PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PERILAKU DEMOKRASI PESERTA DIDIK KELAS IX MTS SWASTA YPKS PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap perilaku demokrasi Peserta Didik Kelas IX MTs. SWASTA YPKS Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2021-2022”?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap perilaku demokrasi peserta didik dan untuk mengetahui peserta didik yang masih rendah pengetahuannya terhadap perilaku demokrasi peserta didik di MTs. SWASTA YPKS Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Menggunakan pendekatan korelasi product moment, dengan sampel IX 4 sebanyak 29 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil pengolaan dan penganalisaan data yang di lakukan, di proleh hasil rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,636> 0,404 maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima kebenarannya artinya Ada Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganeraan terhadap perilaku demokrasi peserta didik Kelas IX MTs. SWASTA YPKS Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2021-2022.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Anggoro, Mohammad, Toha, Metode Penelitian, Jakarta : Universitas Terbuka, 2007
Cholisin, Panduan Pembelajaran Kewarganegaraan, SMA Kelas IX Surakarta : Media Tama, 2005
Dimiayati, Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 2006
Fajar, Malik, Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Lemhanas-UNJ, 2004
Habsari, http://www.PotensiDiri.co.id, Padangsidimpuan : 02 Oktober 2011
http://www.anak kendari.co.cc/2009/01/Pancasila sumber nilai
Kaelan, Pendidikan Pancasila Yogyakarta:Paradigma,200
Kohlberg, Www.Pengertian Nilai.Com, Padangsidimpuan : 02 Oktober 2011
Karo-Karo Isran Rasid, Statistik Pendidikan, Medan: Fakultas Tarbiyah IAIN, 2007
M. Daryono, Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta : Rineka Cipta, 2008
Margono. S. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007
Mustakin, Psikologi Pendidikan, Semarang: Pustaka Pelajar, 2001
Raharjo, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2000
Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945, Preambule / Pembukaan
Sunarto, Perkembangan Peserta Didik Jakarta : Rineka Cipta, 2006
Sunartdi, Peraturan Pemerintah RI no 20 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Syah, Muhibbin, Psikologi belajar, Jakarta : Raja Wali press, 2009
Supriyadi, www.cintatanahair.com Padangsidimpuan, 2010
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2007
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rja Grafindo Persada, 2010
Sukmadinata Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikam, Bandung : Rosdakarya, 2009
Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alpabeta, 2009
Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rja Grafindo Persada, 2010
Usman, Husaini, Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan, Jakarta : Bimi Aksara, 2007
Winarno Dwi, Paradigma baru Pendidikan Kewarganegaraan Jakarta:Bumi Aksara,2006
Ahmad Zubaidi, Pendidikan Kewarganegaraan, Yogyakarta: Paradigma, 2007
Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Malang: Bumi Aksara, 2005
Yusmiati, Yusmiati, and Wahyudi Wahyudi. "PENGARUH SIKAP NASIONALISME TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKn MATERI PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.2 (2021): 413-417.
Yusmiati, Y., & Sari, S. (2021). PENERAPAN PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PKn MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 296-305.
Yusmiati, Y., & Dewi, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBATERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 SIBOLGA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3155-3159.
Yusmiati, Y., & Insan, K. (2023). PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 BATAHAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 923-926.
Dongoran, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMA Negeri 1 Portibi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1945-1949.
Dongoran, P., & Simamora, A. S. (2022). PENERAPAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THE CLASSICAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KETENTUAN UUD NKRI TAHUN 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3660-3663.
Baroroh, R., Sukriah, Y., & Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2764-2767.
Nasution, A. H., Sukriah, Y., & Harahap, A. F. D. (2021). PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 306-314.
Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS DEEP DIALOGUE THINKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3166-3177.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i2.2023.1039-1044
Article Metrics
Abstract view : 637 timesPDF - 131 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.