PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PERILAKU DEMOKRASI PESERTA DIDIK KELAS IX MTS SWASTA YPKS PADANGSIDIMPUAN

putoro dongoran

Abstract


Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap perilaku demokrasi Peserta Didik Kelas IX MTs. SWASTA YPKS Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2021-2022”?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap perilaku demokrasi peserta didik dan untuk mengetahui peserta didik yang masih rendah pengetahuannya terhadap perilaku demokrasi peserta didik di MTs. SWASTA YPKS Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Menggunakan pendekatan korelasi product moment, dengan sampel IX 4 sebanyak 29 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil pengolaan dan penganalisaan data yang di lakukan, di proleh hasil rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,636> 0,404 maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima kebenarannya artinya Ada Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganeraan terhadap perilaku demokrasi peserta didik Kelas IX MTs. SWASTA YPKS Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2021-2022.


Keywords


Pengaruh Pembelajaran Pendidikan, Perilaku demokrasi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Anggoro, Mohammad, Toha, Metode Penelitian, Jakarta : Universitas Terbuka, 2007

Cholisin, Panduan Pembelajaran Kewarganegaraan, SMA Kelas IX Surakarta : Media Tama, 2005

Dimiayati, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 2006

Fajar, Malik, Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Lemhanas-UNJ, 2004

Habsari, http://www.PotensiDiri.co.id, Padangsidimpuan : 02 Oktober 2011

http://www.anak kendari.co.cc/2009/01/Pancasila sumber nilai

Kaelan, Pendidikan Pancasila Yogyakarta:Paradigma,200

Kohlberg, Www.Pengertian Nilai.Com, Padangsidimpuan : 02 Oktober 2011

Karo-Karo Isran Rasid, Statistik Pendidikan, Medan: Fakultas Tarbiyah IAIN, 2007

M. Daryono, Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Rineka Cipta, 2008

Margono. S. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007

Mustakin, Psikologi Pendidikan, Semarang: Pustaka Pelajar, 2001

Raharjo, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2000

Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, Preambule / Pembukaan

Sunarto, Perkembangan Peserta Didik Jakarta : Rineka Cipta, 2006

Sunartdi, Peraturan Pemerintah RI no 20 tahun 2005 tentang Standar Nasional

Syah, Muhibbin, Psikologi belajar, Jakarta : Raja Wali press, 2009

Supriyadi, www.cintatanahair.com Padangsidimpuan, 2010

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rja Grafindo Persada, 2010

Sukmadinata Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikam, Bandung : Rosdakarya, 2009

Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alpabeta, 2009

Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rja Grafindo Persada, 2010

Usman, Husaini, Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan, Jakarta : Bimi Aksara, 2007

Winarno Dwi, Paradigma baru Pendidikan Kewarganegaraan Jakarta:Bumi Aksara,2006

Ahmad Zubaidi, Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Paradigma, 2007

Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Malang: Bumi Aksara, 2005

Yusmiati, Yusmiati, and Wahyudi Wahyudi. "PENGARUH SIKAP NASIONALISME TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKn MATERI PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.2 (2021): 413-417.

Yusmiati, Y., & Sari, S. (2021). PENERAPAN PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PKn MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 296-305.

Yusmiati, Y., & Dewi, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBATERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 SIBOLGA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3155-3159.

Yusmiati, Y., & Insan, K. (2023). PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 BATAHAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 923-926.

Dongoran, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMA Negeri 1 Portibi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1945-1949.

Dongoran, P., & Simamora, A. S. (2022). PENERAPAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THE CLASSICAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KETENTUAN UUD NKRI TAHUN 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3660-3663.

Baroroh, R., Sukriah, Y., & Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2764-2767.

Nasution, A. H., Sukriah, Y., & Harahap, A. F. D. (2021). PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 306-314.

Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS DEEP DIALOGUE THINKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3166-3177.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i2.2023.1039-1044

Article Metrics

Abstract view : 637 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.