EVALUASI STRATEGI PERTAHANAN LAUT ARGENTINA DAN BRITANIA RAYA DALAM PERTEMPURAN FALKLAND

Yosua Sabar Panjaitan, Lukman Yudho Prakoso, Rudy Sutanto

Abstract


Pertempuran Falkland merupakan salah satu konflik militer yang terjadi antara Argentina dan Britania Raya pada tahun 1982. Konflik ini terjadi karena sengketa wilayah Kepulauan Falkland dan Kepulauan Georgia Selatan. Pertempuran ini dianggap sebagai salah satu konflik yang paling signifikan dalam sejarah perang laut modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi pertahanan laut Argentina dan Britania Raya dalam pertempuran Falkland. Metode Penelitian ini merupakan  deskriptif evaluatif dengan pendekatan kualitatif menggunakan studi literatur yang meliputi sumber-sumber dari berbagai buku, artikel jurnal, dan dokumen resmi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pertahanan laut Argentina dan Britania Raya dalam pertempuran Falkland sangat dipengaruhi oleh faktor geografis, strategis dan teknologi. Britania Raya berhasil memenangkan pertempuran karena memiliki kekuatan laut yang lebih kuat dan mampu menguasai jalur laut menuju Kepulauan Falkland. Sementara itu, Argentina memiliki strategi yang kurang efektif dan kekuatan laut yang lebih lemah. Oleh karena itu, evaluasi strategi pertahanan laut sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pertahanan nasional dan menjaga kedaulatan negara.

Keywords


Evaluasi, Strategi Pertahanan Laut, Argentina, Britania Raya, Pertempuran Falkland.

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Calvert, P. (1982). The Falklands Crisis. New York City: St. Martin's Press.

Gibran, D. (1998). The Falklands War: Britain versus the past in the South Atlantic. Jefferson: McFaraland & Company, Inc.

Kemhan. (2015). Buku Putih Pertahanan Indonesia. Jakarta: Kementrian Pertahanan Republik Indonesia.

Widjaja, S., & Kadarusman. (2019). Sejarah dan Politik Maritim Indonesia. Jakarta: Amafrad Press.

Andinata, B. R. (2016). Motivasi Inggris Mendukung Referendum dalam Penyelesaian Konflik Perebutan Kepulauan Falkland.

Bakhtiar, A. I. (n.d.). Penyelesaian Sengketa antara Indonesia dan Malaysia di Wilayah Ambalat Menurut Hukum Laut Internasional.

Fajri, M. B. (2020). Strategi Pertahanan Maritim Indonesia di Tengah Dinamika Perang Hibrida Kawasan Laut China Selatan. Jurnal Penelitian Politik.

Listiyono, Y., Prakoso, L. Y., & Sianturi, D. (2019). Membangun Kekuatan Laut Indonesia Dipandang dari Pengawal Laut dan Detterence Effect Indonesia. Jurnal Pertahanan & Bela Negara.

Nikawanti, G., & Aca, R. (2021). Ecoliteracy: Membangun Ketahanan Pangan dari Kekayaan Maritim Indonesia. Jurnal Kemaritiman.

Putra, I. N., & Pramono, S. H. (2017). Konsepsi Pembangunan Kekuatan dan Kemampuan Sistem Informasi Operasi TNI AL dalam Mendukung Penyelenggaraan Strategi Pertahanan Laut Nusantara. Jurnal STTAL.

Vindyo, L. (2019). Optimalisasi Alat Navigasi Radar Saat Melewati ALKI Di Kapal MT. Galunggung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2630-2637

Article Metrics

Abstract view : 629 times
PDF - 319 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.