ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN TERHADAP PRODUK PANGAN TANPA LABEL BAGI KONSUMEN

Vincent Candela, Dennis Fer Sikotti, Nathalie Nathalie, Jeane Neltje Saly

Abstract


Peredaran produk tanpa label khususnya pada makanan dan minuman yang tidak memenuhi standar serta syarat yang telah diatur dalam Undang - Undang sehingga dapat menimbulkan bahaya serta kerugian bagi konsumen, seperti tidak adanya label pada makanan atau minuman. Oleh karena itu perizinan peredaran serta pengawasan terhadap produk makanan dan minuman sangatlah penting terhadap keamanan konsumen. Metode penelitian yang kami gunakan adalah yuridis normatif yaitu, research hukum yang dikembangkan dengan cara menggunakan data sekunder belaka. Pengamatan yang kami gunakan dilakukan secara kualitatif. Hasil pengamatan pada penelitian kami menunjukan bahwa sebelum produk industri makanan dan minuman dipublikasi harus memiliki izin edar terlebih dahulu, jika hal tersebut tidak memenuhi ketentuan yang berlaku maka dapat dikenakan sanksi administratif serta sanksi pidana. Pengawasan yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman serta perlindungan kepada konsumen agar mencegah beredarnya produk makanan dan minuman yang dapat membahayakan kesehatan konsumen. Pengawasan dilakukan dengan cara mengupayakan pengendalian sosial dalam bentuk pencegahan terhadap adanya pelanggaran hukum (preventif) serta upaya untuk memulihkan gangguan (represif). Sehingga sangat penting dengan adanya pengawasan dan ketegasan petugas dalam mengawasi peredaran produk makanan dan minuman yang tidak memiliki label. Penting suatu label berguna bagi konsumen guna mengetahui informasi dari produk makanan dan minuman yang telah dibeli dan akan mereka konsumsi.


Keywords


produk pangan, label, konsumen 

Full Text:

PDF

References


Mewu, M. Y. S., & Mahadewi, K. J. (2023). Perlindungan Konsumen Dalam Pembelian Produk Online: Analisis Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 441-450.

Bernada, T. (2017). Upaya Perlindungan Hukum pada Konsumen Dalam Transaksi E-Commerce Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Digital Di Indonesia. Jurnal Hukum dan Peradilan, 6(1), 1-24.

Yanti, K. A. T., & Mahadewi, K. J. (2023). Perlindungan Konsumen bagi Barang Kadaluarsa yang Beredar di E-Commerce Dalam Pasal Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 650-661.

Nur, A., Fauzan, M. R., Nababan, A. S. V., Pasaribu, S. F., Mayangsari, R., Lestari, W., ... & Setiawan, D. I. KEAMANAN DAN KETAHANAN PANGAN.

Sari, N., & Tan, W. (2021). ANALISIS HUKUM PRODUK KOSMETIKA YANG DI IMPOR UNTUK DIGUNAKAN SECARA PRIBADI OLEH KONSUMEN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 959-973.

Anisatun, F. (2020). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wardah Exclusive Matte Lip Cream (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Agung Supplier Purwokerto) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2611-2618

Article Metrics

Abstract view : 681 times
PDF - 322 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.