PENGARUH KREATIVITAS IKLAN DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA EVERY SUNDAY COFFESHOP DI KOTA BATAM

Erika Gulo, M. Khoiri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas iklan dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian pada Every Sunday Coffeshop di Kota Batam secara parsial dan secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 204 konsumen pada Every Sunday Coffeshop. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Non probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner lalu dianalisis menggunakan program SPSS versi 25. Pengujian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Validitas, Uji Reliablitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas, Regresi Linier Berganda, Koefisien Deteminasi (R2), Uji t dan Uji f. Hasil penelitian uji t menjelaskan bahwa kreativitas iklan dan persepsi konsumen berpengaruh secara signifikan dan parsial terhadap keputusan pembelian, Hasil penelitian uji f menjelaskan jika kreativitas iklan dan persepsi konsumen mempunyai pengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Every Sunday Coffeshop di Kota Batam


Keywords


Kreativitas iklan, persepsi konsumen, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Anhar, Rival Ali, and Intisari Haryati. 2020. “Analisis Persepsi Konsumen Pada Pemasaran Di Media Online.” Jurnal Dimensi 9(3):412–21. doi: 10.33373/dms.v9i3.2717.

Alzikri, Muhammad Ricard, Febsri Susanti, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi, Keuangan Pembangunan, Dan Perbankan, and Stie Kbp. 2023. “Pengaruh Persepsi Konsumen , Gaya Hidup , Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Second Pada Toko Pakaian Bekas Cowboy Collection Di Air Tawar Padang Di Era Pandemic.” 1(2).

Budiman, Ricky, and Rezi Erdiansyah. 2021. “Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan, Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan.” Prologia 5(1):88. doi: 10.24912/pr.v5i1.8140.

Diven, Diven, and M. Khoiri. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee.” Jesya 6(2):1509–16. doi: 10.36778/jesya.v6i2.1063.

Hikmah. 2020. “Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif Di Kota Batam.” Journal of Business and Economics Reaserch (JBE) 1(2):173–79.

Kamaruddin, Muhammad Junaid, Lukiyana, and Vina Pebianti. 2023. “Pengaruh Kreativitas Produk Dan Pemanfataan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kebijakan Psbb Sebagai Variabel Moderating Pada Umkm Di Jakarta.” JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 6(1):1–13.

Lestiani, Ermin. 2020. “Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Konsumen Terhadap Ecolabelling Pada Keputusan Pembelian Green Product.” Bongaya Journal for Research in Management (BJRM) 3(2):07–13. doi: 10.37888/bjrm.v3i2.243. Manajemen, Jurnal. 2023. “J-MAS.” 8(1):71–80. doi: 10.33087/jmas.v8i1.916.

Mari Ci, Angela, and Raynond. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Golden City Residence Kota Batam.” JURNAL ILMU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 3(3):3.

Maulana, Rizkha, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah, and Mahakarya Aceh. 2023. “Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Pelayanan Terhadap Retensi Pelanggan Toko Jaya Elektronik.” 1(4):340–49.

Naufal, Alvin, and Sherly Artadita. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Holland Bakery Cabang Buah Batu , Jawa Barat The Effect Of Product Quality And Consumer Perceptions On Purchase Decisions Of Holland Bakery Branch Buah Batu , West Java.” 10(1):248–55.

Ningsih, Ida Budi, and Dewi Kurniawati. 2021. “Pengaruh Kreativitas Periklanan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee.” Network Media 4(1):11–16. doi: 10.46576/jnm.v4i1.1141.

Nurmali, Marisa, Elizabeth Haloho, Jl Ngumban, Surbakti No, Kec Medan Selayang, and Kota Medan. 2020. “PENGARUH INOVASI PRODUK DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA CAFÉ RILEK ’ S MEDA N.” 5:62–72.

Puspika, Yona, and David Humala Sitorus. 2023. “SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kelengkapan Produk , Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di PT Tanindo Plastik Batam.” 6(1):905–14. doi: 10.37531/sejaman.v6i1.3934.

Rahmahyanti, Retna Nur, and Ana Noor Andriana. 2023. “Pengaruh Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Produk MS Glow.” Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS) 4(4):1143–51. doi: 10.47065/ekuitas.v4i4.3309.

Riset, Jurnal, Manajemen Prodi, Manajemen Fakultas, and Bisnis Unisma. 2018. “Vol. 12. No. 01 ISSN : 2302-7061.” 12(01):510–18.

Santoso, Rudi, Martinus Sony Erstiawan, and Angen Yudho Kusworo. 2020. “Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan Dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian.” Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis 5(2):133–45. doi: 10.29407/nusamba.v5i2.14369.

Sanusi, Anwar. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Satriawan, Lussy Putri, and Asron Saputra. 2023. “Brand Image, Kreativitas Iklan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Kaum Milenial Pengguna Shopee Di Kota Batam.” Dynamic Management Journal 7(1):144. doi: 10.31000/dmj.v7i1.7800.

Students, Cendana, Melania Yuliana Ari, Rolland E. Fanggidae, and Yosefina K. I. D. D. Dhae. 2021. “PRODUK PAKAIAN BEKAS DI PASAR INPRES NAIKOTEN 1 KOTA KUPANG ( STUDI PADA MAHASISWA / I UNIVERSITAS NUSA CENDANA ) The Influence of Consumer Behavior and Consumer Perceptions on Purchase Decisions for Used Clothing Products at the Inpres Naikoten 1 Market .” 335–47.

Sofiana, Febrina Hambalah, and Yanda Bara Kusuma. 2021. “Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Dan Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Online Di E-Commerce Shopee.” Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi 113–22. doi: 10.30649/aamama.v24i2.129.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Irma, and Syarifah Evi Zuhra. 2023. “The Customer Perceived Orientation Effect on Perceived Value and Customer Satisfaction and Its Influence on Customer Trust.” 14(1). doi: 10.18196/mb.v14i1.14615.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i7.2023.3245-3252

Article Metrics

Abstract view : 1273 times
PDF - 469 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.