PENGALAMAN KOGNITIF PADA PENGUSAHA TENUN PANDAI SIKEK DALAM MEMANFAATKAN PELUANG

Dheaneinza Husandra, Yanladila Yeltas Putra

Abstract


Bertenun merupakan mata pencaharian bagi sebagian besar masyarakat Pandai Sikek. Sehingga pada umumnya masyarakat disana memiliki usaha kerajinan tenun. Pemilik usaha kerajinan tenun atau entrepreneur dituntut untuk dapat melihat serta memanfaatkan peluang guna mempertahankan dan mengembangkan usahanya. Dalam kasus ini entrepreneur atau pemilik kerajinan tenun Fatimah sayuthi memiliki potensi dalam diri untuk menjadi seorang pengusaha. Dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang yang ada merupakan bentuk dari pengalaman kognitif, sehingga mampu mempertahankan serta mengembangkan usaha yang dikelolanya dalam situasi serta kondisi apapun.

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan seperti apa pengalaman kognitif pada pengusaha tenun Pandai sikek dalam memanfaatkan peluang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang dilakukan dengan wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data Milles & Hubarman yang terdiri dari tiga alur yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari penelitian ini ditemukan 8 (delapan) subtema yang terkait dengan pengalaman kognitif yakni,  pengalaman, pengetahuan, afeksi, problem solving, komitmen yang tinggi, kemampuan berorientasi, penilaian kerja, dan strategi berwirausaha.


Keywords


Kognitif, Peluang, Pengusaha

Full Text:

PDF

References


Achmad, N., Saputro, E. P., & Handayani, S. (2016). Enterpreneurship at digital era. Dinamika Pendidikan, 11(2), 102-107. DOI: 10.15294 / dp.v11i2.8934.

Alam, S., Muchtar, E., Mangkudilaga, S., & Yasin, A. (1984). Tenun Tradisional Sumatera Barat. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Aruni, S. F., & Hidayat, R. (2019). Psikologi peluang kewirausahaan: proses kognitif pengusaha startup digital dalam opportunity recognition. Jurnal Psikologi, 46(1), 45–62. https://doi.org/10.22146/jpsi.34608.

Atiningsih, S., & Kristanto, R. S. (2018). Peran self-efficacy dalam memediasi pengaruh pengetahuan berwirausaha, tingkat pendidikan, lingkungan keluarga, dan pengalaman kerja terhadap minat berwirausaha. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(2), 385-404, P-ISSN: 1907-1603 E-ISSN: 2549-8991 https://doi.org/10.34152/fe.15.2.385-404

Baron, R. A. (2006). Opportunity recognition as pattern recognition: How entrepreneurs “connect the dots” to identify new business opportunities. Academy of Management Perspectives, 20(1), 104–119. doi:10.5465/amp.2006.19873412

Bayon, M. C., Vaillant, Y., & Lafuente, E. (2015). Initiating nascent entrepreneurial activities. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 21(1), 27–49. doi:10.1108/ijebr-11-2013-0201

Christyawaty, E. (2011). Kontinuitas pola pewarisan seni menenun songket di nagari pandai sikek, tanah datar. Patanjala, 3(2), 210–226

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing Among Fie Approaches, 2 ed. California: Sage Publication, Inc.

Hadiyati, E. (2011). Kreativitas dan inovasi berpengaruh terhadap tewirausahaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 8-16. Diakses dari: http://ced.petra.ac.id/index.php/man/article/view/18240

Hendartyo, M.(2020, Juni 25). Survei BI: 72 Persen Pelaku UMKM Terdampak Pandemi Corona. Retrieved from November 14, 2021 from https://bisnis.tempo.co/read/1357762/survei-bi-72-persen-pelaku-umkm-terdampak-pandemi-corona/full&view=ok

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (studi kasus pada mahasiswa feb uksw konsentrasi kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(3), e-ISSN: 2477- 0574 ; p-ISSN: 2477-3824.

