NILAI MORAL PANCASILA UNTUK MEMBANGUN BANGSA DI ERA GLOBALISASI

Tifanni Tifanni

Abstract


Penulisan artikel ini diharapkan dapat menggambarkan dan memaknai tugas, pelaksanaan dan penyempurnaan sifat-sifat yang terkandung di setiap tempat Pancasila dalam era globalisasi untuk membentengi semangat membangun dan memajukan negara. Kajian ini ditulis dengan menggunakan metode kualitatif atau deskriptif, dan literatur riview dari berbagai sumber digunakan untuk mendapatkan pembahasan. Setelah dicermati, ternyata globalisasi adalah sesuatu yang mempengaruhi cara manusia menjalani kehidupannya. Dalam hal ini, Pancasila bertugas menerima dan menyaring informasi baru agar bangsa Indonesia, khususnya generasi muda, tidak kehilangan jati dirinya. Karena diharapkan generasi muda mampu terus berjuang membangun dan memajukan bangsa. Untuk membangun kembali dan memajukan bangsa, perlu ditanamkan nilai-nilai Pancasila dengan cara demikian.


Keywords


Generasi Muda, Globalisasi, Nilai-nilai Pancasila

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2021). Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57–67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282

Ahmadin. (2019). Pemahaman Pancasila Sebagai Wujud Kepribadian Tangguh Studi Kasus di Bima. Jurnal Pendidikan Ips, 9(2), 86–95. https://doi.org/10.37630/jpi.v9i2.207

Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76

Aminuddin. (2022). Pancasila Dalam Bingkai penikiran Soekarno (Fondasi Moral Dan Karakter Bangsa). Jurnal Al-Harakah, 04(02), 1–23.

Anugrah, W. (2018). Urgensi memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai sebuah bangsa. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 5(2), 123–128.

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1076

Astawa, I. P. A. (2017). Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Bangsa Indonesia. Jurnal Sosial Politik, 3(2).

Bayuseto, A., Yaasin, A., Riyan, A., Sunan, U. I. N., Djati, G., & Kunci, K. (2020). Upaya Menanggulangi Dampak Negatif Globalisasi Generasi Muda di Indonesia.

Binov handitya. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL INDONESIA JURNAL, 2, 13–23.

Dameria Sinaga. (2014). Statistik Dasar.

Dimarta, A. F. (2020). Nilai Pancasila. Makalah Pendidikan Pancasila "Nilai-Nilai Pancasila ”, 4–13.

Elisken, S. (2015). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Global. Humanika, 3(2), 54–67. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Fara, A. D. (2023). Nilai-nilai Pancasila. Retrieved June 29, 2023, from https://mahasiswa.yai.ac.id/v5/d%0Aatamhs/tugas/1913290009/11Makalah pancasila yura f.pdf (

Fenti Hikmawati. (2017). Metodologi Penelitian. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Heryansyah, D. (2014). Tanggung Jawab Pemuda Terhadap Masa Depan Pancasila. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 21(4), 607–631. https://doi.org/10.20885/iustum.vol21.iss4.art5

Irhandayaningsih, A. (2016). Peranan Pancasila dalam menumbuhkan kesadaran nasionalisme generasi muda di era global.

Jahroh, W. S., & Sutarna, N. (2016). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 395–402.

Luh De Liska, L. P. S. A. (2020). Implementas Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Widyadari, 21(2), 676–687. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444

Masitah, W., & Rudi Setiawan, H. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral dan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Pembiasaan Di Ra. Al-Hikmah. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 174–187. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1930

Nduru, M., Telaumbanua, T., Dian, L., & Ndraha, M. (2021). Pendekatan Konseling Behavioral Terhadap Perkembangan Moral Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159–168. Retrieved from http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index

Padilah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Nilai moral Pancasila untuk membangun bangsa di era globalisasi. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 82. https://doi.org/10.12928/citizenship.v4i2.20536

Pratama, N. Y. P., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Moral Bangsa yang Terkikis Akibat Benturan Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 962–968.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. Retrieved from https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Rusdiyani, E. (2016). Pembentukan karakter dan moralitas bagi generasi muda yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila serta kearifan lokal. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/

Septian, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Revitalisasi Nilai Luhur Pancasila Sebagai Resonansi Kebangsaan Di Tengah Derasnya Arus Globalisasi. Journal Of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 10–20.

Septianingsih, A. (2020). Pentingnya Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Lingkungan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Pancasila, 1–12.

Sofa Muthohar. (2016). Antisipasi Degradasi Moral di Era Global. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 322–334. Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/

Sudarmanto, E., Zukhruf, A., Kurniullah, Revida, E., Ferinia, R., Butarbutar, M., … Suyuthi, N. F. (2021). Desain Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif.

Syaparuddin, S. (2020). Peranan Pendidikan Nonformal Dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 173–186. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/317

Yanti Fitria. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. DeePublish.

Yanto, D. (2016). Pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 14(25), 35–45.

Yudhanegara, F. (2016). Pancasila Sebagai Filter Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme. Jurnal Ilmu Administrasi CENDEKIA, 8(2), 165–180.

Yudiyanto. (2016). Komunitas Kesejarahan sebagai Alternatif Pendidikan Multikultural (Studi Kasus Komunitas “KTM”). Prosiding Seminar Sejarah dan Kebangsaan.

Yusron Abda’u. (2021). Lunturnya Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Keidupan Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia Di Era Globalisasi Yang Mengakibatkan Mulculnya Kelompok Terorisme. Jurnal Handayani, 12(2), 144–153.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2584-2593

Article Metrics

Abstract view : 11873 times
PDF - 1970 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.