KONTRIBUSI DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA PERANTAU YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI

Reno Julian Syaputra, Rida Yanna Primanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa perantau yang sedang mengerjakan skripsi. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Populasi penelitian ada seluruh mahasiswa perantau yang sedang mengerjakan skripsi, dengan jumlah subjek sebanyak 100 orang mahasiswa perantau yang sedang mengerjakan skripsi dari seluruh Indonesia. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur variabel resiliensi akademik menggunakan The Academic Resilience Scale (ARS-30) dengan reliabilitas 0,915 yang disusun oleh Cassidy (2016) dan dukungan sosial teman sebaya menggunakan Perceived Social Support- Friend Scale (PSS-Fr) dengan reliablitas 0,930 oleh Procidano (1983). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya terhadap resiliensi akademik dengan nilai r square sebesar 0,251 atau sebesar 25,1% hubungan positif antara variabel dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik.


Keywords


Resiliensi Akademik; Dukungan Sosial Teman Sebaya; Mahasiswa Perantau; Skripsi.

Full Text:

PDF

References


Ahmed, T., Belanger, E., Vafaei, A., Koné, G. K., Alvarado, B., Béland, F., ... & IMIAS Research Group. (2018). Validation of a social networks and support measurement tool for use in international aging research: The International Mobility in Aging Study. Journal of cross-cultural gerontology, 33, 101-120.

Ashari, N., & Salwah. (2020). Pengaruh Resiliensi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika : Pedagogy, 5(1), 1-8.

Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (studi fenomenologis pada mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP). Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 1-13.

Brewer, M. L., van Kessel, G., Sanderson, B., Naumann, F., Lane, M., Reubenson, A., & Carter, A. (2019). Resilience in higher education students: a scoping review. Higher Education Research and Development, 38(6), 1105–1120.

Bukit, E. B., & Widodo, Y. H. (2022). Tingkat Kecemasan dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Perantau Berdomisili di Yogyakarta. Solution: Journal of Counselling and Personal Development, 4(1), 44-49.

Cahyani, Y. E., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan spiritualitas terhadap resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1), 32-41.

Cassidy, S. (2015). Resilience building in students: The role of academic self-efficacy. Frontiers in psychology, 6, 1781.

Dwiastuti, I., Hendriani, W., & Andriani, F. (2022). The Impact of Academic Resilience on Academic Performance in College Student During The Covid-19 Pandemic. Journal KnE Social Science, 7(1), 25-41.

Easterbrooks, M. A., Chaudhuri, J. H., Bartlett, J. D., & Copeman, A. (2011). Resilience in parenting among young mothers: Family and ecological risks and opportunities. Children and Youth Services Review, 33(1), 42-50.

House, J. S. (1987). Social support and social structure. In Sociological forum (pp. 135-146). Eastern Sociological Society.

Indrawati, T. (2019). Pengaruh Resiliensi dan Religiusitas Terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Guru di PAUD Rawan Bencana ROB. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 71-82.

Latifah, E. (2014). Metode penelitian psikologi. Deepublis. Yogyakarta.

Magnano, P., Craparo, G., & Paolillo, A. (2016). Resilience and Emotional Intelligence: which role in achievement motivation. International Journal of Psychological Research, 9(1), 9-20.

Mattanah, J. F., Brooks, L. J., Ayers, J. F., Quimby, J. L., Brand, B. L., & McNary, S. W. (2010). A social support intervention to ease the college transition: Exploring main effects and moderators. Journal of College Student Development, 51(1), 93–108.

Nuralisa, A., & Astriana, S. (2016). Hubungan antara Adversity Quotient dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantauan Tahun Pertama Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Wacana, 8(2).

Pintrich, P. R. (2000). Multiple goals, multiple pathways: The role of goal orientation in learning and achievement. Journal of educational psychology, 92(3), 544.

Ruswahyuningsi, M. C., & Afiatin, T. (2015). Resiliensi pada remaja jawa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 1(2), 96-105.

Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan antara Resiliensi dengan Stres pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Kedinasan. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2), 59-76.

Sholichah, I. F., Paulana, A. N., & Putri, F. (2018). Self-esteem dan resiliensi akademik mahasiswa. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 1(1), 191–197.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV Alfabeta Bandung.

Taylor, S. E. (2012). Health psychology (8th Ed.). New York: Mc Graw-Hill.

Waxman, H. C., Gray, J. P., & Padron, Y. N. (2003). Review of Research on Educational Resilience. Research Report.

Winarsunu, T. (2009). Statistik Dalam Penelitian Psikologi Penelitian. UMM Pres, Malang.

Yusuf, A. M. (2005). Metodelogi Penelitian. Padang. Padang: UNP Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v10i5.2023.2352-2360

Article Metrics

Abstract view : 2299 times
PDF - 1349 times

Refbacks