DESAIN MOBILITAS KAPAL UDARA UNHAN RI SEBAGAI MODA TRANSPORTASI MASSAL DI WILAYAH JABODETABEK

Fachmi Khoiruddin, Sovian Aritonang, Sjafrie Sjamsoeddin, Gita Amperiawan

Abstract


Kondisi Ibukota dengan pertambahan jumlah kendaraan di Jakarta yang terus meningkat tiap tahunnya tentu menjadi masalah bagi pemangku kebijakan, terlebih polusi udara yang dihadapi Ibukota Jakarta sebagai akibat pertumbuhan kendaraan yang terus meningkat tanpa adanya penambahan area jalan. Solusi yang diusulkan adalah penggunaan kapal udara hybrid sebagai moda transportasi massal. Penelitian dilakukan melalui studi literatur dan analitik pengolahan data. Kapal Udara hybrid yang dirancang yakni Kapal Udara UNHAN RI yang memiliki tujuan untuk menghubungkan Jakarta dan Bogor dengan menggunakan 12 stasiun Kereta Commuter Line. Desain mobilitas Kapal Udara UNHAN RI ini mempertimbangkan faktor aerostatis, gaya hambat, pengelolaan, gaya dinamis, rute atau pemetaan, ground handling, tambatan, serta kemampuan kapal udara. Kapal udara Unhan RI dioperasikan dengan kecepatan maksimum 130 km/jam dan ketinggian maksimum 2000 kaki. Hasil penelitian ini akan menjadi acuan dan referensi untuk keamanan dan optimalisasi mobilitas Kapal Udara UNHAN RI di masa depan. Penekanan diberikan pada faktor-faktor keamanan dan upaya untuk meminimalkan kemacetan dan polusi udara di Ibukota. Dengan demikian, kapal udara hybrid ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mengatasi tantangan transportasi di Jakarta.


Keywords


Kapal Udara, Kemacetan, Mobilitas, Transportasi Massal, Teknologi Pertahanan

Full Text:

PDF

References


Annur, C. M. (2021, 10 13). Peringkat 12 Dunia, Jakarta Miliki 149 Gedung Pencakar Langit. Retrieved from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/13/peringkat-12-dunia-jakarta-miliki-149-gedung-pencakar-langit

Atyya, M., ElBayoumi, G. M., & Lotfy, M. (2023). Optimal shape design of an airship based on geometrical aerodynamic parameters. Journal of Basic and Applied Sciences, 12(1): 2-11. https://doi.org/10.1186/s43088-023-00352-1

Baogang, G., & Yongdong, Z. (2019). Dynamics Analysis of Mooring Near Space Airship with Nosecone Constraint. MATEC Web of Conferences 288 (pp. 1-5). Xi'an: Northwest Institute of Nuclear Technology.

BPS, B. P. (2022, - -). Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis Kendaraan (unit) di Provinsi DKI Jakarta 2020-2022. Retrieved from Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta: https://jakarta.bps.go.id/indicator/17/786/1/jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis-kendaraan-unit-di-provinsi-dki-jakarta.html

Daidzic, N. E. (2021). Mathematical Model Of Hot-Air Balloon Steady-State Vertical Flight Performance. Aviation, 25(3): 149-158. HYPERLINK "https://doi.org/10.3846/aviation.2021.15330"

Dimitri, E. D., & Bahalwan, H. (2021, February). Desain Sepeda Motor Listrik Untuk Mobilitas Masyarakat Di Perkotaan. In Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur (pp. 310-315).

Edfi, R. D., & Utama, n. I. (2018). Analisa Perubahan Gaya Angkat dan Hambatan Total Terhadap Variasi Aspect Ratio dan Winglet pada Sayap Kapal Wing in Surface Effect Menggunakan Aplikasi CFD. JURNAL TEKNIK ITS, 204-207.

GambĂ­n, L., & Adriana. (2016). Heat Transfer Model for Hot Air Balloons. California: University of California.