Himawan, M. G & Pratitis, N. T. (2019). Kreativitas pengusaha di komunitas startup surabaya. Prosiding Berkala Psikolog, Vol.1, 129-138, E-ISSN: 2715-002X http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7699

Ho, D. Y. F. (1998). Indigenous psychologies: asian perspectives. Journal of Cross-Cultural Psychology, 29(1), 88–103. https://doi.org/10.1177/0022022198291005

Kietzmann, J. H., Hermkens, K., McCarthy, I. P., & Silvestre, B. S. (2011). Social media? get serious! understanding the functional building blocks of social media. Business Horizons, 54(3), 241–251. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2011.01.005.

Kotler, Philip; Keller, K. L. (2000). Marketing Management , Millenium Edition. In Marketing Management (Vol. 23, Issue 6). Pearson Custom Publishing.

Kurniasari, D. (2013). Peran opportunity entrepreneur dalam pertumbuhan ekonomi. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 4(1), 23–28. https://doi.org/2086-3748.

Kusumastuti, A. D. (2020). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap eksistensi bisnis umkm dalam mempertahankan business continuity management ( BCM ). EJournal Administrasi Bisnis, 8(3), 224–232.

Mackenzie, M. L. (2010). Manager communication and workplace trust: understanding manager and employee perceptions in the e-world. International Journal of Information Management, 30(6), 529–541. DOI:10.1016/j.ijinfomgt.2010.04.001

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis An expanded Sourcebook 2nd Edition (R. Holland (ed.)). SAGE Publications.

Misnawati & Yusriadi. (2018). Efektifitas pengelolaan kewirausahaan berbasis kognitif personal melalui penggunaan infrastruktur digital (media sosial). Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 138-145. ISSN 2614-0365 e-ISSN 2599-087X

Mufti, D., Suryani, E., & Sari, N. (2013). Kajian postur kerja pada pengrajin tenun songket pandai sikek. Jurnal Ilmiah teknik Industri, 12(1), 62-72.

Nasution, D. A., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap perekonomian indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Nenengsih & Egim, A, S. (2019). Strategi pengembangan industri kerajinan sulaman/tenun sumatera barat berbasis sinergitas multi-stakeholders. Menara Ekonomi, 5(3), 82–90.

Saragih, R. (2017). Membangun usaha kreatif,inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26–34. http://jklmii.org.

Shane, S., & Venkataraman, S. (2000). The promise of entrepreneurship as a field of research. The Academy of Management Review, 25(1), pp.217-226. https://doi.org/10.2307/259271.

Shane, S. (2003). A General Theory of Entrepreneurship: The Individual-opportunity Nexus. Britania Raya: E. Elgar. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/A_General_Theory_of_Entrepreneurship/0FxO_Wsh30kC?hl=id&gbpv=1

Susanto, A.B. & Wijanarko, Himawan. (2004). Power Branding : Bembangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta : Quantum Bisnis & Manajemen. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=MYVhZN_1JzYC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Thompson, R. A. (1994). Emotion regulation: A theme in search of definition. Monographs of the Society for Research in Child Development, 59(2-3), 25–52, 250–283. https://doi.org/10.2307/1166137

Ulpah, M., Sunarya, E., & Ramdan, A. M. (2022). Orientasi kewirausahaan dan inovasi dalam meningkatkan kinerja pemasaran di masa pandemi covid-19. Journal of Economic, Business and Accounting,5(2), 999-1006, e-ISSN : 2597-5234

Wiyono, H. D., Ardiansyah, T., & Rasul, T. (2020). Kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Jurnal Unit kewirausahaan, 1(2), https://doi.org/10.30998/juuk.v1i2.503

Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson, D. (2008). Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil (Buku 1, Edisi 5 terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Kencana Penada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v%25vi%25i.%25Y.%25p

Article Metrics

Abstract view : 426 times
PDF - 216 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.