PERAN GURU BK DALAM MENGATASI KETIDAKDISIPLINAN SISWA DALAM BELAJAR STRATEGI DAN TAKTIK EFEKTIF

Dedi Defriansyah, Lisnawati Aprilia, M. Defriansyah Angga Putra, Ifnaldi Nurmal, Edi Wahyudi

Abstract


Peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) memainkan peran yang sangat penting dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa dalam belajar. Guru BK bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan dan dukungan kepada siswa agar mereka dapat mengembangkan keterampilan belajar yang efektif. Dalam menghadapi masalah ketidak disiplinan siswa, guru BK harus menerapkan strategi dan taktik yang efektif untuk mencapai hasil yang diinginkan. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru BK dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa dalam belajar, serta strategi dan taktik efektif yang dapat mereka gunakan. Melalui literature, ditemukan bahwa peran guru BK mencakup mengidentifikasi masalah perilaku siswa, memberikan konseling individu atau kelompok, memberikan bimbingan akademik, dan berkolaborasi dengan guru dan orang tua. Strategi yang efektif yang dapat digunakan oleh guru BK antara lain mengimplementasikan program bimbingan dan konseling yang hilistik, menyediakan lingkungan yang mendukung pembelajaran, mengembangkan program pengembangan keterampilan sosial, dan menggunakan pendekatan yang menghargai siswa. Taktik yang efektif mencakup mendengarkan dengan empati, memberikan umpan balik yang konstruktif, menerapkan aturan dan konsekuensi yang jelas, membangun hubungan yang positif dengan siswa. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang guru BK dalam mengatasi ketidakdisiplinan siswa dalam belajar dan memberikan strategi dan taktik efektif yang dapat digunakan oleh guru BK. Diharapkan informasi ini dapat memberikan panduan praktis bagi guru BK untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu siswa mengatasi masalah ketidakdisiplinan dalam belajar.

Keywords


Peran Guru BK, Ketidakdisiplinan siswa, belajar

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Robiatul. “Strategi Integrasi Sains Dan Agama Islam Dalam Pendidikan Islam Di Era 4.0 (Studi Kasus Yayasan Darul Qur’an Mulia Putri SMPIT Kelas IX Gunung Sindur – Bogor).” Tesis 0 (2020): 1–218.

Astuti, Dwi Setyo. “Analisa Kesulitan Penyusunan Program Tahunan Dan Program Semester Bagi Calon Guru Biologi Fkip.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 2018, 58–62.

Dagong, Sukma Windhari. “Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Smp Negeri 3 Kwandang” 9, no. 4 (2019).

Defriansyah, Dedi, Beni Azwar, and Hartini Hartini. “Pelaksanaan Supervisi Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kompetensi Layanan Konseling.” Muhafadzah 3, no. 1 (2023): 1–8. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v3i1.593.

Defriansyah, Dedi, M A P Defriansyah, and Syamsul Rizal. “PENERAPAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM PADA UNIT PENDIDIKAN,” 2023, 52–61.

Ditjen, Kependidikan tenaga dan guru. “Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP).” Ditjen Guru Dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, 2016, h. 1-144.

Firman, Firman. “Strategi Dan Pendekatan Pelaksanaan Bimbingan Konseling Di Sekolah Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” 2019. https://doi.org/10.31227/osf.io/c5bpv.

JW, Creswell. “Rancangan Penelitian: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Metode Campuran.” Publikasi Sage, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2361-2365

Article Metrics

Abstract view : 1517 times
PDF - 415 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.