam Negeri, and Iain Curup. “Pelaksanaan Supervisi Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Layanan Konseling Guru BK SMA Kabupaten Rejang Lebong” 5, no. 1, 2021.

Mangkunegara, Anwar Prabu. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Moleong, Lexy J. “Metodologi Penelitian Kuantitatif.” Bandung: Bandung Remaja Rosdakarya, 2014.

Mungin. “Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Sebagai Upaya Membangun Peserta Didik Berkarakter.” Ptosiding Seminar Nasional Dan Call Papers, 2017.

Narti, Sri. “Meningkatkan Kinerja Guru Bimbingan Konseling Melalui Diklat Penyusunan Administrasi Berbasis Tagihan Rutin Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Purworejo Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.” Indonesian Journal of Education and Learning 3, no. 1. 2019. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i1.1870.