Gomes, S. B. (1998). Airship Dynamic Modelling for Autonomous Operation. International Conference on Robotics & Automation (pp. 1-6). Leuven: Automation Institute of CTI.

Hartono, R. I., Rusdinar, A., & Cahyadi, W. A. (2022). Sistem Pengenal Tanda Buatan Untuk Navigasi Drone Balon Udara. e-Proceeding of Engineering, 9(5): 2517-2520. ISSN : 2355-9365

Ibrahim, I. (2015). Rancang Bangun Struktur Kapal Udara Aim-02-X. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Kurniawan, D. A. R., Rivai, M., & Dikairono, R. (2016). Sistem Navigasi Pada Balon Udara Menggunakan Gps Dan Kontrol Logika Fuzzy. Jurnal Teknik ITS, 5(2): A173-A178. DOI: HYPERLINK "http://dx.doi.org/10.12962/j23373539.v5i2.16258" t "_blank"

Lutz, T., & Wagnert, S. (1998). Drag Reduction and Shape Optimization of Airship Bodies. Journal Of Aircraft. 35(3): 345-355. HYPERLINK https://doi.org/10.2514/2.2313

Maughmer, M. D. (2013). An airfoil designed for a high-altitude, long endurance remotely piloted vehicle. Nasa Langley Research (pp. 777-781). Pennsylvania: University Park.

Mueller, J. B., Paluszek, M. A., & Zhao, Y. (2004). Development of an Aerodynamic Model and Control Law Design for a High Altitude Airship. 3rd "Unmanned Unlimited" Technical Conference, Workshop and Exhibit, 1-17.

Mueller, J., Paluszek, M., & Zhao, Y. (2012). Development of an Aerodynamic Model and Control Law Design for a High Altitude Airship. University of Minnesota, 1-17.

Nagar, S. (2019). Emerging Technologies in Aerospace Structures Materials and Propulsion Systems. Thirty-third National Convention of Aerospace Engineers and National Conference on (pp. 57-58). Pune: Aerospace Engineering Division Board.

Pratiwi, R. D., & Susilowati, I. F. (2019). Pengawasan Penerbangan Balon Udara Pada Kegiatan Budaya Masyarakat Berdasarkan Pasal 11 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 40 Tahun 2018 Tentang Penggunaan Balon Udara Pada Kegiatan Budaya Masyarakat. Novum : Jurnal Hukum, 6(3): 46-55. https://doi.org/10.2674/novum.v6i3.30750

Prentice, B. E., & Ahmed, S (2017). Ground-Handling Systems For Cargo Airships. Canadian Transportation Research Forum Forthcoming (pp. 162-169). Canada: Sarfraz Ahmed, BASI, Inc.

Supit, R. M., Rompis, S. Y., & Lefrandt, L. I. (2019). Model Pemilihan Moda Transportasi Online Di Kota Manado. Jurnal Sipil Statik. 7(1): 35-48. ISSN: 2337-6732.

Wardaya, W., Khoirunnisa, M., & Sukmayadi, A. E. (2018). Analisis Respons Atres Oksidatif, Antioksidan, dan Adaptasi Fisiologis Jaringan Otak Pascainduksi Hipoksia Hipobarik Intermiten Pada Tikus Spraque Dowley. Jurnal Kesehatan Aeromedika. 4(2): 51-57. HYPERLINK "https://doi.org/10.58550/jka.v4i2.58"

Wijayanto, H. (2019). Peranan Penggunaan Transportasi Publik di Perkotaan (Studi Kasus Penggunaan Kereta Commuterline Indonesia Rute Jakarta-Bekasi). Kybernan :Jurnal Studi Kepemerintahan. 2(2): 1-8. HYPERLINK "https://doi.org/10.35326/kybernan.v5i2.365"

Zhang, L., Lv, M., Meng, J., & Du, H. (2018). Conceptual design and analysis of hybrid airships with renewable energy. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part G: Journal of Aerospace Engineering. 232(11): 2144-2159. HYPERLINK "https://doi.org/10.1177/0954410017711726"




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3431-3442

Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.